x

3 Pemain Timnas Indonesia Paling Rajin Bobol Filipina Sepanjang Sejarah Piala AFF

Kamis, 22 November 2018 17:06 WIB
Editor: Yohanes Ishak
Cristian Gonzales, Bambang Pamungkas, dan Zaenal Arif

INDOSPORT.COM - Timnas Indonesia saat ini sedang dalam kondisi memprihatinkan setela tidak lolos ke semifinal kompetisi sepak bola Piala AFF 2018.

Dua kekalahan dari Singapura dan Thailand membuat peluang Timnas Indonesia harus mengubur mimpi membawa pulang trofi juara.

Meski sudah dipastikan tersingkir dari Piala AFF 2018, laga Timnas Indonesia vs Filipina tentu tidak bisa dianggap main-main. Sebagai persembahan terakhir, kemenangan wajib diraih pasukan Bima Sakti dan juga harus terjadi pesta gol untuk mengobati rasa sakit hati.

Baca Juga

Masalahnya, Filipina bukanlah tim kacangan yang bisa dikalahkan dengan mudah oleh Timnas Indonesia. Bahkan dalam dua pertemuan terakhir di Piala AFF, Timnas Indonesia tidak mampu mengalahkan Filipina.

Meski begitu dalam sejarah pertemuan di Piala AFF, Timnas Indonesia ternyata sempat memiliki sosok predator yang rajin dalam membobol gawang Filipina.

Pemain-pemain ini bisa dijadikan panutan bagi para pemain Timnas Indonesia untuk membobol gawang Filipina sebanyak mungkin.

Berikut portal berita olahraga INDOSPORT rangkum dalam 3 pemain Timnas Indonesia yang paling rajin bobol gawang Filipina sepanjang sejarah Piala AFF:


1. Bambang Pamungkas

Bambang Pamungkas, striker Persija Jakarta dan legenda Timnas Indonesia.

Salah satu pencetak gol terbanyak Timnas Indonesia ini merupakan penyerang yang handal dalam bola-bola udara. Bambang Pamungkas selalu rajin mencetak gol ke gawang lawan untuk Timnas Indonesia termasuk ke gawang Filipina.

Meski hanya pernah sekali bertemu dengan Filipina, Bambang Pamungkas tercatat pernah mencetak empat gol. Rekor yang fantastis itu ia torehkan dalam kemenangan bersejarah Timnas Indonesia vs  Filipina yang berakhir dengan skor 13-1.

Bambang Pamungkas mencatatkan namanya di papan skor di menit pertama, 29, 35, dan 82. Keempat gol Bambang Pamungkas tak hanya membuat Timnas Indonesia lolos ke semifinal Piala AFF, melainkan juga ikut mengantarkannya sebagai peraih sepatu emas dengan torehan 8 gol.


2. Zaenal Arif

Cristian Gonzales, Bambang Pamungkas, dan Zaenal Arif.

Penyerang yang pernah bermain untuk Persib Bandung itu merupakan andalan Timnas Indonesia di Piala AFF 2002. Dirinya juga pernah ikut andil dalam kemenangan paling telak di Piala AFF yang tercatat atas nama Timnas Indonesia kala membantai Filipina.

Dalam pertandingan yang berkesudahan dengan skor 13-1 itu, Zaenal Arif seperti melakukan adu banyak gol dengan Bambang Pamungkas. Bagaimana tidak, Zaenal Arif mengakhiri pertandingan tersebut dengan catatan 4 gol, persis dengan Bambang Pamungkas.

Sebanyak 3 dari empat gol milik Zaenal Arif tercipta pada babak pertama tatkala lini pertahanan Filipina saat itu benar-benar sedang hilang konsentrasi. Zaenal Arif pada masa keemasannya dikenal sebagai penyerang dengan penyelesaian akhir yang mematikan.


3. Cristian Gonzales

Cristian Gonzales saat membela Timnas Indonesia.

Pemain terakhir yang mencatatkan namanya sebagai penggawa Timnas Indonesia yang paling rajin bobol gawang Filipina adalah Cristian Gonzales. Pemain naturalisasi dari Uruguay ini membela Timnas Indonesia di ajang Piala AFF 2010.

Kehebatan Cristian Gonzales dalam merobek jala lawan memang sudah tidak perlu diragukan lagi karena dirinya di Liga Indonesia adalah raja gol yang tak terkalahkan. Ketajamannya ia tularkan ke Timnas Indonesia yang sukses ia bawa hingga final Piala AFF.

Cristian Gonzales adalah pemain yang paling berjasa saat itu karena mampu mencetak dua gol kemenangan Timnas Indonesia atas Filipina dalam format dua leg. Lebih hebat lagi, kedua gol tersebut Gonzales hasilkan dengan spektakuler ke gawang Neil Etheridge, yang saat ini menjadi orang Asia Tenggara pertama yang main di Premier League Inggris.

Pada akhirnya ketiga nama tersebut sudah tidak ada lagi di daftar skuat karena sudah pensiun dari Timnas Indonesia. Tetapi nama mereka akan tetap abadi dan telah menjadi teladan bagi pemain Timnas Indonesia saat ini yang akan menghadapi Filipina.

Ikuti terus berita Piala AFF 2018 di INDOSPORT.COM

FilipinaTimnas IndonesiaPiala AFFBola InternasionalPiala AFF 2018

Berita Terkini