x

Hitung-hitungan Peluang PSMS Medan Lolos Degradasi Liga 1 2018, Bisa?

Selasa, 6 November 2018 09:49 WIB
Editor: Matheus Elmerio Giovanni

INDOSPORT.COM - Posisi PSMS Medan di klasemen sementara Liga 1 2018 -kasta tertinggi sepak bola Indonesia- hingga pekan ke-29 semakin terancam untuk degradasi ke Liga 2 musim depan. Tim asal Medan itu berada di dasar klasemen saat ini.

Pada pekan ke-29 kemarin, Kemenangan PSMS Medan vs Borneo FC tentu saja menjadi tiga poin yang sangat penting. Pasalnya, dengan tiga poin tersebut, mereka terus menempel PS TIRA dengan selisih hanya 2 poin saja.

Dalam laga kontra Borneo FC tersebut, penampilan PSMS Medan memang belum begitu solid. Mereka bahkan tertinggal dua kali sebelum Shohei Matsunaga menyamakan kedudukan di menit ke-77. 

Baca Juga

Beruntung gol bunuh diri Mahadirga Lasut pada menit ke-80 berujung kemenangan 3-2 untuk skuat Ayam Kinantan atas Borneo FC pada pekan ke-29. 

Tiga poin ini juga nampaknya akan menjadi pelecut semangat saat pekan ke-30 nanti, menghadapi Persib Bandung di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Bali, Jumat (09/11/18) besok.

Saat ini, PSMS memang menjadi juru kunci, terperosok di dasar klasemen sementara Liga 1 2018. Mereka harus bersaing setidaknya dengan Mitra Kukar, Sriwijaya FC, Perseru Serui dan PS TIRA untuk lolos dari degradasi.

Lantas, bagaimana skenario untuk PSMS bertahan di Liga 1 2018? Berikut hitung-hitungannya, agar PSMS dan para pendukungnya tetap punya harapan musim ini.


1. 1. PSMS Medan vs PS TIRA

PSMS Medan vs PS Tira (Prediksi)

PSMS Medan vs PS TIRA menjadi laga tunda di pekan ke-25 yang akan dimainkan pada Rabu (14/11/18) minggu depan. Laga ini setelah Persib Bandung vs PSMS Medan dimainkan Jumat nanti.

Menang atas PS TIRA tentu tidak kalah penting dari laga vs Persib Bandung Jumat mendatang. Pasalnya, tim yang ada di atas PSMS saat ini adalah PS TIRA.

PSMS punya peluang besar untuk bertahan di Liga 1 jika mereka mampu meraih kemenangan atas PS TIRA. Hal ini berlaku, jika PS TIRA sebelumnya kalah dari Persija Jakarta pada Sabtu (10/11/18) mendatang dan PSMS tidak kalah vs Persib.

PSMS akan mendapatkan tambahan tiga poin yang berguna menggeser PS TIRA dan naik setidaknya satu peringkat di klasemen sementara (terlepas dari hasil laga Arema FC vs Perseru Serui).


2. 2. Dua Pertandingan Kandang Tersisa

Para pemain PSMS Medan merayakan gol.

Sebelum mengincar kemenangan atas PS TIRA, Persib Bandung akan menjadi ujian berat bagi PSMS Medan. Seperti yang disebutkan di atas, PSMS tidak boleh kalah dari Persib.

Hasil terburuk yang harus didapatkan Ayam Kinantan saat laga vs Persib Bandung adalah satu poin yaitu imbang. Jika imbang dan menang atas PS TIRA, PSMS mendapat tambahan empat poin dan mengoleksi 34 poin.

Dengan 34 poin dan menyisakan empat pertandingan lagi, harapan PSMS bertahan di Liga 1 2018 semakin besar. Empat pertandingan sisa, dua kandang dan dua tandang, harus bisa dimaksimalkan oleh PSMS Medan.

Dua pertandingan kandang tersebut adalah menghadapi Madura United dan Persebaya Surabaya. PSMS tidak boleh kalah dan harus bisa mendapat minimal sekali menang dan sekali imbang.

Jika dua pertandingan kandang ini sesuai harapan, 34 poin tadi akan bertambah menjadi 38 poin. Belum lagi, jika PSMS menghadirkan kejutan dalam dua pertandingan tandang menghadapi Persipura Jayapura dan PSM Makassar.


3. 3. Tergantung Tim Lain

Aksi kapten Mitra Kukar, Saepuloh Maulana (kanan) menghalau bola dari serangan pemain PS TNI.

Namun, syarat lain untuk PSMS Medan lolos dari ancaman degradasi adalah hasil yang didapatkan oleh tim-tim lain yang ada di atas mereka. Sebut saja Sriwijaya FC, Mitra Kukar, Perseru Serui dan PS TIRA.

Tiga di antaranya kecuali PS TIRA, sudah memainkan semua pertandingan mereka (tidak ada laga tunda) seperti PSMS Medan.

Ini bisa menjadi kelebihan PSMS untuk dapat menyalip ketiga tim tersebut, merujuk pada hasil yang akan didapat saat vs PS TIRA.

Sriwijaya FC, PS TIRA, Mitra Kukar pun masih akan saling bertemu dalam lima laga terakhir Liga 1 2018. Kondisi ini bisa menguntungkan untuk PSMS Medan.

Pasalnya salah satu dari tiga tim di atas, tentu akan ada yang kehilangan poin dan tim asuhan Peter Butler bisa terus menempel bahkan menyalip mereka.

Baca Juga

Jika semua skenario yang dijelaskan di artikel ini kejadian, PSMS mengumpulkan 38 poin atau lebih, mereka dapat lolos degradasi dengan setidaknya berada di posisi ke-15 klasemen akhir Liga 1 2018.

Terus Ikuti Update Liga 1 2018 dan Berita Sepak Bola Indonesia Lainnya di INDOSPORT.COM

Perseru SeruiMitra KukarSriwijaya FCPSMS MedanLiga IndonesiaLiga 1PS TIRA

Berita Terkini