x

8 Pemain Naturalisasi Tampil Bersama Timnas Indonesia di Piala AFF

Jumat, 2 November 2018 13:03 WIB
Penulis: Tiyo Bayu Nugroho | Editor: Isman Fadil
Bima Sakti resmi melatih Timnas Indonesia.

INDOSPORT.COM - Kompetisi sepak bola internasional Piala AFF 2018 akan dihelat pada 8 November hingga 15 Desember. Namun pada kenyataannya sudah 8 pemain naturalisasi yang tampil bersama Timnas Indonesia.

Timnas Indonesia telah mengumumkan 23 pemain yang siap melakoni pertandingan di Piala AFF 2018. Tercatat ada dua pemain hasil naturalisasi yang menghiasi skuat saat ini.

Dua pemain tersebut adalah Stefano Lilipaly (Bali United) dan Alberto 'Beto' Goncalves (Sriwijaya FC). Mereka kembali mewarnai Piala AFF edisi 2018.

Baca Juga

Tentu saja dengan kehadiran para pemain hasil naturalisasi ini membuat Timnas Indonesia memiliki nuansa baru. Suasana ini terjadi ketika gelombang naturalisasi yang dilakukan PSSI pada 2010 lalu.

PSSI berniat mengamankan talenta-talenta berbakat untuk bisa menjadi tulang pungggung Timnas Indonesia. Puncaknya adalah mereka bermain di Piala AFF dan dikenal masyarakat.

Berikut adalah delapan pemain hasil naturalisasi yang tampil bersama Timnas Indonesia di ajang Piala AFF. Siapa saja kira-kira?


1. 1. Cristian Gonzales (2010 & 2014)

Cristian Gonzales saat membela Timnas Indonesia.

Pemain pertama adalah Cristian Gonzales yang menjalani debut bersama Timnas Indonesia di Piala AFF pasca dinaturalisasi PSSI pada 2010 lalu.

Pada Piala AFF 2010 ini, Cristian Gonzales mencetak tiga gol masing-masing ke gawang Malaysia (1 kali) dan Filipina (dua kali). Namun Gonzales gagal membawa Timnas Indonesia juara.

Pada Piala AFF 2014 nama Cristian Gonzales kembali masuk skuat Timnas Indonesia. Tetapi dirinya tak mampu membobol gawang lawan karena kerap dicadangkan.

2. Tonnie Cusell (2012)

Pemain naturalisasi Timnas Indonesia Tonnie Cussel.

Kemudian ada Tonnie Cusell, pemain asal Belanda yang juga dinaturalisasi oleh PSSI. Tonnie Cusell hanya tampil sekali bersama Timnas Indonesia di Piala AFF 2012.

Itupun debut yang dijalaninya dengan bermain sebagai pemain pengganti di babak kedua saat melawan Malaysia. Sayang debutnya itu berujung kekalahan 0-2.


2. 3. John Van Beukering (2012)

Mantan pemain Tim Nasional Indonesia Jhon van Beukering.

Lalu ada pula striker gempal John Van Beukering yang dinaturalisasi dan bermain di Piala AFF 2012. Debut John Van Beukering bersama Timnas Indonesia terjadi pada menit ke-63 usai mengganti Samsul Arif.

Pergantian tersebut juga tak membawa dampak apa-apa karena Timnas Indonesia kalah 0-2 dari Malaysia. Kekalahan itu membuat Timnas Indonesia tak lolos fase grup.

4. Raphael Maitimo (2012)

Raphael Maitimo ketika membela Timnas Indonesia.

Selanjutnya ada pemain yang dinaturalisasi dari Belanda Raphael Maitimo. Dirinya tampil bersama Timnas Indonesia pada Piala AFF 2012 lalu.

Bahkan Maitimo langsung mampu mencetak gol ketika mengalahkan Laos 2-1 pada menit ke-43. Maitimo juga tampil di Piala AFF 2014.


3. 5. Victor Igbonefo (2014)

Bek naturalisasi Victor Igbonefo (kanan) ikut dalam latihan Timnas jelang lawan Islandia. Herry Ibrahim

Kemudian ada Victor Igbonefo yang juga bermain untuk Timnas Indonesia di Piala AFF 2014 lalu. Namun Igbonefo hanya tampil sekali sebagai starter saat itu ketika melawan Laos.

6. Sergio van Dijk (2014)

Sergio Van Dijk berusaha mendapatkan umpan bola lambung di depan gawang Syria. Syria menang atas Indonesia 2-0 pada pertandingan persahabatan di Gelora Bung Karno. Sabtu (15/11/14).

PSSI kembali menaturalisasi pemain asal Belanda Serginho van Dijk. Sang pemain pun tampil bersama Timnas Indonesia di Piala AFF 2014 tetapi tak mampu mencetak gol sepanjang kompetisi.


4. 7. Stefano Lilipaly (2016 & 2018)

Stefano Lilipaly melakukan selebrasi dan disusul oleh Muhammad Hargianto. Herry Ibrahim

Timnas Indonesia kembali menggunakan jasa pemain naturalisasi pada diri Stefano Lilipaly di Piala AFF 2016 lalu. Lilipaly pun mencetak dua gol ketika melawan Singapura dan Vietnam.

Kemudian Lilipaly kembali dipercaya membela Timnas Indonesia di Piala AFF 2018 mendatang. Lilipaly saat ini tengah  menjalani pemusatan latihan bersama skuat asuhan Bima Sakti.

8. Beto Goncalves (2018)

Selebrasi striker Timnas Indonesia, Beto Goncalves usai membobol gawang Hongkong.

Terakhir adalah Beto Goncalves yang siap melakoni debut perdana bersama Timnas Indonesia di Piala AFF 2018, tepatnya pada 2018. Jika tampil nanti pemain kelahiran Brasil ini akan mencatatkan sejarah.

Terus Ikuti Update Sepak Bola Seputar Timnas Indonesia dan Berita Olahraga Lainnya Hanya di INDOSPORT.COM.

Cristian GonzalesRaphael MaitimoVictor IgbonefoPiala AFF 2016Timnas SeniorAlberto GoncalvesSergio van DijkStefano LilipalyNaturalisasiTim Nasional IndonesiaBeto GoncalvesTimnas IndonesiaPiala AFFBola InternasionalPiala AFF 2010Tonnie CusellJhonny van BeukeringPiala AFF 2018TRIVIA

Berita Terkini