x

3 Kiper Ini Memulai Debut Liga Champions Eropa di Usia Belia

Jumat, 5 Oktober 2018 20:02 WIB
Penulis: Yasmin Rasidi | Editor: Arum Kusuma Dewi
Iker Casillas saat masih membela Real Madrid.

INDOSPORT.COM - Regenerasi pemain itu penting, termasuk dalam sepak bola. Posisi kiper pun tak mungkin diisi pemain senior terus.

Kiper adalah posisi vital dan tentu seorang pelatih tak segampang itu mengganti kiper senior dengan kiper junior,terlebih jika usianya masih terbilang belia. Kematangan, kesigapan, dan (apalagi) kemampuan menghadapi adu penalti tentu diperlukan, apalagi di kompetisi sekeras Liga Champions Eropa.

Baca Juga

Beberapa nama ini memulai debutnya di usia belasan tahun. Ada yang masih perlu banyak belajar, dan ada juga yang sudah menjelma jadi legenda di klub yang pernah dibelanya.

Siapa saja? Berikut INDOSPORT rangkum dari Sokkaa.


1. Mile Svilar (18 tahun 52 hari)

Mile Svilar dan David De Gea usai laga.

Kiper Belgia ini memulai debutnya di Liga Champions Eropa bersama Benfica musim lalu. Dia memecahkan rekor Iker Casillas yang memulai debutnya di ajang ini di usia 18 tahun 117 hari.

Svilar yang masih 'hijau' melakukan blunder yang menyebabkan timnya kebobolan oleh Marcus Rashford (Manchester United).

Hebatnya, para pemain Manchester United menunjukkan simpatinya dengan menghibur Svilar. Tentu butuh waktu bagi Svilar untuk bisa tampil matang dan prima di kompetisi bergengsi seperti Liga Champions Eropa.


2. Iker Casillas (18 tahun 117 hari)

Iker Casillas, kiper FC Porto.

Kiper tampan ini memulai debutnya di Real Madrid di usia 18 tahun 117 hari saat Los Blancos berhadapan dengan Olympiakos pada 15 September 1999.

Hebatnya, Casillas langsung membawa Real Madrid meraih gelar Liga Champions Eropa musim itu (1999/2000) dengan mengalahkan sesama wakil Spanyol Valencia di final. Dia menjadi kiper termuda yang bermain dan memenangkan Liga Champions Eropa.

Baca Juga

Bersama Real Madrid, dia sudah meraih tiga gelar Liga Champions Eropa dan menjadi pemain yang sudah tampil 20 musim di ajang ini (termasuk saat dia sudah memperkuat FC Porto).

Prestasi kinclongnya juga terlihat di tim nasional Spanyol dengan membawa negaranya dua kali juara Eropa (2008 dan 2012) dan Piala Dunia (2010).


3. Igor Akinfeev (18 Tahun 159 Hari)

Kiper Rusia, Igor Akinfeev, menahan serangan Diego Costa.

Kiper tim nasional Rusia ini memulai debutnya di Liga Champions Eropa melawan FC Porto pada 14 September 2004. Tetapi dia justru berhasil membawa CSKA Moskow menjuarai kompetisi kasta kedua Eropa (Liga Europa) yaitu Piala UEFA musim 2004/2005 dengan mengalahkan Sporting Lisbon di final.

Dia sudah membawa CSKA meraih enam gelar Liga Primer Rusia. Penampilannya bersama negaranya juga tergolong apik saat Rusia menjadi tuan rumah Piala Dunia 2018.

Ikuti Terus Berita Sepak Bola dan Berita Olahraga Lainnya Hanya di INDOSPORT.COM

Real MadridLiga ChampionsIker CasillasFC PortoTRIVIA

Berita Terkini