x

Pemainnya Tak Dipanggil Timnas Indonesia, Ini 3 Keuntungan Klub Liga 1

Rabu, 31 Oktober 2018 17:47 WIB
Penulis: Luqman Nurhadi Arunanta | Editor: Rafif Rahedian
Timnas Indonesia vs Suriah U-23 (Boaz Solossa, Ilija Spasojevic, dan Osvaldo Haay). Herry Ibrahim/INDOSPORT

INDOSPORT.COM – Daftar 23 nama pemain Timnas Indonesia di Piala AFF 2018 telah diumumkan oleh induk sepak bola Indonesia, PSSI.

Bhayangkara FC dan Barito Putera menjadi klub Liga 1 2018 yang paling banyak menyumbangkan pemainnya dengan masing-masing 3 pemain. Selain itu, Persija Jakarta, Bali United, Mitra Kukar, Sriwijaya FC, dan Madura United menyumbangkan dua pemain mereka.

Namun demikian, ada 6 klub yang tidak menyumbangkan pemain mereka ke Timnas Indonesia. Dua di antaranya merupakan tim elite di Liga 1, yakni PSM Makassar dan Persipura Jayapura.

Baca Juga

Selebihnya, PSIS Semarang, Perseru Serui, PSMS Medan, dan PS TIRA juga tidak menyumbangkan pemainnya ke Timnas Indonesia yang akan bertarung di Piala AFF 2018.

Pemain klub yang dipanggil ke Timnas Indonesia tentu menjadi bukti kualitas tim yang menaungi pemain. Meskipun pemainnya tidak dipanggil, ternyata klub Liga 1 2018 memiliki keuntungan tersendiri.

Berikut INDOSPORT.com merangkum 3 keuntungan klub Liga 1 yang pemainnya tidak dipanggil ke Timnas Indonesia pada Piala AFF 2018 nanti.


1. 1. Konsentrasi ke Klub

Muhammad Syamsuddin Rachmat, pemain PSM Makassar.

Klub yang tidak ditinggal oleh pemainnya ke Timnas Indonesia di Piala AFF 2018 tentu dapat fokus mengejar target di Liga 1 musim ini. Hal itu dialami oleh PSM Makassar dan sejumlah tim yang berada di zona degradasi.

PSM Makassar beruntung sebab tidak ada pemainnya yang pergi membela Timnas. Mereka dapat berkonsentrasi mengejar target juara di saat tim rival lainnya, seperti Persija Jakarta, Persib Bandung, dan Bhayangkara FC ditinggal 2 sampai 3 pilar utamanya.

Sementara itu, bagi tim seperti Perseru Serui, PSMS Medan, dan PS TIRA, tidak adanya pemain yang dipanggil ke Timnas Indonesia membuat mereka dapat fokus meraih kemenangan demi keluar dari zona degradasi.


2. 2. Terhindar dari Cedera

Rezaldi Hehanusa berlatih secara terpisah karena masih cedera.

Agenda Timnas Indonesia sempat menjadi petaka bagi klub-klub Liga 1 2018, terutama bagi tim yang pemainnya dipanggil ke pemusatan latihan dan uji coba internasional.

Persija Jakarta mengalami nasib buruk tatkala Rezaldi Hehanusa harus mengalami cedera saat Timnas Indonesia beruji coba melawan Mauritius.

Para pemain yang tidak membela Timnas Indonesia di Piala AFF 2018 tentu akan lebih menjaga pola latihan mengingat akhir musim kian memasuki fase kritis.

Meskipun begitu, Liga 1 2018 juga telah memakan korban di akhir paruh musim. Robertino Pugliara, Dedi Kusnandar, dan Hanif Sjahbandi bahkan harus mengakhiri kompetisi lebih cepat akibat cedera.


3. 3. Aman Hingga Akhir Musim

Persipura Jayapura vs Persebaya Surabaya.

Piala AFF 2018 akan berlangsung sejak 8 November sampai 15 Desember 2018. Jadwal tersebut berbenturan dengan berlangsungnya Liga 1 2018.

Pekan terakhir Liga 1 2018 tercatat akan berakhir sekitar tanggal 9 Desember. Artinya, pemain yang membela Timnas Indonesia di Piala AFF 2018 tidak akan mengikuti Liga 1 2018 hingga usai. Itu akan terjadi jika Skuat Garuda lolos dari fase grup.

Baca Juga

Tim yang pemainnya tidak dipanggil Timnas Indonesia diuntungkan dengan kondisi keropos tim lawan yang ditinggal pemainnya membela Merah Putih hingga akhir musim. Tak jarang, beberapa dari mereka berharap pemanggilan pemain Timnas Indonesia sedikit ditunda atau bahkan meminta keringanan.

Ikuti Terus Update Seputar Timnas Indonesia dan Sepak Bola Indonesia di INDOSPORT.COM

Persipura JayapuraPSM MakassarTimnas IndonesiaLiga IndonesiaLiga 1Piala AFF 2018TRIVIA

Berita Terkini