x

5 Pemain Termahal di Piala AFF 2018, Ada dari Timnas Indonesia!

Sabtu, 10 November 2018 19:18 WIB
Penulis: Coro Mountana | Editor: Isman Fadil

INDOSPORT.COM - Ajang sepak bola paling bergengsi di Asia Tenggara, Piala AFF 2018 sudah memainkan pertandingan pertamanya. Timnas Indonesia sendiri mengawali ajang tersebut dengan hasil buruk usai takluk dari Singapura dengan skor 0-1.

Kekalahan tersebut membuat peluang Timnas Indonesia di Piala AFF 2018 semakin berat karena lawan selanjutnya adalah Thailand dan Filipina. Thailand adalah juara bertahan kompetisi dan telah menunjukan kekuatannya dengan membantai Timor Leste di laga perdana.

Baca Juga

Sementara itu Filipina saat ini telah menjadi salah satu kuda hitam terkuat karena mereka saat ini tengah ditangani oleh pelatih berpengalaman seperti Sven Goran Eriksson. Meski begitu, tetap saja Timnas Indonesia masih memiliki peluang untuk lolos andai mampu tampil baik dan mengalahkan Thailand dan Filipina.

Persaingan di Piala AFF 2018 kali ini memang sangat berat karena adanya banyak pemain yang memiliki reputasi bagus di Asia Tenggara. Reputasi bagus yang dimiliki oleh pemain-pemain itu tercermin dari kisaran harga si pemain itu sendiri, siapakah yang termahal?

Baca Juga

Berikut INDOSPORT.com rangkum dalam 5 pemain termahal di Piala AFF 2018 berdasarkan situs Transfermarkt.


1. Neil Etheridge

Neil Etheridge saat akan menghadapi Timnas Indonesia.

Tidak heran jika Neil Etheridge merupakan pemain termahal untuk Piala AFF 2018 saat ini karena ialah satu-satunya orang yang bisa bermain di Premier Legue Inggris bersama Cardiff City. Memang belum ada kepastian apakah Neil Etheridge akan bermain atau tidak karena kompetisi Premier Legue Inggris masih berjalan.

Akan tetapi penjaga gawang yang pernah dibobol oleh Cristian Gonzales itu untuk sementara masuk dalam skuat bayangan Filipina yang sedang dipersiapkan oleh Sven Goran Eriksson. Di Cardiff City sendiri, harga Neil Etheridge sendiri bernilai 3,5 juta euro atau jika dirupiahkan akan menjadi 582 miliar rupiah.

Baca Juga

Neil Etheridge sendiri telah bermain untuk Filipina dalam 61 pertandingan internasional. Sebenarnya Neil Etheridge juga tercatat pernah membela Inggris U-16, tetapi kecintaannya terhadap Filipina membuat ia memilih menanggalkan jersey Inggris.

Alvaro Silva

Alvaro Silva

Pemain termahal kedua di Piala AFF jatuh pada Alvaro Silva yang berposisi sebagai pemain belakang. Di klub asalnya yaitu Kedah yang berasal dari Malaysia, Alvaro dibanderol dengan harga 800 ribu euro atau setara dengan 13 milar rupiah.

Meski usianya sudah menginjak 34 tahun Alvaro Silva baru bermain sebanyak 4 kali bersama Filipina. Sebelum bergabung dengan Kedah, Alvaro banyak menghabiskan waktunya di Eropa dengan membela sejumlah klub ternama di Spanyol seperti Malaga.

Baca Juga

Bahkan prestasinya di Spanyol tidaklah jelek karena sempat membawa klubnya yang bernama Xerez menjadi juara di kasta kedua di Liga Spanyol atau yang biasa dikenal dengan Segunda Divison. Berbeda dengan Etheridge, tampaknya Alvaro bisa tampil karena kompetisi di Liga Malaysia sudah selesai (tidak seperti yang ada di Indonesia).


2. Daisuke Sato

Pemain Filipina yang merumput di Liga Rumania, Daisuke Sato.

Pemain yang berposisi sebagai bek kiri ini adalah pemain termahal ketiga di Piala AFF 2018 kali ini. Daisuke Sato yang saat ini membela klub Rumania, Sepsi, dibanderol dengan harga 550 ribu euro atau setara dengan 9 miliar rupiah.

Daisuke Sato adalah salah satu pemain masa depan Filipina karena baru berusia 24 tahun dan sanggup mendapatkan di tim inti di liga Rumania. Membela Filipina sejak 2014 yang lalu, Daisuke Sato telah mengemas 36 kali penampilan dengan catatan 3 gol.

Sama seperti Etheridge, jika klubnya di Rumania tidak memberi izin Daisuke Sato untuk membela Filipina, Daisuke akan absen di Piala AFF 2018. Meski begitu dirinya tetap dimasukan ke dalam skuat bayangan Filipina jelang Piala AFF.

Javier Patino

Javier Patino

Filipina tampaknya memang layak menjadi salah satu kandidat terkuat untuk meraih titel Piala AFF 2018. Selain dilatih oleh pelatih kelas dunia, terdapat empat pemain yang menjadi termahal di Piala AFF tahun ini.

3 nama sudah disebutkan tadi, sedangkan satu lagi adalah Javier Patino yang menjadi pemain termahal keempat di Piala AFF 2018 dengan banderol 500 ribu euro atau setara 8 miliar rupiah. Javier Patino adalah sosok penyerang alternatif jika Phil Younghusband mengalami kebuntuan.

Baca Juga

Meski begitu, Patino telah mencetak 6 gol yang membuat dirinya mungkin akan menjadi penyerang andalan pengganti Phil Younghusband. Terlebih kariernya saat ini sedang cemerlang karena membela salah satu klub kuat di Thailand, Buriram United.


3. Stefano Lilipaly

PSSI melelang jersey Stefano Lilipaly.

Daftar 5 pemain termahal di Piala AFF ditutup oleh gelandang andalan Timnas Indonesia, Stefano Lilipaly. Pemain yang lahir di Belanda itu menjadi pemain termahal kelima di ajang sepak bola, Piala AFF 2018.

Lilipaly dibanderol oleh klubnya Bali United dengan harga 450 ribu euro atau setara 7,4 miliar rupiah. Nominal itu juga menjadikannya yang termahal di antara pemain Timnas Indonesia yang lain di Piala AFF tahun ini.

Baca Juga

Sayangnya, di laga pertama tadi malam Lilipaly tidak mampu tampil seperti biasanya dan mengakibatkan Timnas Indonesia kalah dari Singapura. Akan tetapi Bima Sakti tetap berharap pada Lilipaly yang telah mengemas 2 gol saat mengenakan kostum merah putih untuk mengatur lini serang.

Terus Ikuti Perkembangan Sepak Bola Seputar Liga 1 dan Berita Olahraga Lainnya di INDOSPORT.COM