x

Bukan Cuma Klub, Pengaturan Skor Juga Pernah Menyasar Timnas Indonesia

Selasa, 20 November 2018 11:15 WIB
Penulis: Arief Tirtana | Editor: Ivan Reinhard Manurung

INDOSPORT.COM - Isu pengaturan skor sudah seperti budaya tahunan yang terus menyeruak di sepak bola Indonesia tiap musimnya.

Umumnya isu pengaturan skor lebih banyak terjadi di kasta sepak bola Indonesia yang lebih rendah seperi Liga 2 atau Divisi Utama dulu, termasuk juga level-level di bawahnya.

Baca Juga

Namun diantara banyak isu yang kemudian banyak menguap begitu saja itu, isu pengaturan skor nyatanya juga pernah menyasar Timnas Indonesia yang berkompetisi di ajang internasional.

Itu terjadi saat Timnas Indonesia U-23 berlaga di ajang olah raga dua tahunan negara-negara Asia Tenggara, Sea Games 2015.


1. Pengaturan Skor Timnas Indonesia

Muchlis Hadi dan Manahati Lestusen usai gagal di Sea Games 2015 bersama Timnas Indonesia.

Tudingan pengaturan skor kepada Garuda Muda di SEA Games 2015 itu berawal dari beredarnya rekaman percakapan antara seserang berinisial BS dengan bandar berinisail DAS. Dari rekaman tersebut, BS menyebut bahwa timnas U-23 akan kalah dengan skor yang besar dari Thailand dan Vietnam.

Baca Juga

Di atas lapangan hasilnya memang benar, Timnas Indonesia dibantai Thailand dengan skor telak 0-5 di babak semifinal dan juga kalah 0-4 dari Vietnam di perebutan juara tiga.

Saking hebohnya kasus dugaan pengaturan skor itu, sebuah tim advokasi bahkan sempat dibentuk dengan nama 'Tim Advokasi Indonesia vs MafiaBola' yang beranggotakan kalangan LSM dan lembaga Bantuan Hukum (LBH) untuk mengungkapnya.

Baca Juga

Namun tak jelas betul bagaimana hasil lanjutan dari kasus tersebut dan tak ada bukti juga keterlibatan para penggawa Timnas U-23 dalam dugaan pengaturan skor tersebut.

Terus Ikuti Update Sepak Bola Indonesia Lainnya di INDOSPORT.COM

SEA GamesSEA Games 2015Timnas IndonesiaBola InternasionalLiga IndonesiaLiga 2

Berita Terkini