x

Transformasi Posisi Osvaldo Haay, Berkah Bagi Timnas Indonesia?

Jumat, 26 Oktober 2018 14:08 WIB
Editor: Abdurrahman Ranala
Duel antara Osvaldo Haay dengan pemain Korea Utara.

INDOSPORT.COM - Osvaldo Haay kini sering diturunkan sebagai striket. Transformasi posisi Osvaldo Haay bisa menambah opsi di Timnas Indonesia?

Osvaldo Ardiles Haay saat ini sedang mencuri perhatian pecinta sepak bola Indonesia. Osvaldo Haay mencetak hattrick ke gawang Madura United di pekan ke-27 Liga 1 2018. 

Sebelumnya, Osvaldo Haay mencetak satu gol ke gawang Persib Bandung di pekan ke-26. Empat gol dalam dua pertandingan dicetak oleh Osvaldo Haay saat dipasang di posisi baru sebagai striker. 

Osvaldo Haay mulai dipasang sebagai striker oleh pelatih Djajang Nurdjaman saat Persebaya Surabaya menghadapi Persib Bandung. Hal itu karena striker Persebaya, David Da Silva, sedang cedera. 

Baca Juga

Namun di luar dugaan, Osvaldo Haay tampil apik di posisi baru dan mampu mencetak gol. Bahkan Osvaldo Haay mampu mencetak hattrick pertama dalam karier profesionalnya di posisi baru ini. 

Selain menguntungkan Persebaya Surabaya, apakah kesuksesan transformasi posisi Osvaldo Haay ini akan berdampak positif ke Timnas Indonesia


1. Menguntungkan Bagi Timnas Indonesia?

Osvaldo Haay (tengah) mendapat kawalan dua pemain Timnas U-19.

Osvaldo Haay, merupakan bagian Timnas Indonesia U-22 saat tampil di cabor sepak bola SEA Games 2017 lalu. Pelatih Timnas Indonesia U-22 saat itu, Luis Milla, menaruh Osvaldo Haay di posisi aslinya sebagai winger kiri. 

Saat itu, Osvaldo Haay tak berhasil menyumbangkan gol bagi Garuda Muda. 

Dan saat Asian Games 2018, Osvaldo Haay yang sempat dipanggil saat pemusatan latihan, tak masuk dalam skuat akhir yang berlaga di Asian Games 2018. Karena saat itu, banyak opsi di posisi sayap. 

Ada pemain-pemain seperti Febri Hariyadi, Saddil Ramdani, Irfan Jaya, hingga Ilham Udin. Seandainya saja, saat itu Osvaldo Haay sudah bertransformasi menjadi striker, tentu akan menjadi cerita berbeda. 

Osvaldo Haay tetap bisa masuk ke dalam skuat karena ia bisa diturunkan sebagai striker. Luis Milla saat itu akhirnya menurunkan Stefano Lilipaly sebagai false nine, karena keterbatasan striker utama. 

Dan kedepannya, Osvaldo Haay bisa kembali dipanggil Timnas Indonesia. Osvaldo Haay yang kini bisa bermain sebagai winger maupun striker, sangat dibutuhkan Timnas Indonesia yang memang krisis striker murni. 

Baca Juga

Pelatihnya di Persebaya saat ini, Djajang Nurdjaman juga menyebut Osvaldo layak untuk kembali dipanggil oleh Timnas. 

“Valdo dipanggil Timnas sangat mungkin. Sekarang dengan opsi lain, main di posisi striker, mungkin akan dilirik lagi oleh pelatih Timnas. Saya pikir dia sangat layak kalau dipanggil lagi ke timnas," ujar Djajang Nurdjaman. 

Timnas Indonesia sendiri akan segera menghadapi turnamen Piala AFF 2018. Transformasi Osvaldo Haay pun datang di saat yang tepat. 

Hasil dari transformasi posisinya itu bisa saja membuka slot bagi dirinya masuk ke dalam skuat Timnas Indonesia di Piala AFF 2018. 

Ikuti Terus Berita Timnas Indonesia dan Sepak Bola Indonesia Lainnya Hanya di INDOSPORT.COM

Persebaya SurabayaTimnas Indonesia U-23Timnas U-22Timnas IndonesiaLiga IndonesiaOsvaldo HaayOsvaldo Ardiles Haay

Berita Terkini