x

3 Pemain yang Layak Jadi Kapten Timnas Indonesia di Piala AFF 2018

Selasa, 6 November 2018 14:02 WIB
Editor: Matheus Elmerio Giovanni
Tiga pemain yang layak jadi kapten Timnas Indonesia di Piala AFF 2018.

INDOSPORT.COM - Jadwal pertandingan Piala AFF 2018 antara Singapura vs Timnas Indonesia akan menjadi partai pembuka di Grup B, Jumat (09/11/18) nanti.

Laga menghadapi Singapura ini tentu harus dimaksimalkan oleh Timnas Indonesia di Grup B Piala AFF 2018. Pasalnya, kita tergabung bersama negara-negara kuat seperti Thailand dan Filipina.

Dengan pelatih anyar Bima Sakti yang menggantikan Luis Milla, tentu laga vs Singapura nanti ditargetkan tiga poin. Namun, untuk mendapatkan tiga poin tentu semua taktik harus dijalankan dengan benar.

Baca Juga

Berharap taktik dapat dijalankan oleh semua 11 pemain yang diturunkan ke lapangan, tentu Bima Sakti membutuhkan sosok seorang kapten yang dapat memandu rekan-rekan setimnya.

Sejauh ini, INDOSPORT pun mencoba menganalisa siapa yang layak menjabat sebagai kapten Timnas Indonesia di Piala AFF 2018 ini. Berikut 3 pemain yang memiliki jiwa kepemimpinan dan karisma sebagai seorang kapten.


1. Bayu Pradana

Gelandang Timnas, Bayu Pradana.

Bayu Pradana, merupakan gelandang bertahan yang dimiliki oleh Mitra Kukar dan posisinya jelas tidak tergantikan di lini tengah Timnas Indonesia senior.

Bayu pertama kali dipanggil oleh Timnas Indonesia saat kepelatihan Alfred Riedl pada 2016 lalu usai sanksi PSSI dicabut oleh FIFA. Sejak saat itu, hingga era Luis Milla, Bayu menjadi pemain yang diandalkan Timnas senior.

Bagaimana tidak, dari 19 pertandingan yang dimainkan oleh Timnas Indonesia usai pencabutan sanksi FIFA, Bayu tampil di 16 pertandingan.

Perannya dalam menjaga pertahanan dan menyambungkan serangan membuatnya layak menjadi kapten di Piala AFF 2018 ini.


2. Hansamu Yama

Hansamu Yama Pranata pemain timnas.

Hansamu Yama, sosok bek tengah yang sangat ganas di jantung pertahanan Timnas Indonesia dalam beberapa tahun terakhir. Dia punya mental baja.

Hal ini terbukti saat dia mendapat ribuan cacian dari netizen usai dirinya disebut-sebut membuat Irfan Bachdim cedera jelang Piala AFF 2016 lalu.

Konsistensi dan ketenangan yang ditunjukkan Hansamu Yama membuatnya layak menjabat sebagai kapten Timnas Indonesia di Piala AFF 2018. Bahkan, dia sudah pernah melakukan peran ini saat laga uji coba kontra Guyana pada November 2017 lalu.


3. Andritany Ardhiyasa

Andritany Ardhiyasa kiper Timnas Indonesia

Yang terakhir, adalah kiper berpengalaman yang sudah lama menjadi andalan di Timnas Indonesia dan juga klubnya, Persija Jakarta. Bahkan Andritany menyabet penghargaan kiper dengan kebobolan paling sedikit di Liga 1 musim lalu.

Penampilannya di sepak bola Indonesia tidak perlu diragukan lagi. Meski usianya baru menginjak 26 tahun, Andritany merupakan kiper yang sangat berpengalaman untuk Indonesia.

Baca Juga

Memiliki seorang kapten di posisi kiper memang jarang terlihat di sepak bola Indonesia. Namun, ada beberapa keunggulan, khususnya di pertahanan jika sebuah tim memiliki seorang kiper yang juga menjabat kapten.

Terus Ikuti Update Timnas Indonesia dan Berita Piala AFF 2018 Lainnya di INDOSPORT.COM

Barito PuteraPersija JakartaMitra KukarSingapuraHansamu Yama PranataTimnas IndonesiaAndritany ArdhiyasaBayu PradanaPiala AFFBola InternasionalPiala AFF 2018

Berita Terkini