x

Menakar Peluang Persija dan PSM dari Lawan di Pekan Terakhir, Siapa Lebih Diuntungkan?

Rabu, 5 Desember 2018 18:21 WIB
Editor: Prio Hari Kristanto
Persija Jakarta vs PSM Makassar

INDOSPORT.COM - Kompetisi tertinggi sepak bola Indonesia, Liga 1 2018, tinggal menyisakan pekan terakhir. Dua klub, yaitu Persija Jakarta dan PSM Makassar, menjadi dua tim tersisa yang berpeluang merebut gelar juara. 

Saat ini Persija Jakarta ada di peringkat satu dengan 58 poin. Sementara PSM Makassar membuntutinya di peringkat  dua dengan 57 poin. 

Dengan selisih satu poin yang ada di antara kedua tim, maka penentuan juara pun harus ditentukan di pekan terakhir. 

Baca Juga

Di pekan terakhir atau pekan 34, Persija akan menjamu tim papan bawah Mitra Kukar. Sementara PSM Makassar akan bersua PSMS Medan di Mattoangin. 

Berdasarkan lawan-lawan mereka di pekan terakhir, siapa kira-kira yang lebih 'diuntungkan'? 

Berikut ini INDOSPORT berikan perhitungan peluang juara kedua tim berdasarkan lawan-lawan mereka di pekan terakhir. 


1. Persija (vs Mitra Kukar)

Logo Persija Jakarta

Di atas kertas, Persija jauh diunggulkan dari lawannya Mitra Kukar yang saat ini sedang mendekam di peringkat 15.

Jika dilihat dari tren kedua tim, Mitra Kukar saat ini tengah tampil inkonsisten. Mitra Kukar hanya mampu meraih satu kemenangan dan menderita tiga kekalahan dari lima laga terakhirnya. Teranyar, mereka baru dikandaskan Sriwijaya FC 3-1. 

Sedangkan Persija masih belum terkalahkan di lima laga terakhirnya di mana tiga pertandingan di antaranya berhasil mereka menangkan. 

Mitra Kukar sendiri memiliki rekor buruk jika bermain tandang di mana mereka hanya pernah menang satu kali di kandang lawan sepanjang musim ini. 

Dengan digelarnya laga di Stadion GBK, maka tekanan pun semakin berlipat untuk Mitra Kukar. 

Namun begitu, laga terakhir nanti pastinya akan berbeda dengan yang lainnya. Tim Persija harus ekstra waspada lantaran Mitra Kukar saat ini tengah mati-matian keluar dari ancaman degradasi. 

Seperti di liga-liga dunia lainnya, tim yang menghuni zona degradasi memiliki energi tambahan yang membuat mereka sulit dikalahkan di pekan-pekan terakhir. 

Walau ada di peringkat 15, saat ini Mitra Kukar masih belum aman dari kejaran Sriwijaya Perseru. dan PSMS. 

Mereka akan berbuat apapun untuk dapat meraih kemenangan. Untuk itu, walau diunggulkan, Persija tetap harus bermain hati-hati dan tetap menyerang jika tak ingin kecolongan. 


2. PSM (vs PSMS)

Logo PSM Makassar.

Setali tiga uang dengan Persija, PSM juga dihadapkan oleh lawan yang menghuni zona degradasi pada pekan terakhir Liga 1.

Ya, PSMS Medan saat ini ada di peringkat 17 alias dua terbawah dengan raihan 37 pon.

Otomatis, PSMS pun akan berjuang mati-matian dalam menjalani laga terakhirnya nanti. 

Di Liga 1 2018 ini PSMS Medan tergolong tim kejutan. Walau lama menghuni zona merah, namun penampilan mereka sejatinya tak buruk-buruk amat lantaran beberapa kali mampu menahan imbang atau bahkan menumbangkan tim-tim papan atas. 

Salah satu tim papan atas yang menjadi korban PSMS tak lain adalah PSM Makassar. Saat bermain di Stadion Teladan pada putaran pertama lalu, PSM takluk dengan skor 3-1. 

Lini serang PSMS juga tergolong cukup baik dengan telah mencetak 47 gol (lebih banyak dari tim-tim papan tengah). Hanya saja, PSMS Medan memiliki kelemahan besar di lini belakang. 

Untuk itu, PSM Makassar dengan skuat yang lebih mumpuni wajib bermain dengan disiplin dan konsentrasi penuh agar dapat menjaga peluang juara mereka musim ini.

Jika PSM dapat bermain stabil seperti layaknya yang mereka pertontonkan saat berlaga di Mattoangin, kemenangan sejatinya bisa didapatkan. 

Namun, jika barisan belakang mereka lengah, maka bukan tak mungkin PSMS Medan akan mencuri poin. 


3. Siapa Lebih Diuntungkan?

Logo Liga 1 2018.

Dari lawan terakhir yang dilakoni PSM dan Persija, kedua tim sama-sama memiliki peluang besar untuk meraih kemenangan. 

Namun, ada sedikit tantangan bagi PSM saat melawan PSMS Medan lantaran Tim Ayam Kinantan memiliki rekor tandang yang lebih baik ketimbang Mitra Kukar. Bahkan, PSMS pernah menggulingkan Persib Bandung. 

Terlepas dari kemenangan yang bisa diraih, Persija saat ini unggul dengan satu poin. Itu artinya, jika kedua tim sama-sama menang, maka Persija jelas memiliki keuntungan margin poin untuk meraih juara.

PSM dan pendukungnya harus berharap dan berdoa agar Persija terganjal di tangan Mitra Kukar, walaupun sepertinya hal itu sulit terjadi. 

Baca Juga

Akan tetapi, dalam sepak bola tak ada yang tak mungkin. Yang bisa kita lakukan saat ini adalah tinggal menyaksikan dan menikmati persaingan kelas tinggi yang disuguhkan oleh kedua tim saat ini. 

Ikuti Terus Berita Sepak Bola Liga Indonesia dan Berita Olahraga Lainnya Hanya di INDOSPORT.COM

Persija JakartaPSM MakassarLiga IndonesiaLiga 1

Berita Terkini