x

5 Klub Liga 1 2018 yang Kantongi Lisensi Profesional AFC

Rabu, 17 Oktober 2018 16:47 WIB
Penulis: Tiyo Bayu Nugroho | Editor: Lanjar Wiratri
Ilustrasi klub-klub Liga 1 2018 mendapat lisensi profesional dari AFC.

INDOSPORT.COM - Klub-klub Liga 1 2018 telah mendapatkan berkah yang begitu penting musim ini. Karena menyangkut perjalanan mereka di kompetisi level internasional. 

Sederet klub Liga 1 2018 baru saja mendapatkan status penting, yakni lisensi profesional yang diberikan oleh Asian Football Confederation (AFC). 

Sehingga nantinya tim-tim Liga 1 2018 bisa berkancah di Piala AFC atau Liga Champions Asia pada musim depan. Tentunya klub-klub ini telah melalui proses yang begitu ketat oleh AFC.

Baca Juga

Ada lima poin yang mesti dijalankan oleh klub-klub Liga 1 2018 jika ingin mendapatkan lisensi. Kriterianya adalah olahraga, infrastruktur, personel dan administasi, hukum, dan keuangan.

Tentu saja hal ini sangat bagus untuk perkembangan dunia sepak bola Indonesia. Lisensi dari AFC akan membuat klub bola Indonesia seperti Persija bisa bermain di level internasional dengan membawa nama Indonesia. 

Hingga kini baru terdapat lima klub Liga 1 2018 yang mendapat lisensi profesional dari AFC. Lantas klub-klub Indonesia mana saja yang sudah mendapatkan lisensi AFC? Berikut INDOSPORT sajikan deretannya.


1. Persija Jakarta

Logo Persija Jakarta

Pertama adalah Persija Jakarta yang mendapatkan lisensi klub profesional dari AFC. Kabar tersebut didapatkan lewat surat dari PSSI melalui komite klub lisensi nomor 001/CLC-PSSI/X/2018.

Ada 33 aspek yang dinilai Club Licencing Committee (CLC) sangat baik alias A dari Persija. Hal itu diantaranya stadion yang bisa digunakan untuk kompetisi AFC serta fasilitas latihan.

Baca Juga

Aspek legal juga Persija mendapatkan nilai A meliputi seluruh pemain Persija sudah dipastikan mendapatkan kontrak. Sehingga Macan Kemayoran dapat berkarier di level Asia.


2. Persib Bandung

Logo Persib Bandung.

Kedua ada Persib Bandung yang mendapatkan dttus klub profesional di level Asia. Hal ini tertuang lewat surat yang dirilis oleh Club Licenci Committee (CLC) PSSI 15 Oktober 2018.

CLC menyatakan telah menerima berkas permohonan lisensi Persib Bandung dan setelah diverifikasi lewat surat dengan nomor 002/CLC-PSSI/X/2018. Sehingga Persib dapat bermain di level internasional pada 2019 mendatang.

Baca Juga

Persib telah lulus kelima aspek AFC, yakni sporting, infrastructure, personnel and administrasi, legal, dan finansial. Kelima regulasi ini menjadi tolok ukur AFC.


3. Arema FC

Logo Arema FC.

Kemudian ada klub sepak bola Indonesia asal Malang yakni Arema FC yang telah mendapat persetujuan dari AFC lewat klub lisensi profesional. Hal itu tertuang dalam surat PSSI yang bernomor 002/CLC-PSSI/X/2018.

Isi surat tersebut menjelaskan kalau AFC menerima permohonan dan memberikan lisensi klub profesional dari Arema FC. Sehingga Singo Edan dapat dengan tenang untuk bermain di kancah internasional.

Baca Juga

4. Borneo FC

Logo Pusamania Borneo FC

Selanjutnya ada Borneo FC yang terhitung merupakan klub baru di kompetisi sepak bola Indonesia ternyata sudah diperhitungkan kiprahnya. Pesut Etam juga mendapatkan status lisensi klub profesional dari AFC.

Baca Juga

Hal ini sesuai surat yang dikirimkan oleh PSSI melalui komite klub lisensi nomor 006/CLC-PSSI/X/2018. Tetapi ada sejumlah hal yang mesti dibenahi oleh Borneo FC karena ada kekurangan di kriteria B pada poin kedua.


5. Bhayangkara FC

Logo Bhayangkara FC.

Lebih lanjut ada Bhayangkara FC. Jawara Liga 1 2017 lalu ini juga mendapatkan lisensi profesional AFC lewat surat keputusan nomor 005/CLC-PSSI/X/2018.

Bhayangkara FC dinilai sukses memenuhi 176 Kriteria A dalam lima aspek, yakni sporting, infrastructure, personnel and administrative, legal, dan financial.

Baca Juga

Kendati begitu kemungkinan ada beberapa klub-klub Liga 1 2018 yang juga akan mendapatkan lisensi profesional AFC. Mari nantikan tim-tim Indonesia menjadi profesional ke depannya.

Terus Ikuti Update Liga 1 dan Berita Sepak Bola Indonesia Lainnya di INDOSPORT.COM.

Persib BandungPersija JakartaAFCBorneo FCLiga IndonesiaBhayangkara FCArema FCLiga 1TRIVIA

Berita Terkini