☰
x

4 Kenangan Buruk Timnas Indonesia di Stadion Nasional Singapura

Jumat, 9 November 2018 13:13 WIB
Penulis: Tiyo Bayu Nugroho | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
Singapore National Stadium.

INDOSPORT.COM - Sesuai jadwal, Timnas sepak bola Indonesia akan menjalani pertandingan pertama di Grup B Piala AFF 2018 melawan Timnas Singapura, Jumat (08/11/18), pukul 19.00 WIB. Laga ini akan menentukan start bagi Timnas Indonesia.

Demi bisa menesuaikan kondisi cuaca di Singapura, Timnas sepak bola Indonesia telah tiba sejak Rabu (07/11/18) lalu. Diharapkan para pemain Timnas Indonesia bisa segera menyesuaikan diri.

Baca Juga

Memulai kompetisi Piala AFF 2018 dengan bermain tandang, tentu  beban yang dimiliki Timnas Indonesia akan sangat berat. Sebab mereka tak didukung penuh oleh suporter fanatik masyarakat Indonesia.

Sehingga bagaimana pun caranya Timnas Indonesia harus memetik poin penuh agar bisa mengamankan diri untuk lolos ke babak semifinal Piala AFF 2018. Pemain yang dibawa pun merupakan kombinasi senior dan junior.

Meski begitu, Timnas Indonesia memiliki catatan minor ketika bertandang ke Stadion Nasional Singapura. Oleh karenanya INDOSPORT coba merangkum kenangan buruk tersebut dari berbagai sumber.


1. Piala AFF 1996

Singapore National Stadium.

Kenangan buruk Timnas Indonesia di Stadion Nasional, Kallang, Singapura pernah dirasakan saat berlaga di Piala AFF 1996 lalu. Momen tak mengenakan ini terjadi di babak semifinal.

Timnas Indonesia di babak grup bisa tampil trengginas menghadapi lawan-lawannya, seperti Laos (5-1), Kamboja (3-0), Myanmar (6-1), dan Vietnam (1-1). Namun semua itu berubah drastis di babak krusial ini.

Baca Juga

Berjumpa dengan Malaysia, Timnas Indonesia tiba-tiba lupa bagaimana caranya bermain brilian di Stadion Nasional, Kallang, Singapura. Karena Timnas Indonesia dipukul Malaysia dengan skor 1-3.

Kenangan menyakitkan ini tak hilang dalam sekejap. Sebab Timnas Indonesia masih bermain di stadion yang sama untuk memperebutkan posisi ketiga dengan melawan Vietnam. Apes Timnas Indonesia menelan kekalahan lagi dengan skor 2-3.


2. Piala AFF 2004

Malaysia vs Indonesia Piala AFF 2004.

Kemudian kenangan buruk Timnas Indonesia di Stadion Nasional, Kallang, Singapura terus berlanjut. Kali ini terjadi di kompetisi sepak bola babak semifinal Piala AFF 2004.

Insiden buruk menimpa Timnas Indonesia di leg pertama yang kalah 1-3 di Jakarta. Sehingga Timnas Indonesia wajib menang dengan skor 3-0 untuk bisa membaikan keadaan.

Baca Juga

Namun harapan tinggalah harapan, karena Timnas Indonesia kembali menelan kekalahan dari Singapura dengan skor 2-1. Hasil ini membuat Timnas Indonesia secara agregat kalah 3-4 dari Singapura dan memupuskan harapan untuk lolos ke final.


3. Piala AFF 2007

Logo Piala AFF 2018.

Lebih lanjut kenangan pahit Timnas Indonesia kala bermain di Stadion Nasional, Kallang, Singapura masih menghantui. Momen buruk ini kembali terjadi saat Piala AFF 2007 lalu.

Timnas Indonesia saat itu tergabung bersama Laos, Singapura, dan Vietnam. Melakoni tiga pertandingan di Stadion Nasional, Kallang, Singapura, Timnas Indonesia begitu apes, yakni satu kali menang dan dua hasil imbang.

Baca Juga

Torehan ini membuat skuat yang dipimpin oleh Peter White itu gagal lolos ke babak semifinal. Sebab Timnas Indonesia kalah selisih gol dari para rival dan harus pulang kampung lebih awal.


4. SEA Games 2015

Timnas U-23.

Kemudian bukan hanya Timnas Indonesia senior saja yang mengalami nasib sial ketika bertanding di Stadion Nasional, Kallang, Singapura, melainkan Timnas Indonesia U-23 juga sama.

Kejadian naas ini ditimpa oleh Timnas Indonesia U-23 ketika bermain di ajang multi-event SEA Games 2015 lalu. Momen kelam ini didapat saat bertanding melawan Thailand U-23 di babak semifinal.

Baca Juga

Timnas Indonesia U-23 harus menelan kekalahan telak sebanyak 5-0. Kemudian saat berjuang menempati posisi ketiga, Timnas Indonesia U-23 kembali kalah dari Vietnam U-23 dengan skor mencolok 5-0.

Terus Ikuti Update Timnas Indonesia dan Berita Sepak Bola Internasional Lainnya di INDOSPORT.COM

SEA GamesSEA Games 2015Timnas SeniorStadion Nasional SingapuraTimnas Indonesia U-23Timnas U-22Tim Nasional IndonesiaTimnas IndonesiaPiala AFFBola InternasionalPiala AFF 2018TRIVIA

Berita Terkini