x

Starting XI Bintang Liga 1 yang Tersisihkan dari Timnas Indonesia untuk Piala AFF 2018

Jumat, 2 November 2018 10:08 WIB
Editor: Abdurrahman Ranala

INDOSPORT.COM - Bima Sakti sudah memanggil 23 nama pemain untuk Piala AFF 2018. Namun sejumlah bintang Liga 1 ini tak ada dalam daftar. 

Kompetisi sepak bola antar negara ASEAN, Piala AFF 2018, akan segera dimulai pada bulan November ini. Sejumlah negara peserta pun sudah melakukan berbagai persiapan termasuk pemanggilan pemain. 

Begitu juga dengan Timnas Indonesia yang sudah memanggil 23 pemain untuk membela skuat Garuda di Piala AFF 2018. Dari 23 pemain itu ada sejumlah nama langganan Timnas seperti Andritany Ardhiyasa, Hansamu Yama, dan Febri Hariyadi. 

Nama-nama baru yang sebelumnya belum merasakan kompetisi resmi adalah Dedik Setiawan dan Riko Simanjuntak. 

Baca Juga

Pemanggilan 23 pemain oleh Bima Sakti ini sempat menuai kontroversi, salah satu kontroversinya adalah tidak ada pemain asal Papua maupun Persipura Jayapura. Selain itu, banyak pemain-pemain di luar negeri dan di Liga 1 yang tampil apik, namun tak dipanggil. 

Khusus untuk Liga 1, INDOSPORT telah merangkum 11 pemain yang tersisihkan dari Timnas Indonesia untuk Piala AFF 2018. 


1. Kiper dan Bek

Manahati Lestusen Latihan Timnas Indonesia.

Kiper: Wawan Hendrawan

Penjaga gawang Bali United ini adalah kiper dengan jumlah penyelamatan terbanyak di Liga 1 2018. Wawan sudah melakukan 63 penyelamatan, melebihi kiper-kiper lain, bahkan tiga kiper yang dipanggil ke Timnas. 

Bek: 

Ardi Idrus

Ardi Idrus yang bermain untuk Persib Bandung merupakan bek dengan jumlah tekel terbanyak di Liga 1. Ardi sudah melakukan 51 tekal sejauh ini. 

Hamka Hamzah

Hamka Hamzah yang kini membela Arema FC tak diragukan lagi adalah salah satu bek terbaik di Liga 1. Tak hanya piawai dalam bertahan, Hamka juga kerap mencetak gol. 

Baca Juga

Manahati Lestusen

Manahati Lestusen sejatinya sudah menjadi langganan Timnas U-23 dan Senior sebelum Luis Milla datang. Namun Mahanati mulai terpinggirkan di era Luis Milla meski mampu tampil apik di Liga 1. 

Diego Michiels

Diego Michiels nasibnya juga tak jauh berbeda dengan Manahati di Timnas. Di era Alfred Riedl sering menjadi pilihan, namun sudah jarang dipanggil di era Luis Milla meski memberikan penampilan yang kontestan di Liga 1. 


2. Gelandang

Sandi Sute tengah melakukan duel udara dengan pemain Barito Putera.

Ghozali Siregar

Ghozali Siregar menjadi salah satu bagian penting Persib Bandung di Liga 1 2018. 2 gol dan 4 assistnya membawa Persib sempat memuncaki klasemen. 

Sandi Sute

Sandi Sute memainkan peran sebagai gelandang bertahan dengan apik di Persija Jakarta. Kemampuan Sandi sebagai pemutus serangan lawan sebenarnya dibutuhkan oleh Timnas Indonesia. 

Novri Setiawan

Bisa mencetak gol, pandai memberikan umpan, dan bisa bermain di berbagai posisi bersama Persija Jakarta. Catatan apik itu seharunya bisa membawa Novri ke Timnas. 


3. Penyerang

Esteban Vizcarra, dipanggil Timnas Indonesia.

Greg Nwokolo

Greg Nwokolo memiliki catatan bagus di Liga 1 2018 dengan 3 gol, 2 assists, serta akurasi umpan silang yang tinggi. Namun Greg tak mampu merebut satu tempat di Timnas Senior. 

Samsul Arif

Samsul Arif sudah mencetak 10 gol dan memberikan 4 assists di Liga 1 2018. Jumlah gol dan assists itu bahkan lebih banyak daripada Beto Goncalves yang dipanggil ke Timnas. 

Baca Juga

Ezteban Vizcarra

Dipanggilnya Beto ke Timnas ternyata tak dibarengi dengan pemanggilan Ezteban Vizcarra. Padahal, adanya Vizcarra bisa menambah tajam Beto dan juga lini depan Timnas Indonesia di Piala AFF 2018 mendatang. 

Ikuti Terus Berita Timnas Indonesia dan Sepak Bola Indonesia Lainnya Hanya di INDOSPORT.COM 

Hamka HamzahDiego MichielsSamsul ArifGreg NwokoloNovri SetiawanManahati LestusenTimnas IndonesiaEsteban VizcarraPiala AFFLiga IndonesiaSandi Darma SutePiala AFF 2018Ghozali SiregarWawan HendrawanArdi Idrus

Berita Terkini