x

Peta Kekuatan Lawan Timnas Indonesia di Piala AFF 2018: Thailand, Tim Timpang yang Tetap Menakutkan

Rabu, 7 November 2018 10:42 WIB
Penulis: Petrus Tomy Wijanarko | Editor: Arum Kusuma Dewi
Timnas Thailand.

INDOSPORT. COM - Turnamen sepak bola kawasan Asia Tenggara, Piala AFF 2018, tinggal hitungan hari saja akan mulai berlangsung. Thailand, bakal jadi salah satu calon lawan Timnas Indonesia dalam gelaran Piala AFF 2018 tersebut.

Ya, gelaran Piala AFF 2018 akan resmi mulai bergulir pada 8 November mendatang. Timnas Indonesia sendiri berada di Grup B bersama Thailand, Filipina, Singapura, dan Timor Leste.

Nama pertama di dalam grup tadi, jadi salah satu kekuatan kuat yang harus sangat diwaspadai Timnas Indonesia. Bagaimana tidak, Thailand, 'raja' sepak bola Asia Tenggara ini datang ke gelaran Piala AFF 2018 dengan status juara bertahan.

Baca Juga

Khususnya saat berhadapan dengan Timnas Indonesia pada 17 November mendatang. Bermain di kandang sendiri, Thailand diyakini akan lebih kuat dengan para pemain berkualitasnya.

Secara lebih lanjut, INDOSPORT akan membahas serta mengulas tuntas terkait peta kekuatan Thailand di gelaran Piala AFF 2018 ini. Berikut ulasannya untuk Anda.


1. Kiprah di Piala AFF

Timnas Thailand juara Piala AFF 2016

Reputasi Thailand di gelaran Piala AFF ataupun saat dahulu masih bernama Piala Tiger, memang tak perlu diragukan lagi. Saking hebatnya, Thailand bahkan dijuluki sebagai rajanya Asia Tenggara.

Sejak gelaran Piala AFF pertama kali dilangsungkan pada 1996 silam, Thailand sudah mampu menuai prestasi besar. Buktinya, pada gelaran perdana, Thailand langsung mampu mengakhiri kompetisi sepak bola ini dengan gelar juara.

Prestasi Thailand di gelaran Piala AFF tak berhenti sampai di situ saja. Pada gelaran edisi tahun 2000, 2002, 2014, hingga yang terakhir 2016, berhasil dilalui Thailand juga dengan status juara.

Baca Juga

Tak heran bila Thailand menjadi negara yang begitu diunggulkan dalam gelaran kali ini. Kita lihat saja, apakah ketangguhan Thailand sebagai raja sepak bola Asia Tenggara bisa tetap kokoh di gelaran Piala AFF 2018?


2. Pemain Kunci

Pemain Timnas Thailand di Piala AFF 2018, Tanaboon Kesarat.

Beruntung bagi negara lain, namun sial untuk Thailand. Ya, Thailand tidak akan tampil di gelaran Piala AFF 2018 dengan para pemain terbaiknya.

Thailand kehilangan pemain-pemain andalannya yang berlaga di kompetisi. Mereka tak mendapat izin klub, lantaran gelaran Piala AFF berada di luar kalender FIFA.

Baca Juga

Alhasil, Thailand hanya mengandalkan pemain-pemain yang berlaga di kompetisi domestik saja. Meski demikian, kekuatan skuat asuhan Milovan Rajevac tetap tak bisa dipandang sebelah mata.

Kalau melihat sosok pemain kunci, Thailand mungkin akan sangat mengandalkan kiper mereka, Siwarak Tedsungnoen. Situs resmi AFF bahkan telah memprediksi peran Siwarak yang akan sangat krusial bagi Thailand di gelaran Piala AFF 2018.

Penjaga gawang Timnas Thailand di Piala AFF 2018, Siwarak Tedsungnoen.

"Di usianya yang sudah menginjak 34 tahun, Siwarak Tedsungnoen akan menjadi pemain paling berpengalaman, dan dia diharapkan bisa membawa kesuksesan bagi Thailand," tulisan tentang Siwarak di situs resmi AFF.

Selain nama tadi, ada pula sosok Tanaboon Kesarat yang bisa menjadi andalan. Jelas saja, Tanaboon punya reputasi apik, lantaran berperan dalam keberhasilan Thailand menjuarai gelaran Piala AFF tahun 2014 dan 2016.


3. Prediksi Thailand di Piala AFF 2018

Pelatih Timnas Thailand, Milovan Rajevac.

Thailand memang tidak akan turun berlaga di Piala AFF 2018 dengan skuat terbaiknya. Pemain-pemain top Thailand yang berkompetisi di luar negeri, tak bisa berlaga lantaran tidak mendapat izin oleh klubnya masing-masing.

Meski demikian, kekuatan Thailand dalam gelaran Piala AFF 2018 ini tetap tak bisa dipandang sebelah mata. Apalagi, Thailand dilatih oleh Milovan Rajevac, pria yang berpengalaman membawa Timas Ghana melenggang ke perempatfinal Piala Dunia 2010.

Maka dari itu, Thailand diprediksi akan mampu melangkah jauh dalam gelaran Piala AFF 2018. Pada fase grup, sial-sialnya Thailand bakal tetap lolos dengan status runner-up.

Baca Juga

Kalau untuk peluang juara, Thailand tentu masih memilikinya. Akan tetapi, oleh karena tampil bukan dengan skuat terbaiknya, Thailand bisa saja terjungkal di babak semifinal oleh tim-tim kuat dari Grup A.

Terus Ikuti Berita Sepak Bola Piala AFF 2018 di INDOSPORT