x

Selain Sinead O'Connor, Pesepakbola Liga Indonesia Ini Juga Seorang Mualaf

Jumat, 26 Oktober 2018 19:44 WIB
Editor: Rafif Rahedian

INDOSPORT.COM – Penyanyi ternama asal Irlandia bernama Sinead O’Connor baru saja memantapkan hatinya untuk memeluk agama Islam. Hal itu ia ungkapkan langsung melalui akun media sosial pribadinya.

Dirinya pun kini mengubah namanya menjadi Magda Davitt. Tak hanya itu, penyanyo berkepala plontos tersebut siap menggunakan hijab di kehidapan sehari-harinya.

"Aku mengumumkan, aku bangga telah menjadi seorang muslim. Ini adalah keputusanku sendiri, dari pikiranku setelah perjalanan mencari pencerahan," tulisnya.

Baca Juga

Fenomena ini nyatanya juga pernah terjadi dalam persepakbolaan Indonesia, di mana sejumlah pemain asing memilih untuk mempelajari agama Islam. Berikut INDOSPORT merangkum 4 pesepakbola mualaf yang berkarier di Indonesia.


1. Cristian Gonzales

Cristian Gonzales saat mencetak gol perdananya untuk PSS Sleman

Cristian Gonzales memutuskan untuk memeluk agama Islam saat dirinya merumput bersama PSM Makassar pada 2003 silam. Kultur Islam yang ada di Makassar pun nyatanya mampu membuat Gonzales yakin untuk menjadi seorang muslim.

Salah satu faktor yang membuat hatinya mantap untuk menjadi seorang mualafa adalah ketika Gonzales melihat istrinya Eva Nurida Siregar setelah ambil air wudhu. "Ketika itu saya lihat istri saya (mukanya) bersih, usai wudhu," kata Gonzales beberapa waktu lalu.

Mantan penyerang Timnas Indonesia tersebut pun akhirnya tanpa ragu mengucap dua kalimat syahadat pada 9 Oktober 2003. Pemain PSS Sleman itu kini memiliki nama Islam, yakni Mustafa Habibi.


2. Abanda Herman

Abanda Herman mantan pemain Persib Bandung yang jadi mualaf.

Pecinta sepak bola nasional tentunya sudah tidak asing dengan nama Abanda Herman. Pasalnya, Abanda Herman kerap kali memperkuat tim-tim besar Liga Indonesia seperti Persib Bandung dan Persija Jakarta.

Keputusannya untuk memeluk agama Islam sendiri disaksikan langsung oleh petinggi Persib Bandung, Umuh Muchtar dan Djajang Nurdjaman, yang saat itu masih menjabat sebagai pelatih.

Abanda sendiri mengaku membutuhkan waktu yang cukup lama untuk memantapkan hatinya untuk memeluk agama Islam. Syukurnya, keputusan Abanda ini mendapatkan dukungan dari pihak keluarga.


3. Silvio Escobar

Striker Perseru Serui, Silvio Escobar.

Penyerang andalan Perseru Serui, Silvio Escobar nyatanya juga memutuskan untuk menjadi seorang mualaf beberapa waktu lalu. Keputusan pemain asal Paraguay tersebut nyatanya tak terlepas dari sang istri yang merupakan asli Indonesia dan menganut agama Islam.

Keputusannya untuk memeluk agama Islam nyatanya membuat sang pemain tampil begitu apik bersama Perseru Serui pada musim ini. Karena saat ini Escobar menjadi pencetak gol terbanyak di klub asal Papua tersebut.


4. Diego Michiels

Diego Michiels saat bertarung di atas lapangan.

Pada 7 Februari 2013 lalu, pemain bertahan Borneo FC Diego Michiels secara resmi menjadi seorang muslim. Dirinya pun menambah daftar panjang pesepakbola Liga Indonesia yang memilih untuk menjadi mualaf.

Pemain yang sempat berseragam Timnas Indonesia tersebut juga memiliki nama Islam, yakni Diego Muhammad. Dirinya pun mengaku telah bergaul banyak dengan rekannya yang beragama Islam. Itu membuatnya mudah beradapatasi menjadi seorang muslim.

Terus Ikuti Berita Sepak Bola Lain Serta Serba-serbi Liga Indonesia di INDOSPORT.COM.

Cristian GonzalesDiego MichielsLiga IndonesiaAbanda HermanSilvio EscobarTRIVIA

Berita Terkini