x

3 Momen Terbaik Timnas Indonesia di Sejarah Fase Grup Piala AFF

Sabtu, 17 November 2018 13:20 WIB
Penulis: Coro Mountana | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
Skuat Timnas Indonesia 2012

INDOSPORT.COM - Dalam sejarahnya, Timnas sepak bola Indonesia memang tidak pernah memenangi ajang sepak bola paling bergengsi di Asia Tenggara, Piala AFF.

Akan tetapi dalam 11 edisi terakhirnya, ada momen-momen terbaik Timnas Indonesia yang tidak bisa dilupakan layaknya mantan kekasih.

Mencapai babak final Piala AFF sebanyak lima kali dengan hasil kekalahan sudah tentu menjadi noda hitam dalam perjalanan Timnas Indonesia.

Baca Juga

Momen buruk itu ditambah dengan fakta kalau Timnas Indonesia pernah tiga kali gagal lolos dari babak grup.

Namun bagaikan roda kehidupan, selalu ada momen-momen baik yang jalan beriringan dengan kejadian-kejadian buruk.

Melihat Timnas Indonesia sedang berada dalam posisi sulit untuk lolos dari babak grup, akan lebih menarik untuk membahas momen manis Timnas Indonesia di sejarah babak grup Piala AFF.

Siapa tahu dengan pembahasan momen terbaik yang pernah terjadi atas Timnas Indonesia di babak grup Piala AFF, keajaiban datang kepada skuat asuhan Bima Sakti pada laga melawan Thailand (17/11/18) nanti.

Sembari menghangatkan euforia Piala AFF 2018 ini, berikut INDOSPORT merangkum 3 momen terbaik Timnas Indonesia di babak grup Piala AFF.


1. Kemenangan Terbesar di Piala AFF

Selebrasi pemain Timnas Indonesia Bambang Pamungkas di Piala AFF 2010.

Timnas Indonesia di ajang Piala AFF 2018 kali ini memang masih belum menampilkan kekuatan sebenarnya karena masih miskin gol dalam dua laga terakhir.

Akan tetapi, ternyata Timnas Indonesia adalah tim yang berhasil mencatatkan kemenangan terbesar sepanjang sejarah Piala AFF.

Momen bersejarah itu terjadi pada Piala AFF 2002 kala Timnas Indonesia bertanding dengan Filipina.

Baca Juga

Jauh sebelum Filipina diperkuat oleh banyak pemain naturalisasi, mereka adalah tim semenjana yang selalu menjadi bulan-bulanan klub-klub besar Asia Tenggara termasuk Timnas Indonesia.

Bertanding di kuilnya sepak bola Indonesia, Stadion Gelora Bung Karno, Timnas Indonesia menhancurkan Filipina dengan skor yang sangat telak, 13-1.

Bahkan Bambang Pamungkas dan Zaenal Arif seakan berlomba melihat siapa yang paling banyak mencetak gol, hasilnya mereka imbang dengan 4 gol.


2. Kalahkan Thailand setelah 12 Tahun

Selebrasi pemain Timnas Indonesia usai taklukan Thailand di Piala AFF 2010.

Suka atau tidak, Thailand adalah batu sandungan terbesar bagi Timnas Indonesia di sepanjang Piala AFF. Tercatat, Thailand mengalahkan Timnas Indonesia di 3 final yang berbeda yaitu edisi 2000, 2002, dan 2016.

Lebih parah lagi, Timnas Indonesia pernah selalu gagal menang atas Thailand dalam rentang waktu 12 tahun yaitu 1998 hingga 2010.

Timnas Indonesia patut berterima kasih pada Bambang Pamungkas yang berhasil mencetak dua gol kemenangan atas Thailand di fase grup Piala AFF 2010.

Baca Juga

Kemenangan dengan skor 2-1 atas Thailand itu mengakhiri kutukan Timnas Indonesia tidak pernah menang sejak tahun 1998.

Apa yang dilakukan Bambang Pamungkas dan kawan-kawan atas Thailand, bisa menjadi contoh bagi skuat asuhan Bima Sakti untuk menaklukan Thailand dalam lanjutan Piala AFF 2018.


3. Gol Indah Andik Vermansah Setara dengan Gol Pemain Terbaik Dunia

Andik Vermansah, bintang Timnas Indonesia.

Piala AFF 2012 menjadi saksi sejarah permainan kacau dari Timnas Indonesia akibat dari dualisme kompetisi dalam negeri.

Akibatnya Timnas Indonesia tidak bisa memanggil pemain terbaiknya dan membuat pemain bertubuh gempal (Jhonny van Beukering) bisa terpanggil membela Merah Putih.

Meski begitu, di ajang tersebut jugalah, terlahir seorang pemain sayap yang mampu membuat gol yang tak kalah cantik dengan Ronaldinho.

Baca Juga

Pemain asal Brasil itu adalah pemain terbaik dunia pada tahun 2005 saat masih berseragam Barcelona. Ronaldinho menciptakan gol indah di ajang Piala Dunia 2002 melawan Inggris di babak perempatfinal.

Tendangan bebas yang terlihat seperti sebuah umpan kepada rekan-rekannya ternyata adalah sepakan langsung yang langsung menghujam gawang Inggris yang dikawal David Seaman.

Pemain sayap yang sanggup menduplikasi gol Ronaldinho adalah Andik Vermansah yang ia ciptakan pada Piala AFF 2012 kontra Singapura.

Baca Juga

Tendangan bebas jarak jauh yang langsung menghujam deras tanpa ampun ke gawang Singapura itu memberi kemenangan bagi Timnas Indonesia dengan skor 1-0.

Terus Ikuti Berita Sepak Bola Piala AFF 2018 Lainnya Hanya di INDOSPORT

ThailandAndik VermansahTimnas IndonesiaPiala AFFBola InternasionalPiala AFF 2018TRIVIA

Berita Terkini