x

Jurgen Klopp Ikut Bertanggung Jawab atas Kekalahan Timnas Indonesia di Piala AFF 2018?

Sabtu, 10 November 2018 13:23 WIB
Penulis: Coro Mountana | Editor: Arum Kusuma Dewi
Jurgen Klopp Timnas Indonesia melawan Singapura

INDOSPORT.COM - Timnas Indonesia telah menyelesaikan pertandingan pertamanya di kompetisi sepak bola se-Asia Tenggara, Piala AFF 2018 dengan kekalahan tipis dari Singapura pada malam kemarin. Jika dilihat pertandingan tersebut dengan seksama, ada andil pelatih Liverpool, Jurgen Klopp dalam kekalahan memalukan Timnas Indonesia, apa itu?

Ciri khas Timnas Indonesia yang terbiasa dengan bermain umpan-umpan pendek di era Luis Milla tampak tidak terlihat. Timnas Indonesia justru kembali pada gaya permainan lama yaitu mengandalkan umpan-umpan lambung nan jauh.

Baca Juga

Memang kalau dianalisis alasan Timnas Indonesia bermain dengan umpan jauh bisa dikatakan gaya bermain yang diterapkan oleh Singapura. Pada laga yang dimainkan di National Stadium itu, terlihat Fandi Ahmad selaku pelatih Singapura meminta anak asuhnya untuk menekan pemain Timnas Indonesia sejak di daerah pertahanan.

Karena pressing yang ketat dari para pemain Singapura, para pemain belakang Timnas Indonesia tampak kerap terburu-buru melepaskan umpan-umpan jauh langsung ke daerah pertahanan Singapura. Padahal gaya bermain umpan jauh sebenarnya sejak lama sudah ditinggalkan oleh Timnas Indonesia karena tidak cocok dengan para pemain yang ada.


1. Timnas Indonesia Dikalahkan Jurgen Klopp

Putu Gede Saat Berksotum Timnas Indonesia

Sepintas gaya bermain seperti itu mirip dengan gegenpressing yang selama ini identik dengan nama Jurgen Klopp. Pelatih Liverpool itu mempopulerkan gaya menekan lawan secara ketat sejak di daerah pertahanan lawan sejak melatih Borussia Dortmund.

Tampaknya gaya menekan yang diterapkan oleh Fandi Ahmad diadopsi dari taktik gegenpressing ala Jurgen Klopp. Memang gaya bermain menekan lawan secara ketat sangat menyulitkan bagi tim seperti Timnas Indonesia yang mengandalkan umpan-umpan pendek yang dibangun dari lini belakang dan tengah.

Baca Juga

Tapi tetap saja itu tidak bisa dijadikan alasan untuk menerapkan gaya bermain dengan umpan jauh. Padahal di era Luis Milla, Indonesia tetap bermain dengan umpan pendek meski ditekan lawan dengan ketat seperti yang terjadi pada Asian Games kontra Uni Emirat Arab.

Pada akhirnya Timnas Indonesia dikalahkan oleh taktik yang dipopulerkan oleh Jurgen Klopp di Liverpool dan Borussia Dortmund. Meski kalah dari Singapura, Timnas Indonesia tetap berpeluang untuk lolos dari fase grup andai mampu sapu bersih di 3 laga sisa dengan kemenangan.

Terus Ikuti Perkembangan Sepak Bola Seputar Piala AFF 2018 dan Berita Olahraga Lainnya Hanya di INDOSPORT

LiverpoolJurgen KloppTimnas IndonesiaLuis MillaBola InternasionalPiala AFF 2018

Berita Terkini