x

Kisah Haru Persegres Gresik yang Terlempar ke Liga 3

Selasa, 16 Oktober 2018 12:09 WIB
Penulis: Ian Setiawan | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo

INDOSPORT.COM - Berakhir sudah perjuangan heroik klub sepak bola Persegres Gresik United di Liga 2 musim ini. Tim yang sempat menghiasi persaingan di kompetisi level tertinggi Liga Indonesia itu harus kembali ke titik terbawah setelah terdegradasi ke Liga 3 tahun 2019 nanti.

Hal itu tak lepas dari kekalahan secara head to head dengan PSBS Biak. Sama-sama mengumpulkan 26 poin, Persegres GU harus turun kasta akibat kalah secara produktifitas gol dalam sistem head to head dengan PSBS (menang 2-1 di Gresik tapi kalah 0-4 di Biak).

Padahal, Persegres sudah berjuang sekuat tenaga dalam memburu angka. Meski pada akhirnya, semangat tinggi plus konsistensi meraup tiga angka harus sirna ketika memasuki perhitungan di klasemen.

Baca Juga

Pada laga terakhir, Persegres GU memang wajib menang atas klub sepak bola Persigo Semeru FC.

Hal itu lalu dibuktikan, lewat kemenangan 2-1 melalui sepasang gol Obet Rivaldo Yulius di menit 55 dan penalti menit 70, setelah tertinggal lebih dulu oleh lesakan Adam Anis di menit 42 pada Minggu (15/10/18) kemarin.

"Tentu sangat bersyukur atas hasil ini. Meski hasil bagus ini tidak bisa menolong kami untuk lolos dari degradasi," bilang sang pelatih, Sanusi Rahman.


1. Hanya Kalah Sekali dalam 6 Pekan Terakhir

Skuat Persegres Gresik United.

Lantaran kewajiban menang itu lah, yang membuat David Faristian dan kawan-kawan bermain 'kesetanan'. Semangat juang tinggi terus dihamparkan, hingga menyebabkan laga berlangsung keras dengan banyaknya benturan fisik di antara pemain kedua tim.

Hal itu tergambar dari empat kartu kuning yang dikeluarkan kepada masing-masing tim, dari saku Wasit Juhandri Setiana asal Kalimantan Barat.

"Karena kedua tim sama-sama ingin menang, sehingga sempat berlangsung keras. Tapi kami bersyukur, situasi aman terkendali sampai akhir," sambung pelatih kawakan asli kelahiran Gresik tersebut.

Baca Juga

Perjuangan menghindari degradasi pun akhirnya sirna, meski Persegres GU mencatat rekor bagus dalam enam pekan terakhir. 

Sepanjang periode itu, tim Laskar Joko Samudro hanya satu kali mengalami kekalahan 0-2 dari PS Mojokerto Putra.

Selebihnya, Persegres meraup hampir semua poin yang tersedia, seperti saat mengalahkan Persiwa Wamena, Persiba Balikpapan dan Kalteng Putra dengan skor identik 2-1, serta imbang 1-1 kontra Madura FC.

Terus Ikuti Berita Sepak Bola Liga Indonesia Lainnya Hanya di INDOSPORT

Persegres Gresik UnitedLiga IndonesiaLiga 2Liga 3

Berita Terkini