x

3 Perbandingan Saddil Ramdani dan Andik Vermansah, Siapa Terbaik?

Minggu, 4 November 2018 18:02 WIB
Penulis: Luqman Nurhadi Arunanta | Editor: Arum Kusuma Dewi

INDOSPORT.COMSaddil Ramdani dicoret dari Timnas Indonesia dan digantikan oleh Andik Vermansah jelang turnamen sepak bola Piala AFF 2018 pada 8 November mendatang.

Saddil Ramdani terdepak dari skuat pelatih Bima Sakti karena alasan indisipliner. Ia juga tengah terlibat kasus pribadi dengan mantan pacarnya.

Bima Sakti langsung bergerak cepat dengan memanggil Andik Vermansah. Eks pemain Selangor FA itu sebelumnya pernah membela Timnas Indonesia saat beruji coba melawan Hong Kong.

Baca Juga

Andik Vermansah bukanlah nama baru di skuat Timnas Sepak Bola Indonesia terlebih di turnamen sekelas Piala AFF. Ia sebelumnya tampil di Piala AFF 2016 dan membawa skuat Garuda lolos hingga final.

Meskipun begitu, publik sempat menyayangkan pencoretan Saddil Ramdani dari Timnas Indonesia. Pemain klub sepak bola Persela Lamongan ini merupakan salah satu talenta muda berbakat yang dimiliki oleh Merah Putih saat ini.

Saddil Ramdani dan Andik Vermansah lantas dibanding-bandingkan dari segala macam aspek. Kira-kira siapa di antara keduanya yang terbaik?

Berikut INDOSPORT.com menyajikan 3 perbandingan Saddil Ramdani dan Andik Vermansah.


1. Siapa Lebih Berpengalaman?

Skuat Timnas Indonesia U-19 merayakan gol yang dicetak oleh Saddil Ramdani.

Saddil Ramdani sejak tahun lalu telah mengikuti banyak turnamen bagi Timnas Indonesia di sejumlah kelompok umur. Tercatat ada 6 turnamen yang telah Saddil Ramdani ikuti dari 2017 hingga 2018.

Pada tahun 2017, Saddil Ramdani turut serta dalam Piala AFF U-19, SEA Games 2017, dan kualifikasi Piala Asia U-19, sementara di tahun 2018 ia mengikuti Piala AFF U-19, Asian Games 2018, dan Piala Asia U-19.

Bisa dikatakan, Saddil Ramdani memiliki portofolio yang lengkap di turnamen sepak bola tingkat Asia meski belum pernah tampil di Piala AFF level senior.

Baca Juga

Sementara itu, Andik Vermansah sudah teruji di beberapa edisi Piala AFF bahkan sejak 2012. Pada Piala AFF 2016, ia bahkan sukses menyabet penghargaan gol terbaik saat mencetak gol indah lewat tembakan first time ke gawang Singapura dan membuat Timnas Indonesia melaju ke semifinal.

Di level kelompok umur, nama Andik Vermansah mencuat saat masuk skuat Timnas Indonesia U-23 di SEA Games 2011. Ia kala itu masih berusia 19 tahun dan turut membawa pasukan Rahmad Darmawan meraih perak.


2. Kemampuan Individu

Wasit Faurul Rosy saat memimpin laga Indonesia vs LA Galaxy,

Saddil Ramdani merupakan salah satu pemain yang komplet. Ia memiliki kemampuan individu dalam hal kecepatan dan tendangan bebas.

Kedua kemampuan itu Saddil Ramdani buktikan saat Piala Asia U-19 2018 lalu. Ia berhasil menciptakan gol tendangan bebas ke gawang Qatar dengan kaki kirinya.

Dalam hal kecepatan, Saddil Ramdani bahkan mendapatkan pujian dari media berita olahraga asing. Sementara itu, Andik Vermansah tidak kalah berkelas dalam hal kemampuan individu.

Baca Juga

Saat pertandingan uji coba melawan LA Galaxy, David Beckham bahkan harus susah payah untuk menghalangi Andik Vermansah. Ia merupakan salah satu gelandang Indonesia yang memiliki kecepatan dengan diimbangi akurasi umpan yang matang.

Selain matang secara usia, permainan Andik Vermansah telah teruji di Liga Malaysia bersama Selangor FA dan Kedah FA. Ia kini berstatus tanpa klub untuk kompetisi musim depan.


3. Harga dan Kualitas

Andik Vermansah dengan kostum Selangor FA.

Dari segi harga, menurut situs Transfermarkt di luar dugaan nilai Saddil Ramdani lebih mahal dari Andik Vermansah. Saddil Ramdani memiliki harga kurang lebih 150.000 euro (Rp2,4 miliar), sementara Andik Vermansah 125.000 euro (Rp2 miliar).

Akan tetapi, harga Andik Vermansah tersebut terakhir diperbarui pada 21 Maret 2017. Harga pemain tersebut kini pasti jauh lebih melambung setahun berselang.

Baca Juga

Dari segi prestasi, Andik Vermansah lebih mentereng di level klub dengan pernah membawa Selangor FA juara Piala Malaysia pada tahun 2015. Sementara itu, Saddil Ramdani belum memiliki prestasi di level klub.

Ikuti Terus dan Berita Sepak Bola Indonesia dan Berita Olahraga Lainnya di INDOSPORT.COM

Andik VermansahTimnas IndonesiaBola InternasionalSaddil Ramdani

Berita Terkini