x

3 Duel Legendaris Persib Bandung vs PSMS Medan

Jumat, 9 November 2018 12:56 WIB
Editor: Prio Hari Kristanto
Gocekan dan tarian meliuk-liuk khas Adjat Sudradjat di Lapangan Hijau, tak mampu membawa timnya jadi juara sebelum masa kejayaan tahun 1986.

INDOSPORT.COM - Persib Bandung akan berhadapan dengan PSMS Medan dalam laga big match pekan ke-30 kompetisi sepak bola tertinggi tanah air, Liga 1 2018 di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Bali, Jumat (09/11/18). 

Baik Persib maupun PSMS sangat membutuhkan poin di laga ini demi mencapai targetnya masing-masing. 

Persib butuh kemenangan untuk menempel terus PSM Makassar di puncak klasemen. Sementara PSMS butuh poin demi keluar dari jurang degradasi.

Baca Juga

Laga Persib vs PSMS selalu istimewa karena pertandingan ini merupakan partai klasik sejak era perserikatan. 

Total, sudah tiga kali Persib dan PSMS bertemu di partai puncak kompetisi perserikatan di mana Persib belum pernah menang,

Menjelang duel kedua tim pada Jumat besok, tak ada salahnya kita flashback untuk mengenang tiga partai paling legendaris antara Persib vs PSMS


1. 1. Final Perserikatan Tahun 1983

Mega bintang Persib Bandung, Adjat Sudradjat (kanan) saat melawan PSMS Medan.

Perseteruan antara Persib dan PSMS pertama kali dimulai pada final kompetisi perserikatan 1983. Saat itu Persib baru kembali promosi ke Divisi Utama setelah terdegradasi ke Divisi 1 beberapa musim sebelumnya. 

Dalam laga yang digelar di Jakarta itu Persib harus kalah 2-3 melalui adu penalti setelah bermain tanpa gol di waktu normal. 


2. 2. Pertemuan Pertama di Kejurnas PSSI, Desember 1952

Logo PSMS Medan.

Laga legendaris berikutnya yang patut dikenang tentu saja adalah pertemuan pertama kedua tim. 

Persib dan PSMS pertama kali bertemu pada Kejurnas PSSI tertanggal 21 Desember 1952. Di laga tersebut Persib menang dengan skor 4-2. 

PSMS sendiri kala itu baru didirikan dua tahun sebelumnya atau tepatnya pada 1950.

Tahun berdirinya PSMS bertepatan dengan dibentuknya pemerintahan resmi pertama di Sumatera Utara yang beribukota di Medan. 

Gubernur Sumatera Utara yang pertama adalah Abdul Hakim Harahap dan Wali Kota Medan pertama Alimoeda Siregar.


3. 3. Final Perserikatan Tahun 1985

Tangis haru bercampur suka cita Musimin Sidik, pencetak dua gol ke gawang Persib Bandung di final tahun 1985.

Mungkin pertemuan paling legendaris dan paling bersejarah di antara kedua tim ini adalah pada final Perserikatan tahun 1985. 

Partai tersebut memecahkan rekor penonton terbanyak dalam sejarah sepak bola Indonesia. Partai itu juga dicatat AFC sebagai rekor penonton terbanyak dalam sepak bola amatir (perserikatan kala itu masih amatir) dengan jumlah 150 ribu penonton. 

Selain jumlah penonton yang sangat banyak, laga itu juga berjalan seru lantaran terjadi kejar mengejar gol hingga akhirnya ditentukan dengan adu penalti.

Baca Juga

Kala itu PSMS menang untuk kedua kalinya secara beruntun di final Perserikatan atas Persib dengan skor 3-2 (adu penalti) setelah sebelumnya bermain imbang 2-2 di waktu normal. 

Terus Ikuti Berita Sepak Bola Liga Indonesia Lainnya Hanya di INDOSPORT.COM.

Persib BandungPSMS MedanLiga IndonesiaLiga 1

Berita Terkini