x

5 Pemain Top Dunia yang Berpeluang Pensiun di Akhir Musim 2018/19

Jumat, 16 November 2018 13:47 WIB
Penulis: Nadia Riska Nurlutfianti | Editor: Ivan Reinhard Manurung
Carlos Tevez tertunduk lesu usai timnya, SHanghai Shenhua, kalah 2-0 oleh Brisbane Roar.

INDOSPORT.COM – Mantan bintang Chelsea dan Liverpool, Joe Cole, memutuskan untuk pensiun di usia 37 tahun setelah berkarier menjadi pesepak bola profesional selama 20 tahun.

Namun diprediksi bahwa ia hanyalah satu dari beberapa pemain yang memutuskan untuk gantung sepatu pada musim 2018/19. Ada beberapa pemain yang dikabarkan akan pensiun di musim ini.

Berbagai macam alasan untuk pensiun dari dunia sepak bola bisa bermunculan. Mulai dari usia yang tak lagi muda, sudah tak bisa memberikan banyak keuntungan untuk klub dan hal lainnya.

Baca Juga

Disadur dari laman berita sport asal Ameriaka Serita Fox Sports, berikut portal berita olahraga INDOSPORT telah merangkum lima pemain yang mungkin akan pensiun pada akhir musim 2018/19.


1. Samuel Eto'o

Samuel Etoo (Everton).

Tidak ada yang bisa mempertanyakan kualitas permainan sepak bola Samuel Eto'o, dan dia adalah salah satu striker paling ditakuti di Eropa. Beberapa bulan setelah ulang tahunnya yang ke-38, pemain asal Kamerun sekarang berada di klub peringat ke-13, Qatar Sports Club.

Ia dikabarkan pada akhir musim ini akan menggantungkan sepatunya. Dipicu oleh uang, sudah jelas mengapa hal itu bisa terjadi di Timur Tengah, Qatar ingin mengembalikan investasi mereka dengan layak dan Eto'o tidak dapat memberikan hal itu lagi.

Baca Juga

Carlos Tevez

Carlos Tevez saat masih berseragam Manchester United.

Carlos Tevez telah mengakui bahwa ia telah menjadi sangat emosional dan telah berdamai dengan dirinya atas keputusannya untuk pensiun pada 2019.

Kembali ke Boca Juniors di mana dia memulai karier sepak bola di musim 2015/16 sebelum pindah ke klub China, Shanghai Shenhua, pemain asal Argentina itu tahu bahwa dia tidak bisa lagi memberikan level performa yang sama seperti dahulu kala.

Daripada menjadi pemain paruh waktu, ia kemudian memutuskan akan keluar dari panggung dunia sepak bola yang begitu dicintainya dengan tenang.

"Lain kali saya merindukan klub ketika saya pergi, tapi kali ini tidak akan sama. Saya tidak akan kembali ke tim lain dan saya akan pensiun pada akhir musim dengan jersey ini," kata Tevez.


2. Iker Casillas

Kiper Porto, Iker Casillas.

Iker Casillas juga dikabarkan akan pensiun pada akhir musim ini, padahal seorang kiper pada umumnya bisa terus berada di tingkat yang lebih tinggi dan lebih lama daripada pemain lainnya.

Pada akhir kampanye saat ini, ia akan berusia 38 tahun. Kontraknya sendiri juga akan habis dengan klub sepak bola Porto dan tidak ada tanda-tanda kabar perpanjangan dari klub.

Memang, mantan penjaga gawang Real Madrid performanya telah menurun dan tidak bisa seprofesional seperti saat ia masih muda.

Baca Juga

Andrea Barzagli

Andrea Barzagli, bek Juventus.

Meskipun ia menandatangani musim perpanjangan kontrak singkat di Juventus, Andrea Barzagli berada dalam masa ‘krusial’ untuk pensiun.

Bersamaan Giorgio Chiellini, ia telah membentuk salah satu kemitraan defensif paling menakutkan dalam era modern, tetapi jika Nyonya Tua ingin melanjutkan dominasi luar biasa mereka di Italia, dan mengambil satu langkah lebih maju maka ia harus menjadi korbannya.

Mengingat banyaknya ia memberikan kontribusi yang luar biasa, maka klubnya akan dibenci oleh para penggemar jika mereka mengorbankannya dan mendorongnya untuk pensiun. 


3. Xavi Hernandez

Xavi Hernandez saat masoh bermain bagi Barcelona.

Empat trofi Liga Champions, dua Kejuaraan Eropa, Piala Dunia, penghargaan domestik yang tak terhitung jumlahnya, Xavi Hernandez telah memenangkan semua gelar tersebut, dan pantas mendapatkannya.

Ia adalah salah satu pemain yang hebat dari generasi sepak bola saat ini, itu akan menjadi hari yang menyedihkan memang jika mantan pemain Barcelona itu memutuskan untuk pensiun.

Baca Juga

Setelah meninggalkan Catalan usai kemenangan Liga Champions terakhir mereka atas Juventus pada 2015, ia menghabiskan waktu di klub Al-Sadd di Qatar dan menikmati ritme permainannya yang lebih santai.

Sayangnya, ia dikabarkan akan pensiun pada akhir musim 2018/19 karena Xavi membutuhkan lebih banyak waktu untuk pulih dan ia akan kesulitan menjadi pemain yang telah jadi teladan bagi setiap pemain muda di luar sana.

Ikuti Terus Berita Sepak Bola Internasional Lainnya INDOSPORT.COM

Samuel Eto'oCarlos TevezIker CasillasXavi HernandezAndrea BarzagliBola InternasionalTRIVIA

Berita Terkini