x

Piala AFF: Dibanding 4 Rivalnya, Timnas Indonesia Jadi Skuat Paling ‘Kerdil’

Minggu, 11 November 2018 09:00 WIB
Penulis: Luqman Nurhadi Arunanta | Editor: Lanjar Wiratri

INDOSPORT.COM – Pertandingan pertama turnamen sepak bola Piala AFF 2018 telah berlangsung. Timnas sepak bola Indonesia harus takluk di laga pertama atas tuan rumah Singapura dengan skor 0-1, Jumat (09/11/18), di National Stadium, Kallang. Ternyata, ada fakta menarik mengenai Timnas Indonesia yang menjadi skuat 'paling kerdil'  dengan rata-rata tinggi badan pemain paling rendah.

Piala AFF 2018 merupakan panggung bagi para pemain Asia Tenggara untuk unjuk gigi. Mereka tidak hanya mengandalkan kemampuan, tetapi juga postur tubuh untuk menunjang penampilan.

Timnas Indonesia diperkuat para penggawa yang mayoritas ikut serta dalam Asian Games 2018. Selain dihuni pemain muda, skuat Garuda ternyata diperkuat pemain-pemain dengan tinggi badan mini.

Baca Juga

Ya, dari keempat rivalnya di Piala AFF 2018, Timnas Indonesia ternyata memiliki rata-rata tinggi badan paling rendah. Pemain paling pendek pada turnamen kali ini bahkan berasal dari Indonesia.

Siapakah tim dengan rata-rata tinggi badan terendah hingga tertinggi dari lima tim unggulan di Piala AFF 2018? Berikut INDOSPORT.com hadirkan perbandingan tinggi pemain lima tim besar peserta Piala AFF 2018 dilansir dari situs berita olahraga Fox Sport.


1. 1. Timnas Indonesia

Selebrasi Irfan Jaya setelah gol kedua untuk Indonesia vs Myanmar.

Timnas Indonesia memiliki rata-rata tinggi paling rendah di Piala AFF 2018. Rata-rata tinggi pemain Indonesia hanya 173,34 cm.

Gelandang asal klub Persebaya Surabaya, Irfan Jaya, menjadi pemain paling pendek dengan tinggi badan 162 cm.

Sementara itu, pemain tertinggi di skuat Timnas Indonesia ialah Hansamu Yama dengan tinggi badan 180 cm. Tingginya bahkan lebih besar dari rata-rata tinggi badan Timnas Indonesia.


2. Malaysia dan Vietnam

Hariss Harun.

2. Malaysia

Malaysia menyusul di peringkat kedua pemain dengan rata-rata tinggi badan terendah. Juara Piala AFF 2010 ini memiliki rata-rata tinggi badan 175,39 cm.

Rival serumpun Timnas Indonesia ini setidaknya punya enam pemain dengan tinggi badan lebih dari 180 cm. Gelandang Syamer Kutty Abba dan kipper Hafizul Hakim Khaiurl Nizam Jothy menjadi pemain tertinggi dengan tinggi badan 185 cm.

3. Vietnam

Vietnam merupakan salah satu tim dengan komposisi skuat paling muda di Piala AFF 2018. Selain itu, mereka juga punya pemain dengan rata-rata tinggi badan 176,34 cm.

Tiga pemain Vietnam mempunyai tinggi badan terendah yang berada di kisaran 168 cm. Kiper Vietnam keturunan Rusia, Dang Van Lam, merupakan sosok tertinggi layaknya menara dengan tinggi badan 188 cm.


3. Vietnam vs Thailand

Baihakki Khaizan, pemain Timnas Singapura di Piala AFF 2018.

4. Singapura

Singapura memiliki rata-rata tinggi badang tertinggi nomor dua di antara rival Timnas Indonesia. Di luar dugaan, anak asuh Fandi Ahmad memiliki rata-rata tinggi 177,82 cm.

Eks bek Persija Jakarta dan Persib Bandung, Baihakki Khaizan, menjadi pemain tertinggi dengan tinggi badan 189 cm. Sementara itu, pencetak gol Singapura ke gawang Timnas Indonesia, Hariss Harun, memiliki tinggi badan 178 cm.

Tinggi badan Hariss Harun bukanlah yang terpendek. Ia masih unggul dari Nazrul Nazari yang memiliki tinggi badan 165 cm.

Baca Juga

5. Thailand

Tidak hanya diberkahi permainan yang agresif, Thailand ternyata memiliki skuat dengan rata-rata tinggi badan pemain paling besar. Rata-rata tinggi badan pemaim mereka ialah 180.08 cm.

Thailand unggul jauh dari Singapura bahkan Timnas Indonesia bahkan dari segi rata-rata tinggi pemain. Pansa Hemviboon menjadi pemain tertinggi di Piala AFF 2018 dengan tinggi badan 191.

Dua kiper mereka hamper memiliki tinggi badan di atas 180 cm. Sementara itu, pemain terendah di Thailand ialah Nurul Sriiyankem dengan tinggi badan 165 cm.

Ikuti Terus Update Timnas Indonesia di Piala AFF 2018 dan Sepak Bola Indonesia di INDOSPORT.COM

MalaysiaThailandSingapuraTimnas IndonesiaBola InternasionalPiala AFF 2018Irfan Jaya

Berita Terkini