x

Menakar 5 Peluang Klub di Zona Degradasi, Siapa Bertahan di Liga 1?

Kamis, 6 Desember 2018 14:30 WIB
Editor: Matheus Elmerio Giovanni
Liga 1

INDOSPORT.COM - Kompetisi tertinggi sepak bola Indonesia, Liga 1 2018 akan menyisakan satu pertandingan lagi, pekan ke-34. Tidak hanya gelar juara Liga 1 2018, tapi 3 klub yang degradasi ke Liga 2 pun akan ditentukan di pekan terakhir ini.

Seperti yang diketahui, terdapat setidaknya 5 klub yang masih harus berjuang keluar dari zona degradasi. Ada Sriwijaya FC, Mitra Kukar, Perseru Serui, PS TIRA dan PSMS Medan.

Dari kelima klub yang disebutkan tersebut, semuanya berada di urutan peringkat ke-14 sampai peringkat ke-18. Siapakah yang mampu bertahan di Liga 1?

Baca Juga

Sebelumnya, kita akan memberitahu bahwa harus ada sebanyak 3 klub yang harus terdegradasi ke Liga 2 dari Liga 1 setiap musimnya. Otomatis, hanya dua klub yang bakal bertahan dari 5 klub tersebut.

Langsung saja, berikut INDOSPORT coba mengulas peluang bertahan kelima klub yang ada di zona degradasi Liga 1 2018.


1. Pertandingan Terakhir Kelima Klub di Zona Degradasi

PSMS Medan dan Mitra Kukar dalam zona degradasi

Minggu, 09 Desember 2018

Persija vs Mitra Kukar, Gelora Bung Karno - (15.30 WIB)

PSM Makassar vs PSMS, Andi Mattalata Stadium - (15.30 WIB)

Borneo FC vs PS Tira, Segiri Samarinda Stadium - (15.30 WIB)

Persipura Jayapura vs Perseru Serui, Mandala Stadium - (15.30 WIB)

Arema FC vs Sriwijaya, Kanjuruhan Stadium - (15.30 WIB)

Baca Juga

Melihat kelima pertandingan di atas, PSMS Medan dan Mitra Kukar berada di posisi yang paling tidak menguntungkan. Lawan mereka masing-masing adalah PSM Makassar dan Persija Jakarta.

Menghadapi dua tim yang sedang bersaing hingga pekan terakhir untuk juara Liga 1 2018, PSMS dan Mitra Kukar tidak berharap banyak. Peluang kedua tim ini untuk bertahan sangatlah kecil.

Baca Juga

Lalu siapa yang berpeluang bertahan? Masih ada tiga tim yang tersisa setelah kita mencoret PSMS dan Mitra Kukar. Yaitu Perseru Serui, PS TIRA dan Sriwijaya FC, berikut peluang ketiga klub tersebut bertahan di Liga 1.


2. Siapa yang Bertahan di Liga 1?

Para pemain Sriwijaya FC saat sedang berdoa.

Dimulai dari Perseru Serui, yang akan menghadapi Persipura Jayapura di stadion Mandala sebagai tim tamu. Tentu saja kita tahu, bahwa keduanya sama-sama wakil Papua di kasta tertinggi sepak bola Indonesia.

Selain solidaritas dan menjaga wakil Papua di Liga 1, ternyata Perseru punya sejarah bagus menghadapi Persipura dalam lima pertemuan terakhir.

Perseru mencatat dua kemenangan, dua hasil imbang dan hanya sekali kalah dari Persipura, dengan ini mereka berpeluang untuk meraih poin dan bertahan di Liga 1 2018.

Baca Juga

Kemudian ada Sriwijaya FC yang berpeluang besar bertahan di Liga 1 karena memiliki sejarah bagus kala berhadapan dengan Arema FC. Ya, Sriwijaya memang akan menghadapi Arema untuk bisa lepas dari jeratan degradasi.

Namun, dengan adanya motivasi seperti bonus dari mantan presiden, Dodi Reza Alex usai kemenangan atas Mitra Kukar, skuat Sriwijaya FC tentu termotivasi untuk bisa menang di pekan terakhir.

Baca Juga

Dengan ulasan singkat di atas, Sriwijaya FC dan Perseru Serui diprediksi bakal bertahan di Liga 1 dan ketiga klub sisanya, PS TIRA, PSMS Medan dan Mitra Kukar akan terdegradasi.

Terus Ikuti Berita Sepak Bola Liga 1 2018 Lainnya Hanya di INDOSPORT

Perseru SeruiPersija JakartaMitra KukarPSM MakassarSriwijaya FCPSMS MedanLiga IndonesiaLiga 1Liga 2PS TIRA

Berita Terkini