x

Kisah Todd Rivaldo Ferre: Dari Jersey Hingga ke Timnas Indonesia U-19

Minggu, 21 Oktober 2018 14:48 WIB
Penulis: Sudjarwo | Editor: Ivan Reinhard Manurung
Aksi selebrasi Todd Ferre dan rekan satu timnya di Timnas Indonesia U-19.

INDOSPORT.COM - Wonderkid Persipura Jayapura, Todd Rivaldo Ferre yang kini tengah memperkuat Timnas Sepak Bola Indonesia U-19 dibawah asuhan pelatih Indra Sjafri, dalam ajang Piala Asia U-19 2018 ternyata punya kisah menarik semasa kecil dulu.

Hal ini seperti yang diungkapkan oleh Ayah dari Todd, Agustinus Ferre yang juga berprofesi sebagai pelatih sebuah Sekolah Sepak Bola (SSB) bernama Imannuel yang terletak di Wilayah Kampung Sereh, Sentani, Kabupaten Jayapura.

Coach Agus, sapaan akrab Ayah Todd mengatakan, wonderkid Persipura itu sudah sangat mencintai Timnas Indonesia sewaktu masih berusia lima tahun. Todd bahkan mengidolakan Boaz Solossa dan Bambang Pamungkas.

Baca Juga

Karena kecintaannya terhadap timnas, Todd pun pernah meminta Coach Agus untuk membelikan sebuah Jersey Timnas yang bertuliskan nama Boaz atau Bambang. Namun keinginan Todd kala itu tidak terpenuhi, karena Jersey dua nama tersebut tidak ia dapatkan.

Orang Tua Wonderkid Persipura dan Timnas U-19, Todd Rivaldo Ferre, Coach Agustinus Ferre.

"Saat saya pernah bawa tim saya ke Jakarta, Todd waktu masih lima tahun minta dibelikan Jersey Timnas yang ada namanya Boaz atau Bambang. "

"Karena cuma dua nama itu yang dia sukai, tapi saya tidak dapat Jersey dua nama itu, dan saya hanya belikan Jersey polos yang pas dengan ukuran dia," kenang Coach Agus, saat dihubungi awak situs berita olahraga INDOSPORT, Minggu (21/10/18).

Ia menuturkan, Jersey timnas yang dibelikannya itu akhirnya selalu dipakai oleh Todd ketika bermain bersama teman-temannya dan saat bermain sepak bola di lapangan, hingga Jersey itu kotor di badan.

Baca Juga

"Baju timnas yang saya beli itu dia pakai terus di rumah dan begitu juga saat main, dia pakai terus sampai baju itu kotor di badannya," ujarnya.


1. Awal Kecintaan

Todd Rivaldo Ferre usai mencetak gol saat Indonesia U-19 vs Singapura U-19 di Piala AFF U-18 2018.

Coach Agus menceritakan, Todd mulai menunjukkan bakatnya dalam sepak bola sejak masih kecil. Meski sering diragukan karena posturnya yang kecil, Coach Agus kagum dengan semangat Todd kecil.

"Sejak kecil dia sudah menunjukkan bakatnya. Dia selalu ikut kemana saya pergi, waktu di kasih bola dia ikut latihan dan dia sering ikut kakak-kakak seniornya untuk berlatih."

"Di rumah pun dia selalu latihan dan tidak hanya di lapangan saja. Memang banyak yang bilang dia kecil sekali tapi saya percaya dia punya sesuatu yang berharga," ungkapnya.

Ia menjelaskan, Todd mulai ditempa sebagai pemain sepak bola dari SSB Imannuel binaannya, bersama dengan dua pemain Persipura lainnya, yakni Patrick Womsiwor dan Evraim Toncy.

Baca Juga

Berawal dari SSB Imannuel, Todd pun mulai mengikuti turnamen usia dini, salah satunya yakni kompetisi Danone. Hingga akhirnya Todd mengikuti turnamen nasional pertama yang digelar oleh Manchester United, sekitar tahun 2012 silam di Jakarta.

"Semasa Todd masih bermain di SSB, dia sudah banyak ikut turnamen, ada Danone juga dan turnamen usia dini sudah diikutinya. Turnamen nasional pertamanya itu di Jakarta yang digelar Manchester United," terangnya.

"Setelah selesai, dia kembali mengikuti seleksi akademi sepak bola Pertamina dan dia akhirnya lolos di akademi Pertamina," sambungnya.


2. Jalan ke Timnas Indonesia U-19

Ekspresi rasa syukur Todd Rivaldo usai cetak gol.

Karier Todd pun kian cerah setelah ia diberikan kesempatan untuk memperkuat klub kebanggaan masyarakat Papua, Persipura Jayapura U-19, dan akhirnya ia pun sukses mengantarkan timnya itu sebagai kampiun Liga 1 U-19 tahun 2017 lalu.

Impiannya untuk bisa berkarir bersama salah satu idolanya, Boaz Solossa pun akhirnya kesampaian, setelah ia dipromosikan ke tim senior Persipura diawal kompetisi Liga 1 2018.

Dari situlah, bakatnya makin tercium hingga seantero Nusantara. Todd pun masuk radar Indra Sjafrie untuk memperkuat Timnas U-19. Todd pun membuktikan kualitasnya saat turnamen Piala AFF U-19 2018 yang digelar Juli lalu.

Baca Juga

Coach Agus pun mengaku bangga anak pertamanya kini bisa mewujudkan mimpi dan cita-citanya sebagai pemain timnas. Hal yang juga menjadi impian ayahnya sewaktu masih menjadi pemain sepak bola.

"Saya sebagai orang tua merasa bangga dengan Todd. Dia anak pertama, mereka ada empat bersaudara, dua laki-laki dan dua perempuan. Adiknya yang nomor dua sekarang main di Persipura U-16," jelasnya.

"Dulu saya pernah berkarir di Persidafon Dafonsoro, tapi hanya jadi pemain cadangan sewaktu divisi 1 tahun 1997 silam. Sekarang, Todd sudah membuka jalan bagi adik-adiknya, dan pemain muda Papua lainnya untuk membawa harum nama Papua," tandasnya.

Terus Ikuti Update Seputar Liga 1 dan Berita Sepak Bola Indonesia Lainnya di INDOSPORT.COM

Boaz SolossaBambang PamungkasPersipura JayapuraLiga IndonesiaLiga 1Todd Rivaldo FerrePersipura U-19

Berita Terkini