x

6 Skuat Termahal Liga Primer Inggris

Sabtu, 6 Oktober 2018 05:01 WIB
Penulis: Yasmin Rasidi | Editor: Lanjar Wiratri
Logo Liga Primer Inggris.

INDOSPORT.COM - Liga Inggris terkenal boros dalam urusan beli pemain, tentu semua orang sudah tahu.

Harga pemain memang naik tak kira-kira dan klub-klub pun borosnya tan tanggung-tanggung. Jelang musim 2017/2018, misalnya, seluruh klub Liga Primer Inggris mengeluarkan dana sekitar 1 milyar poun atau Rp 17 triliun untuk membeli pemain.

Baca Juga

Ada baiknya kita melihat siapa tim Liga Primer Inggris yang punya skuat termahal dilihat dari biaya transfer. Siapa yang termahal? Siapa juga yang termurah?

Berikut ini INDOSPORT merangkum daftar skuat termahal Liga Primer Inggris sebagaimana dilansir dari Sokkaa.


1. Tottenham Hotspur (348,77 Juta Poundsterling Atau Rp6,8 Triliun)

Harry Kane saat ingin merebut bola dari pemain Liverpool.

Setelah kemenangan meyakinkan atas Manchester United di Old Trafford, Tottenham Hotspur tampil anti klimaks. Sejumlah pendapat dari pengamat dan fans pun bermunculan.

Dari skuat kelelahan karena kebanyakan pemainnya jadi pemain inti di tim nasional negara masing-masing saat Piala Dunia hingga tidak beli pemain baru di bursa transfer menjadi alasan yang kerap didengungkan dibalik tidak begitu konsistennya The Lily Whites.

Penampilan Harry Kane pun tak luput dari kritikan. Pencetak gol terbanyak Piala Dunia 2018 di bulan September ini masih belum tampil oke. Mulailah pendapat muncul bahwa memang Tottenham perlu beli pemain baru lagi.

Tetapi, skuat asuhan Mauricio Pochettino ini termahal keenam di Liga Primer Inggris dengan keseluruhan biaya transfer mencapai 348,77 juta Poundsterling atau Rp 6,8 triliun.


2. Arsenal (379,83 Juta Poundsterling Atau Rp7.4 Triliun)

Aubameyang berselebrasi usai mencetak gol ke gawang Everton.

Di bawah pelatih baru Unai Emery, Arsenal membeli beberapa pemain seperti bek veteran Stephan Lichsteiner dan kiper muda Bernd Leno yang nampaknya akan memulai debutnya menggantikan kiper veteran Petr Cech.

Sayangnya di dua laga awal, Arsenal keok atas dua tim raksasa Manchester City dan Chelsea. Tetapi, skuat The Gunners juga tak kalah mahalnya, yaitu 379,83 Juta Poundsterling atau rp 7.4 triliun.


3. Chelsea (597,26 Juta Poundsterling Atau Rp 11,6 Triliun)

Penggawa West Ham dan Chelsea mengejar bola.

Di bawah pelatih baru Maurizio Sarri, Chelsea mengawali musim ini dengan cukup baik dengan lima kemenangan beruntun.

Di laga keenam, trend positif The Blues tersendat dengan ditahan tanpa gol oleh West Ham, yang tengah berjuang naik ke peringkat lebih baik.

Lepas dari apapun, kontribusi Jose Mourinho dan pelatih pendahulu Sarri Antonio Conte terhadap kekuatan Chelsea saat ini juga tak bisa diabaikan, begitu juga peran pelatih-pelatih lainnya. Biaya transfer skuat saat ini mencapai 597,26 juta poundsterling atau Rp11,6 trilyun.


4. Liverpool (625,66 Juta Poundsterling Atau Rp 12,2 Triliun)

Shaqiri dan Sadio Mane.

Saat masih melatih Borussia Dortmund, Jurgen Klopp mampu meracik tim berkualitas dengan pemain-pemain yang 'murah'. Namun, kebutuhan tak bisa disangkal.

Jelang musim 2018/19 dimulai, Klopp mulai belanja gila-gilaan, termasuk membeli kiper Alisson Becker dari AS Roma dengan harga 60 juta Poundtserling atau Rp 1 triliun (sebelum rekor ini dipecahkan oleh Chelsea yang merekrut Kepa Arrizabalaga dari Bilbao jelang bursa transfer tutup dengan harga 70 juta Pounsterling).

Tentu dengan skuat mahal, fans berharap dapat trofi dan Klopp sendiri mengakui tekanan dari fans tersebut. Terlebih selama ini, the Reds hanya 'nyaris' juara tapi berakhir runner-up (seperti di Liga Champions musim 2017/18).

Mampukah skuat 'wah' Liverpool menjawab harapan fans?


5. Manchester United (697,54 Juta Poundsterling Atau Rp13,6 Triliun)

Selebrasi Chris Smalling (Manchester United) saat membobol gawang Watford FC.

Pelatih Jose Mourinho protes bahwa petinggi klub tidak memberikan cukup dana untuk membeli pemain-pemain. Seperti kita ketahui, pelatih asal Portugal tersebut ingin merekrut bek baru dan sejumlah nama muncul sebagai target seperti Harry Maguire (Leicetser) dan Toby Alderweireld (Tottenham).

Total skuat Manchester United saat ini terbilang mahal, yaitu 697,54 juta Poundsterling atau Rp 13.6 triliun. Romelu Lukaku dan Paul Pogba terbilang pemain mahal. Sekarang tinggal bagaimana sang pelatih, Jose Mourinho, memaksimalkan skuat yang ada ketimbang mengeluh terus.

Membeli pemain mahal memang tak salah, namun lebih penting lagi jika sang pelatih mampu memaksimalkan kelebihan yang dimiliki tiap pemainnya.

Namun sayang Manchester United nampaknya belum mampu menunjukkan tajinya. Skuat asuhan Jose Mourinho itu sudah kalah tiga kali di ajang Liga Inggris.


6. Manchester City (866,16 Juta Poundsterling Atau Rp16,9 Triliun)

Banyak kursi kosong saat laga Man City vs Lyon

Manchester City dijagokan masih bisa mempertahankan gelar Liga Inggris musim ini sekalipun sejak nyaris sepuluh tahun lalu belum ada yang bisa melakukannya. 

Dengan skuat mahal diharapkan The Cityzens bisa berbicara juga di tingkat Eropa. Sayangnya, mereka justru kalah atas tamunya Lyon di laga pembuka fase grup Liga Champions Eropa musim ini minggu lalu.

Baca Juga

Musim lalu mereka tampil impresif dengan perolehan 100 poin. Mampukah skuat mahal Manchester City mempertahankan gelar Liga Primer Inggris musim ini?  Patut ditunggu.

Terus Ikuti Berita Sepak Bola dan Olahraga Lainnya di INDOSPORT 

Manchester UnitedLiverpoolChelseaArsenalManchester CityJose MourinhoTottenham HotspurJurgen KloppPep GuardiolaLiga Primer InggrisLiga InggrisTRIVIA

Berita Terkini