x

3 Fakta Piala Dunia U-17 yang Jarang Diketahui Orang

Minggu, 30 September 2018 12:09 WIB
Editor: Prio Hari Kristanto
Trofi Piala Dunia U-16 FIFA

INDOSPORT.COM - Timnas Indonesia U-16 telah berhasil lolos ke perempatfinal Piala Asia U-16 2018 usai menjadi yang terbaik di Grup C. 

Satu grup dengan tim kuat seperti Iran, India, dan Vietnam, Bagus Kahfi dkk mampu tampil tak terkalahkan. 

Peluang Indonesia untuk ke lolos ke semifinal dan bermain di Piala Dunia U-17 nanti pun semakin terbuka lebar. Indonesia tinggal meraih satu kemenangan lagi untuk mewujudkan mimpi bermain di Piala Dunia.

Baca Juga

Di perempatfinal nanti, Indonesia sudah ditunggu tim kuat Australia. Tentunya skuat asuhan Fakhri Husaini harus fokus dan jangan lengah jika tak ingin tiket Piala Dunia melayang.

Berbicara mengenai Piala Dunia U-17, ternyata terdapat sejumlah fakta menarik yang patut untuk diketahui. Berbeda dengan Piala Dunia senior, Piala Dunia level junior ini memiliki fakta-fakta unik di dalamnya. 

Apa saja itu? Berikut ini INDOSPORT pilihkan tiga di antaranya.


1. Terinspirasi dari Kejuaraan di Singapura

Nigeria menjadi negara pertama yang menjuarai Piala Dunia U-17.

Piala Dunia FIFA u-17 ternyata sebelumnya memiliki nama lain, yakni Kejuaraan Dunia FIFA U-16. Barulah di tahun 2007 mereka berganti nama seperti yang dikenal sekarang ini.

Pada masa pembentukannya dulu, Piala Dunia U-17 tidaklah terinspirasi dari Piala Dunia yang selama ini kita kenal. FIFA membuat Piala Dunia u-17 setelah terinspirasi kejuaraan sepak bola junior bertajuk Lion City Cup di Singapura pada tahun 1977. 

Lion City Cup merupakan turnamen sepak bola U-16 pertama di dunia. Sekretaris Jenderal FIFA, Sepp Blatter, merekomendasikan induk sepak bola dunia tersebut untuk membuat Piala Dunia untuk kelompok umur U-16. 

Piala Dunia U-16 sendiri pertama kali diadakan di China pada tahun 1985 dan rutin digelar tiap tahun. Barulah di tahun 1991, FIFA memutuskan untuk menaikan batas umur menjadi U-17 seperti yang kita kenal saat ini. 


2. Juara Terbanyak

Timnas Nigeria menjadi negara dengan gelar juara Piala Dunia U-16 terbanyak.

Benua Afrika memang tak mampu berbicara banyak di Piala Dunia senior. Tetapi Nigeria menjadi tim terbanyak yang menjuarai Piala Dunia U-17 dengan lima titel. 

Di peringkat kedua ada Brasil dengan tiga titel. Sementara Ghana dan Meksiko masing-masing mengoleksi dua gelar. 


3. Diikuti 24 tim

Trofi Piala Dunia U-16 FIFA

Semenjak tahun 2005, Piala Dunia U-17 diikuti oleh 24 tim setelah sebelumnya hanya 16 tim. 

Turnamen dibagi ke dalam enam grup di mana masing-masing grup diisi empat tim. Dua tim teratas tiap grup plus empat tim peringkat ketiga terbaik maju ke babak knock out (16 besar). 

Pertandingan di level Piala Dunia U-17 telah dimainkan dalam 2 x 45 menit. Semenjak tahun 2011, babak extra time dihapuskan untuk mengindari pemain yang kelelahan.

Baca Juga

Seluruh pertandingan yang imbang di masa 90 menit langsung dilanjutkan ke babak adu penalti. 

Terus Ikuti Berita Sepak Bola dan Olahraga Lainnya Hanya di INDOSPORT.

Timnas Indonesia U-16Piala Dunia U-17Bola InternasionalPiala Dunia U-17 2019

Berita Terkini