x

Stadion Kecil Filipina Diejek, Ini 3 Stadion Mungil Lainnya di Piala AFF 2018

Rabu, 21 November 2018 13:06 WIB
Penulis: Arief Tirtana | Editor: Lanjar Wiratri
Stadion Panaad Park kepunyaan Filipina.

INDOSPORT.COM - Jelang pertandingan Filipina vs Thailand di lanjutan babak Grup B Piala AFF 2018, stadion venue pertandingan Panaad Park menjadi bahan ledekan netizen. Selain staion Panaad Park, ternyata ada stadion lain yang ukurannya mungil yang menjadi venue Piala AFF 2018.

Sebagai kejuaraan sepak bola terbesar bagi negara-negara Asia Tenggara, Piala AFF 2018 selalu disambut antusias oleh suporter di seluruh negara anggotanya. 

Baca Juga

Antusisme tersebut bahkan semakin diakomodir oleh Federasi Sepak Bola Asia Tenggara (AFF) melalui pengubahan format kompetisi dua tahunan itu dengan sistem kandang dan tandang setengah kompetisi.

Dengan format tersebut setiap negara akan memiliki kesempatan untuk menggelar pertandingan kandang di markas mereka sendiri hingga memungkinkan lebih banyak suporternya memberikan dukungan langsung ke stadion.

Gelandang Timnas Thailand, Thitipan Puangchan, di Piala AFF 2018.

Namun tak bisa dipungkiri berubahnya format tersebut belum diikuti dengan kesiapan negara-negara peserta Piala AFF untuk menyediakan fasilitas stadion yang memadai.

Tak ayal membuat beberapa stadion kecil kemudian bisa menjadi venue berlangsungnya Piala AFF 2018. Dimana saja stadion kecil tersebut? Berikut INDOSPORT merangkumnya.


1. Stadion Mandalar Thiri (Myanmar)

Stadion Mandalar Thiri, markas Myanmar di Piala AFF 2018.

Menjadi salah satu stadion yang baru pertama kali digunakan di ajang Piala AFF, Stadion Stadion Mandalar Thiri kandang Myanmar merupakan salah satu stadion terkecil di turnamen tahun 2018 ini.

Stadion yang berlokasi di kota Mandalay itu hanya berkapasitas 30ribu penonton. Jumlah tersebut jika dibandingkan dengan stadion di Indonesia, tak kalah besar dari segi kapasitas jumlah penonton dibandingkan dengan Stadion Sultan Agung yang kerap digunakan Persija Jakarta untuk menggelar laga kandang mereka musim ini.

Meski baru perdana digunakan pada Piala AFF di tahun 2018 ini, stadion Mandalar Thiri  setidaknya sudah dua kali menjadi tuan rumah di kejuaraan serupa untuk kategori sepak bola wanita, di Piala AFF Wanita 2016 dan Sea Games sepak bola wanita 2013.


2. Stadion Nasional Laos (Laos)

Stadion Nasional Laos

Dibangun pada 2009 dalam rangka Sea Games di tahun yang sama, stadion Nasional Laos yang bernama asli New Laos National Stadium juga merupakan salah satu venue dengan kapasitas terkecil di Piala AFF 2018 ini.

Ajang Piala AFF 2018 ini juga merupakan kesempatan pertama stadion berkapasitas 25ribu penonton itu untuk bisa digunakan dalam turnamen berlevel internasional.

semakin membanggakan buat stadion yang berlokasi di Vientianne itu, bahwa Stadion Nasional laos merupakan tempat pertama bagi Timnas Laos bisa bermain di hadapan publiknya sendiri dalam turnamen Piala AFF sepanjang sejarah.


3. Stadion Panaad Park (Filipina)

Stadion Panaad Park kepunyaan Filipina.

Untuk urusan stadion dengan kapasitas terkecil di Piala AFF 2018 ini, kandang Filipina Stadion Panaad Park adalah juarannya.

hanya bisa menampung 20ribu penonton, stadion yang berlaokasi di Bacolod itu bahkan tak lebih besar dari stadion kandang klub Liga 1 PSMS Medan yang juga memiliki kapasitas sama.

Wajar memang jika kemudian Filipina hanya memiliki dan menggunakan stadion berkapasitas kecil di ajang Piala AFF kali ini, mengingat di negara tersebut sepak bola bukan merupakan olahraga populer seperti di Indonesia. Popularitas sepak bola kalah jauh dengan basket yang menjadi olah raga utama masyarakat negara kepulauan tersebut.

Stadion Panaad yang dibangun pada tahun 1998, selain digunakan sebagai kandang Timnas Filipina juga merupakan kandang klub lokal Ceres-Negros FC.

MyanmarFilipinaLaosLiga IndonesiaPiala AFF 2018TRIVIA

Berita Terkini