x

Alberto Goncalves: dari Tetesan Air Mata hingga Harapan Menjadi Legenda Indonesia

Minggu, 25 November 2018 16:30 WIB
Penulis: Zainal Hasan | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo

INDOSPORT.COM - Langkah Timnas sepak bola Indonesia di ajang kejuaraan sepak bola Piala AFF 2018 memang telah dipastikan terhenti. Skuat Garuda gagal setelaj hanya sampai penyisihan grup dan gagal melenggang ke babak semifinal.

Namun perhelatan Piala AFF tahun ini sepertinya memberikan warna sendiri bagi bomber Timnas sepak bola Indonesia Alberto Goncalves. Sebab momen Piala AFF kali ini menjadi bagian sejarah bagi pemain milik Sriwijaya FC.

Baca Juga

Bukan tanpa alasan, sebab Piala AFF ini menandakan Alberto Goncalves seutuhnya sebagai seorang Warga Negara Indonesia. Kita ketahui pula bahwa pemain yang kerap disapa Beto ini baru saja dinaturalisasi menjadi seorang WNI.

Ekslusif kepada INDOSPORT, Alberto Goncalves menceritakan akan perjalanan dirinya dari mimpi membela Timnas Brasil hingga akhirnya menjadi seorang WNI.

Tidak hanya itu, dirinya juga menceritakan pengalaman pertama membela Timnas Indonesia dan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya.


1. Kisah Menjadi WNI dan Tetesan Air Mata dari Indonesia Raya

Selebrasi striker Timnas Indonesia, Beto Goncalves usai membobol gawang Hongkong

INDOSPORT: Beto boleh diceritakan akan proses kamu akhirnya kamu menjadi seorang WNI?

Alberto Goncalves: Proses WNI saya dari tahun 2014 saya sudah coba saat masih di Arema tapi tak jadi-jadi. Tapi tahun kemarin 2017 saat saya di Sriwijaya saya bicara mau WNI dan mereka bilang mau bantu. Saya tak langsung percaya karena bisa saja tak jadi. Kemudian sebelum saya ke Brasil di tahun 2017 saya titip dokumentasi untuk proses (untuk jadi WNI). Saat saya di Brasil di telepon manajer untuk segera kembali ke Indonesia karena harus segera proses WNI saya.

Saya langsung cepat kembali untuk melengkapi dokumentasi dan saya senang sekali karena saya punya banyak cerita di Indonesia, istri saya orang Indonesia dan anak saya lahir di Indonesia dan semua yang saya punya mobil, rumah adalah pemberian Indonesia makanya saya senang menjadi seorang WNI.

Baca Juga

INDOSPORT: Setelah menjadi seorang WNI adakah pengalaman atau momen berharga dalam diri kamu?

Alberto Goncalves: Setelah WNI ada dua momen yang saya pikir indah sekali buat saya. Pertama saat saya dipanggil Timnas Indonesia pertama kalinya, ini bagaikan mimpi karena setiap pemain bola ingin masuk timnas. Saya saat kecil sangat ingin masuk dalam skuat Brasil tapi kalau Brasil sangat sulit karena level di sana sulit.

Lalu saat bermain di Indonesia dan jauh dari Brasil selama 13 tahun, saya pikir mimpi untuk masuk skuat timnas Brasil sudah sirna. Tapi saat ada panggilan Timnas Indonesia saya bahagia sekali. Saya telepon istri dan ibu bapak saya di Brasil karena ini bagaikan mimpi.

Kedua adalah saat bermain di Timnas, saat dengar Indonesia raya saya senang sekali, saya menangis karena negara ini memberikan semua yang saya punya. Jadi saya sangat hargai negara ini.


2. Masukan untuk Timnas Indonesia di Masa Depan

Skuat Timnas Indonesia

INDOSPORT: Sekarang kamu bisa membela Timnas Indonesia dan langsung tampil di Piala AFF pertama kamu, bagaimana perasaan kamu?

Alberto Goncalves: Saya bahagia sekali bisa main di Piala AFF, negara ini punya penduduk banyak tapi orang yang baru menjadi WNI bisa langsung main di Piala AFF, saya beruntung sekali.

Tuhan kasih anugerah ini dan saya kerja keras untuk Indonesia. Memang saya kecewa saat kemarin kalah sama Thailand, tapi saya rasa kerja saya sudah keras sampai saya keluar di menit 85 karena rasa sakit kram akibat sudah berlari banyak untuk negeri ini. Tapi saya akan kerja kerus, dan semangat untuk Indonesia masih ada.

Baca Juga

INDOSPORT: Bisa jadi ini menjadi Piala AFF kamu pertama dan yang terakhir, bagaimana tanggapanmu soal hal ini?

Alberto Goncalves: Memang ini pertama dan yang terakhir juga untuk Piala AFF saya. Saya sudah bicara sama teman dan pelatih, makanya saya mau nama saya masuk berita hingga 20 tahun ke depan untuk menjadi sejarah dan bawa juara Indonesia.

Saya punya pengalaman berharga di Piala AFF ini. Indonesia harus ada evaluasi dan organisasi lebih lama untuk bisa panggil pemain karena tahun ini sangat terburu-buru, jadi sulit.

Tapi pengalaman ini jadi pengalaman hidup saya yang baik. Buat saya, terlebih tim saat ini seperti keluarga dan baik sama saya, ini jadi pengalaman saya selama hidup saya.

Baca Juga

INDOSPORT: Adakah harapan dan masukan kamu untuk Timnas Indonesia di kemudian hari?

Alberto Goncalves: Saya punya harapan untuk Timnas makin jaya ke depannya. Banyak pemain muda yang bagus di U-16 dan U-19, mereka bisa bantu Timnas senior kita tapi mental harus berubah dan yakin menang dan juara dan semua itu tidak ada yang mustahil tapi kita bisa. Semangat harus dibangun dan ke depannya harus kerja sungguh2 untuk negara ini tanpa menyerah.

Alberto GoncalvesWawancara KhususTimnas IndonesiaPiala AFFLiga IndonesiaPiala AFF 2018

Berita Terkini