x

3 Hal Persija Akan 'Serahkan' Gelar Juara Liga 1 2018 ke PSM Makassar

Rabu, 14 November 2018 18:28 WIB
Penulis: Tiyo Bayu Nugroho | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
Pertandingan Persija Jakarta vs PSM Makassar, di Stadion Sultan Agung, Bantul, Jumat (06/07/18).

INDOSPORT.COM - Laga PSM Makassar vs Persija Jakarta di kompetisi kasta tertinggi sepak bola Indonesia, Gojek Liga 1 akan berlangsung Jumat (16/11/18). Berikut 3 hal atau alasan di mana Persija akan serahkan gelar juara ke PSM.

Pertandingan kedua tim bisa dibilang sebagai duel klasik dua tim perserikatan. Duel klub sepak bola PSM Makassar vs Persija Jakarta tentu bukan hal baru di dunia sepak bola Indonesia.

PSM Makassar saat ini berada di urutan pertama klasemen sementara Liga 1 2018 dengan mengoleksi 53 angka. Sedangkan Persija mengumpulkan 49 poin tetapi masih menyisakan satu laga tunda.

Baca Juga

PSM Makassar yang bermain di kandang, yakni Stadion Andi Mattalata tampaknya akan sedikit diuntungkan. Sementara itu Persija Jakarta mengalami misi sulit di Sulawesi mendatang.

Berikut adalah tiga alasan di mana Persija Jakarta siap menyerahkan gelar juara Liga 1 musim 2018 ke PSM Makassar. Simak penjabarannya.


1. Main di Kandang

Susunan pemain PSM Makassar

PSM Makassar memiliki rekor bagus ketika bermain di kandang sendiri (Stadion Andi Mattalata). Bagaimana tidak, hingga pekan ke-31 saja, PSM Makassar baru menelan kekalahan satu kali di kandang.

Kekalahan tersebut didapat saat pekan ke-3 menjamu Persela Lamongan, PSM Makassar kalah 2-3. Sedangkan catatan bagusnya adalah PSM Makassar dalam 12 laga terakhir di kandang belum kalah (10 menang dan dua seri).

Baca Juga

Total PSM Makassar hanya kebobolan sebanyak 14 gol dalam 12 laga kandang terakhir. Hal ini membuktikan kalau pertahanan PSM Makassar bermain sangat solid.

Sehingga hal ini membuat Persija Jakarta akan mengalami kesulitan dalam melakukan serangan ke barisan pertahanan lawan.


2. Laga Tandang Persija

Skuat Persija Jakarta.

Di sisi lain laga tandang Persija Jakarta juga tak berjalan mulus. Sebab dalam 15 partai yang dilakoni Persija Jakarta sembilan di antaranya belum menang (enam kalah dan tiga seri).

Catatan ini membuat Persija Jakarta diprediksi akan mengalami kesulitan saat bersua PSM Makassar mendatang. Hasil tadi juga dianggap kurang baik karena Persija kerap kebobolan dua gol.

Baca Juga

Total Persija telah mengantongi 20 kebobolan dalam laga tandang mereka sejauh ini. Hal ini menandakan kalau lini belakang Persija tak berjalan dengan semestinya.

Selain itu Persija juga tak akan dijaga oleh kiper andalan mereka, yakni Andritany Ardhiyasa. Walaupun ada Sahar Ginanjar, tetapi belum menjamin gawang Persija aman.


3. Pencetak Gol PSM Makassar Lebih Banyak

Pertandingan Persija Jakarta vs PSM Makassar, di Stadion Sultan Agung, Bantul, Jumat (06/07/18).

PSM Makassar memiliki pemain-pemain dengan insting yang begitu tajam. Tiga di antaranya telah mencetak lebih dari lima gol.

Mereka adalah Ferdinand Sinaga (delapan gol), M. Rachmat (tujuhu gol), dan Guy Junior (delapan gol). Lebih dari itu gelandang PSM juga kerap mencetak gol, seperti Wilijam Pluim (lima gol), Rizki Pellu (lima gol), dan Marc Klok (tiga gol).

Baca Juga

Bertolak ke sisi lawan di mana Persija Jakarta hanya bertumpu pada Marko Simic semata. Simic telah mengoleksi 13 gol dari 25 penampilannya sejauh ini.

Ketajaman Simic tak didukung lini tengah mereka karena hanya tiga pemain yang mampu mencetak tiga gol lebih, yakni Riko Simanjuntak, Novri Setiawan, dan Rohit Chand.

Baca Juga

Melihat perbandingan ini membuat PSM Makassar tampaknya bisa mengandaskan Persija Jakarta. Kendati begitu laga akan ditentukan ketika kedua tim sedang bermain.

Terus Ikuti Update Liga 1 2018 dan Berita Sepak Bola Indonesia Lainnya di INDOSPORT.COM.

Persija JakartaPSM MakassarLiga IndonesiaStadion Andi MattalattaLiga 1Stadion MattoanginTRIVIA

Berita Terkini