x

3 Fakta Mencengangkan Fandi Ahmad, Pelatih Singapura yang Siap Hancurkan Timnas Indonesia

Rabu, 7 November 2018 11:26 WIB
Penulis: Petrus Tomy Wijanarko | Editor: Arum Kusuma Dewi
Fandi Ahmad besut Timnas Singapura di Piala AFF 2018.

INDOSPORT. COM - Semarak masyarakat tanah air terhadap kiprah Timnas Indonesia di kancah internasional tak kunjung berhenti. Setelah Piala Asia U-19 2018 berakhir, dalam waktu dekat Timnas Indonesia akan kembali berlaga di gelaran kompetisi sepak bola Piala AFF 2018.

Gelaran Piala AFF 2018 akan resmi mulai dilangsungkan pada 8 November mendatang. Timnas Indonesia sendiri baru memainkan pertandingan perdananya sehari setelahnya.

Dalam gelaran Piala AFF 2018, Timnas Indonesia tergabung di Grup B bersama empat negara lainnya, yakni, Thailand, Singapura, Filipina, dan Timor Leste. Pada laga perdana, Timnas Indonesia akan bertanding melawan Singapura di Stadion Nasional Singapura.

Baca Juga

Khusus membahas pertandingan melawan Singapura, tak ada salahnya bila menilik jauh tentang sosok Fandi Ahmad. Pria berusia 56 tahun tersebut diketahui merupakan pelatih sepak bola Singapura untuk gelaran Piala AFF 2018 nanti.

Demi bisa membahasnya secara lebih jauh, INDOSPORT mencoba merangkum beberapa fakta mencengangkan tentang sosok Fandi Ahmad. Berikut ulasannya untuk Anda.


1. Legenda Sepak Bola Singapura

Mantan bintang Timnas Singapura, Fandi Ahmad.

Fandi Ahmad, jadi pria yang akan memimpin skuat Singapura dalam gelaran Piala AFF 2018 nanti. Ia pun juga bakal bersikutan langsung dengan Timnas Indonesia dalam laga perdananya 9 November mendatang.

Sosok Fandi Ahmad sendiri memang sangat dihargai oleh pecinta sepak bola Singapura. Ia diketahui merupakan legenda hidup Singapura yang telah banyak memberikan prestasi bagi negaranya dari arena lapangan hijau.

Baca Juga

Dahulu, semasa masih aktif bermain, Fandi Ahmad terkenal sebagai penyerang yang haus gol. Ia pun total telah menyumbangkan total 50 gol dari 100 kali penampilannya bersama Singapura dalam periode 1978 sampai 1997.


2. Tidak Asing dengan Sepak Bola Indonesia

Fandi Ahmad saat memperkuat NIAC Mitra melawan Arsenal.

Fandi Ahmad memang akan bersikutan langsung dengan Timnas Indonesia pada gelaran Piala AFF 2018 mendatang. Tapi, dalam karier sepak bolanya dahulu, Fandi Ahmad ternyata memiliki kedekatan dengan arena lapangan hijau Indonesia.

Ya, kisah itu terjadi pada tahun 1982 sampai 1983 silam. Kala itu, Fandi Ahmad diketahui merumput bersama klub Indonesia, yakni Niac Mitra (saat ini bernama Mitra Kukar).

Baca Juga

Tak hanya sebagai pemain, saat sudah pensiun dan menjalani karier kepelatihan, Fandi Ahmad juga akrab dengan sepak bola Indonesia. Ia diketahui pernah melatih klub Pelita Jaya pada tahun 2007 silam.


3. Mengandalkan Anaknya Sendiri

Irfan Fandi (kiri) dan Ikhsan bersama sang ayah, Fandi Ahmad.

Fandi Ahmad telah memilih 23 nama pemain yang akan membela Singapura untuk gelaran Piala AFF 2018. Namun, ada satu hal yang menarik terkait susunan skuat Singapura ala Fandi Ahmad tadi.

Ya, Fandi Ahmad diketahui mengandalkan anaknya sendiri ke dalam skuat Singapura. Bukan cuma satu, tapi ada dua anak Fandi Ahmad yang dipercaya berlaga di Piala AFF 2018.

Baca Juga

Dua pemain yang dimaksudkan itu ialah Irfan Fandi dan Ikhsan Fandi. Keduanya memang merupakan anak dari Fandi Ahmad, dan memiliki kualitas apik sehingga dimasukkan sang ayah ke dalam skuat Singapura.

Terus Ikuti Berita Sepak Bola Piala AFF 2018 dan Berita Olahraga Lainnya di INDOSPORT