x

3 Pemain Muda Liga 1 U-19 Ini Diprediksi Akan Jadi Bintang Masa Depan

Rabu, 21 November 2018 15:55 WIB
Editor: Arum Kusuma Dewi

INDOSPORT.COM - Liga 1 U-19 2018 sudah mendekati akhir laganya di musim ini. Pertandingan sarat gengsi antara Persija Jakarta U-19 vs Persib Bandung U-19 akan menjadi laga terakhir, sekaligus laga penentuan untuk menemukan siapa juara sejati di tahun ini.

sempat menuai kontroversi, kala harus diundur karena faktor keamanan, final Liga 1 U-19 2018 akhirnya menemukan titik terang, ketika PT Liga Indonesia Baru (LIB) telah mengeluarkan surat pengumuman bahwa laga tersebut akan berlangsung pada 26 November mendatang. 

Bali, atau lebih tepatnya Stadion Kapten I Wayan Dipta, markas Bali United ditunjuk sebagai tempat penyelenggara kali ini. Faktor keamanan, lagi-lagi menjadi alasan LIB menunjuk Bali untuk menjadi tuan rumah.

Baca Juga

Menariknya, bila pada tahun-tahun sebelumnya, kompetisi bertaraf umur seperti ini kerap dipandang sebelah mata. Pada musim 2018/19, nyatanya stigma-stigma tersebut mulai terkikis.

Hal ini terbukti dengan ramainya minat para penonton yang menanti-nati setiap pertandingannya. Bahkan, pada tahun ini nama-nama seperti Beckham Putra Nugraha, hingga Gunansar Mandowen, mampu mencuri perhatian khalayak luas berkat kemampuannya dalam mengolah bola.

Tak ayal, banyak yang memprediksi, selepas musim 2018/19 usai, akan lahir nama-nama yang sekiranya pantas menjadi calon masa depan. Baik itu untuk klub sepak bola Indonesia, ataupun Timnas Indonesia nantinya.

Maka dari itu, INDOSPORT telah merangkum setidaknya 3 pemain Liga 1 U-19 yang diprediksi akan menjadi bintang Indonesia masa depan.


1. Beckham Putra Nugraha

Pemain Persib Bandung U-19 Beckham Putra Nugraha.

Memiliki nama yang sama dengan salah satu maestro tendangan bebas asal Inggris, nyatanya tak mampu memberatkan Beckham Putra Nugraha dalam bertanding. Diplot sebagai juru gedor Persib Bandung U-19, dirinya mampu menjadi pencetak gol terbanyak klub, serta Liga 1 U-19 2018 dengan torehan sembilan golnya.

Kemampuannya dalam mengolah bola, serta instingnya dalam mencetak gol, menjadi salah satu alasan mengapa dirinya patut disegani oleh barisan pertahanan lawan. Hal ini terbukti kala dirinya mampu menorehkan hattrick saat bersua Persija Jakarta pada pertemuan perdana mereka di musim ini.

Baca Juga

Menariknya, gol terakhir yang ia lesatkan, digadang-gadang sebagai gol terbaik di musim ini. Sontekannya ke tiang jauh, mampu membuat kiper tim muda Macan Kemayoran tak berkutik. 

Dengan segala kemampuannya yang tinggal dipoles saja, Beckham Putra Nugraha diyakini mampu menjadi bintang masa depan untuk Persib, maupun Timnas Indonesia yang dalam beberapa tahun terakhir tak mampu menemukan sosok pengganti Boaz Solossa dan Bambang Pamungkas yang sudah termakan usia.


2. Gunansar Papua Mandowen

Pemain Muda Persipura, Gunansar Mandowen

Tanah Papua tak henti-hentinya melahirkan bintang untuk dunia sepak bola Indonesia. Bila dihitung-hitung, daerah Indonesia Timur ini diyakini bisa membentuk dua hingga tiga tim yang berisikan pemain-pemain Papua.

Selain Terens Puhiri dan Todd Rivaldo Ferre yang tengah menjadi buah bibir khalayak luas, publik Papua sejatinya tengah memperhatikan kemampuan salah satu bibit lainnya, yakni Gunansar Papua Mandowen di Liga 1 U-19 2018.

Penampilannya bersama tim muda Persipura Jayapura, nyatanya mampu mencuri perhatian tim senior Mutiara Hitam. Torehan tujuh golnya pun sukses mengatarkan namanya menembus tim senior, serta Timnas Indonesia U-19.

Baca Juga

Bahkan Gunansar telah mencicipi kerasnya Liga 1 2018 bersama Persipura pada musim ini. Hasilnya? Satu gol berhasil ia catatkan kala itu. Tak cukup sampai di situ saja, ia turut menorehkan rekor sebagai pemain termuda yang pernah mencetak gol di Liga 1 2018, mengalahkan Saddil Ramdani.


3. Ilham Qolba Rizky Wiguna

Pemain Persib Bandung U-19 Ilham Qolba.

Selain nama Beckham Putra Nugraha, Persib turut memiliki nama lainnya yang diprediksi akan menjadi bintang masa depan. Tak lain, ialah Ilham Qolba Rizky Wiguna. Bersama Beckham, kombinasi keduanya pun menjadi momok yang menakutkan untuk barisan pertahanan lawan pada musim ini.

Torehan tujuh golnya di musim ini pun telah membuktikan kualitasnya tak jauh beda dengan rekan satu timnya, Beckham. Sama-sama berposisi sebagai penyerang, Iham nyatanya mampu menjadi pilihan lain untuk sang pelatih, andai Beckham tak mampu menorehkan golnya.

Baca Juga

Tak ayal, Ilham pun menjadi nama lainnya yang dipercayai akan menjadi bintang masa depan Persib, serta Timnas Indonesia nantinya. Bersama Beckham, kombinasi keduanya diyakini akan menjadi solusi buruknya lini depan Garuda Nusantara selama ini.

Penulis: Ridi Fadhilah Khan

Terus Ikuti Berita Sepak Bola Liga Indonesia dan Berita Olahraga Lainnya Hanya di INDOSPORT

Persib U-19Liga IndonesiaLiga 1 U-19Persipura U-19TRIVIA

Berita Terkini