x

Beda dengan Mario Gomez, 3 Pelatih Asing Ini Betah Berkarier di Indonesia

Sabtu, 13 Oktober 2018 06:32 WIB
Penulis: Petrus Tomy Wijanarko | Editor: Abdurrahman Ranala
Pelatih Persib, Mario Gomez‎ di Stadion Sport Jabar Arcamanik Kota Bandung, Senin (27/08/2018.

INDOSPORT.COM - Kabar mengejutkan baru-baru ini datang dari pelatih Persib Bandung, Mario Gomez. Pria berkebangsaan Argentina itu terang-terangan menyatakan ingin hengkang dari Persib dan berkarir ke negara lain pada musim depan.

Persib belakangan memang sedang dirundung masalah. Pemuncak klasemen sementara kompetisi sepak bola Indonesia Liga 1 2018 itu dijatuhi sejumlah sanksi oleh Komisi Disiplin PSSI, mulai dari laga kandang usiran, bertanding tanpa penonton, hingga denda uang.

Tak hanya itu, beberapa pemain Persib juga dijatuhi hukuman larangan bermain dari Komdis PSSI. Jonathan Bauman dan Ezechiel N'Douassel jadi dua pemain andalan Persib yang terkena sanksi skorsing ini.

Baca Juga

Hasilnya, Persib langsung menuai catatan buruk kala melakoni laga Liga 1 pekan ke-24. Bertanding melawan Madura United, Persib takluk dengan skor 1-2.

Pasca kekalahan itu, Gomez selaku pelatih Persib justru melontarkan komentar mengejutkan. Gomez mengaku ingin hengkang dari Persib dan pindah ke nagara lain setelah gelaran Liga 1 2018 berakhir.

Cerita yang terdapat pada Gomez, nampak sangat kontras dengan beberapa pelatih asing berikut ini. Mereka sudah cukup berpengalaman dan sampai saat ini masih saja betah melatih klub-klub di Indonesia.


1. Jacksen F Tiago

Jacksen F Tiago saat jumpa pers.

Sebelum menjadi pelatih, Jacksen diketahui juga sempat menjalani karier sebagai pemain di Indonesia. Mungkin pengalamannya merumput di Indonesia itulah yang membuat Tiago betah melatih di sini.

Baca Juga

Pelatih asal Brasil telah melatih sejumlah klub di Indonesia sejak 2003. Nama-nama klub besar seperti Persebaya, Persipura, dan Mitra Kukar, hingga kini yang terakhir, Barito Putera, pernah merasakan tangan dingin Jacksen dalam melatih.


2. Robert Rene Alberts

Pelatih PSM Makassar, Robert Rene Alberts dalam jumpa pers jelang lawan Persela.

Sosoknya sudah berkali-kali mengeluhkan tentang kualitas kancah sepak bola Indonesia. Namun, Alberts akhirnya tetap bertahan juga melatih untuk klub-klub Tanah Air.

Baca Juga

Pelatih asal Belanda ini pertama kali datang ke Indonesia tahun 2009 silam dengan menjadi pelatih klub Arema Indonesia. Pada musim 2018 ini, Alberts diketahui tengah menukangi PSM Makassar.


3. Dejan Antonic

Pelatih Borneo FC, Dejan Antonic dalam jumpa pers.

Semasa masih berkari sebagai pemain, Antonic pernah dua tahun merumput di Indonesia, tepatnya pada 1995-1997. Mungkin, pengalamannya itulah yang membuat Antonic betah melatih bagi klub-klub Indonesia.

Pelatih asal Serbia itu pertama kali membesut klub Indonesia pada tahun 2012. Kala itu, ia menangani klub Arema Indonesia.

Baca Juga

Pada musim 2018 ini, Dejan diketahui juga masih melatih di klub Indonesia. Kini Dejan berstatus sebagai pelatih klub Borneo FC.

Terus Ikuti Berita Seputar Liga 1 dan Sepak Bola Indonesia Hanya di INDOSPORT.COM