x

Sumpah Pemuda dan Perjuangan Timnas Indonesia U-19 'Usir' Jepang Demi Tiket Piala Dunia

Minggu, 28 Oktober 2018 09:41 WIB
Editor: Abdurrahman Ranala
Skuat Timnas Indonesia U-19 jelang melawan Qatar U-19.

INDOSPORT.COM - Timnas Indonesia U-19 akan menghadapi Jepang U-19 di perempatfinal Piala Asia U-19 2018. Tanggal pertandingan ini bertepatan dengan Hari Sumpah Pemuda. 

Tanggal 28 Oktober di Indonesia, setiap tahunnya diperingati sebagai Hari Sumpah Pemuda. Peringatan ini berlangsung sejak tahun 1959 tanggal 28 Oktober ditetapkan sebagai Hari Sumpah Pemuda. 

Hari Sumpah Pemuda sendiri lahir pada 28 Oktober 1928 saat Kongres Pemuda Kedua. Saat itu, Kongres Pemuda yang dihadiri oleh seluruh organisasi pemuda saat itu seperti Jong Java, Jong Sumatra, Jong Betawi, dan lainnya. 

Pada hari itu, lahirlah ikrar para pemuda yang disebut sebagai Sumpah Pemuda. 

Baca Juga

Selain menjadi momen bersatunya organisasi kepemudaan di Tanah Air, Sumpah Pemuda juga menjadi salah satu tonggak utama dalam sejarah pergerakan kemerdekaan Indonesia. Para pemuda saat itu, bercita-cita untuk mewujudkan Indonesia merdeka. 

Kini, 90 tahun berselang, 28 Oktober 2018 para pemuda Indonesia berjuang untuk mewujudkan mimpi yang berbeda dengan para pendahulunya. Yaitu mimpi untuk lolos ke Piala Dunia


1. Momentum Sumpah Pemuda

Timnas indonesia U-19 jelang melawan UEA U-19.

Para pemuda yang dimaksud di atas adalah para penggawa Timnas sepak bola Indonesia U-19. Anak-anak muda dibawah arahan pelatih Indra Sjafri ini akan menghadapi Jepang U-19 dalam babak perempatfinal Piala Asia U-19 2018. 

Laga ini merupakan laga yang sangat penting bagi Timnas Indonesia U-19. Karena, jika berhasil memenangkan laga ini, Timnas Indonesia U-19 akan lolos ke Piala Dunia. 

Baca Juga

Sebuah mimpi besar yang sampai ini memang belum bisa diwujudkan oleh Timnas Sepak Bola Indonesia. Oleh sebab itu, momentum Sumpah Pemuda bisa menjadi motivasi bagi Timnas Indonesia U-19. 

Pada tahun 1945, mimpi para pemuda di tahun 1928 untuk kemerdekaan Indonesia berhasil diwujudkan. Maka bukan tidak mungkin Timnas Indonesia U-19 bisa mewujudkan mimpi besar rakyat Indonesia sejak lama, lolos ke Piala Dunia. 


2. Menebus Kegagalan Timnas Indonesia U-16

Timnas indonesia U-19 jelang melawan UEA U-19.

Sebetulnya, Indonesia beberapa waktu lalu punya kesempatan lain untuk mewujudkan mimpi ke Piala Dunia. Pada bulan September lalu, Timnas Indonesia U-16 berjuang di Piala Asia U-16 2018. 

Dan Timnas U-16 mampu melangkah hingga babak perempatfinal dan selangkah lagi menuju Piala Dunia. Namun sayang, Timnas U-16 kalah dari Australia di perempatfinal dan gagal lolos ke Piala Dunia. 

Kini, Indonesia punya kesempatan kedua untuk lolos ke Piala Dunia melalui Timnas Indonesia U-19. Tinggal 90 menit lagi perjuangan untuk lolos ke Piala Dunia. 

Baca Juga

Jika berhasil 'mengusir' Jepang, Timnas Indonesia U-19 akan menebus kegagalan Timnas U-16, memberikan hadiah indah untuk Hari Sumpah Pemuda, dan mewujudkan mimpi rakyat Indonesia melihat Timnas berlaga di Piala Dunia. 

Ikuti Terus Berita Timnas Indonesia dan Sepak Bola Indonesia Lainnya Hanya di INDOSPORT.COM 

Piala DuniaIndonesia U-19Piala Dunia U-20Piala Asia U-19Timnas IndonesiaSumpah PemudaBola InternasionalPiala Asia U-19 2018Timnas Indonesia U-19

Berita Terkini