x

Selain Persib Bandung, PSSI Buat Pemkot Bandung Merugi Ratusan Juta

Jumat, 26 Oktober 2018 15:18 WIB
Editor: Ivan Reinhard Manurung

INDOSPORT.COM - Sanksi Komisi Disiplin (Komdis) yang melarang Persib Bandung bertanding di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), ternyata turut membuat pemerintah Kota Bandung rugi atas hal tersebut.

Hal ini diutarakan langsung oleh Kepala Dina Pemuda dan Olahraga (Kadispora) Kota Bandung, Dodi Ridwansyah.

Menurutnya, sejak sanksi yang diberikan PSSI ke Persib Bandung , Pemkot telah kehilangan pemasukan hingga mencapai angka Rp 360 juta dari empat pertandingan Liga 1 2018, kasta tertinggi sepak bola Indonesia yang terlewatkan.

"Udah empat kali pertandingan ga main di sini (GBLA) kita kehilangan kas masuk hingga Rp 360 juta," ucap Dodi Ridwansyah dilansir laman berita olahraga Antara.

Baca Juga

Ia menambahkan, biaya operasional GBLA sejatinya berasal dari pertandingan-pertandingan Persib Bandung. Pasalnya, uang tiket, sewa, hingga pajak dalam satu pertandingan saja, bisa mencapai angka Rp 90 juta sekali Persib Bandung menggelar laga sepak bola.


1. Pemkot Bandung Kehilangan Pemasukan

Stadion Gelora Bandung Lautan Api.

Tentu saja hal tersebut berpengaruh besar, terlebih lagi uang yang didapat akan dialokasikan untuk pemeliharaan Stadion GBLA, yang notabene masih menggunakan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) dalam pemeliharannya.

"Pendapatan Persib Bandung sebulan dua kali mereka bayar Rp 90 juta, jadi Rp 180 juta, tinggal kali setahun berapa, itu pertandingan. Kalau latihan itu beda, katakanlah dalam sebulan kami terima dari Persib Rp200 juta latihan dan pertandingan," lanjutnya.

Dodi pun menjelaskan, dalam satu tahun stadion sepak bola kebanggan masyarakat Kota Kembang ini bisa memakan Rp5 miliar untuk pemeliharaannya. Sektor keamanan menjadi yang paling besar mengeluarkan biayanya.

Baca Juga

"Kisarannya sampai lima miliar yang paling besar untuk keamanan, kebersihan, listrik, dan rumput," ucap Dodi

Ia menambahkan, Pemkot Bandung enggan menyewakan stadion ini untuk digunakan oleh klub lain. Pasalnya, bila terjadi kerusakan, seperti rumput, biaya perawatannya tak sepadan dengan yang diterima Pemkot.

"Kalau rumput rusak biaya perawatannya lumayan dan kasihan ke Persib kalau mau bertanding atau latihan."

Perlu diketahui, Maung Bandung mendapat hukuman keras dari PSSI, buntut dari kematian seorang Jakmania bernama Haringga, saat menonton laga Persib Bandung vs Persija Jakarta di pertandingan Liga 1 2018 pada 23 September 2018 lalu.

Penulis: Ridi F. Khan.

Terus Ikuti Update Liga 1 dan Berita Sepak Bola Indonesia Lainnya di INDOSPORT.COM

Persib BandungPSSIBandungStadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA)Liga IndonesiaLiga 1

Berita Terkini