x

3 Legenda Timnas Indonesia yang Bisa Gantikan Mario Gomez di Persib

Rabu, 12 Desember 2018 18:54 WIB
Penulis: Petrus Tomy Wijanarko | Editor: Isman Fadil
Roberto Carlos Mario Gomez.

INDOSPORT. COM - Pemecatan Mario Gomez membuat posisi pelatih di Persib Bandung kini menjadi kosong. Beberapa nama legenda Timnas Indonesia pun berpeluang untuk menjadi pelatih Persib selanjutnya.

Ya, kabar mengejutkan datang dari Persib pada hari Rabu (12/12/18) ini. Usai menuai kegagalan di Liga 1 2018, Persib dikabarkan telah memecat pelatihnya, Mario Gomez.

Kabar pemecatan Gomez ini tersiar melalu akun Twitter Persib English. Persib English merilis cuitan yang memberitahukan kalau pihak Maung Bandung kini telah memutus kerjasamanya dengan Gomez.

Baca Juga

"Persib telah memutuskan untuk berpisah dengan Mario Gomez setelah beberapa kontroversi yang dilakukannya selama bertugas. Gomez bersama penerjemahnya, Fernando Soler dilaporkan telah berulang kali menuntut kenaikan gaji dan mengancam meninggalkan klub," begitu bunyi cuitan Persib English.

Kosongnya kursi kepelatihan Persib setelah ditinggal Gomez, lantas memunculkan sejumlah nama pengganti. Termasuk beberapa sosok legenda Timnas Indonesia yang bisa saja diproyeksikan untuk menjadi pelatih Persib selanjutnya.

Lalu, siapa sajakah para legenda Timnas Indonesia yang bisa menjadi pelatih Persib selanjutnya? INDOSPORT.com mencoba merangkumnya ke dalam ulasan singkat berikut ini.


1. Widodo Cahyono Putro

Pelatih Bali United Widodo Cahyono Putro di konferensi pers.

Sosok yang satu ini terkenal sebagai penyerang legendaris Timnas Indonesia. Semasa jayanya dulu, Widodo Cahyono Putro kerap mencetak gol-gol krusial untuk skuat Garuda.

Salah satu gol yang berkesan dan layak dikenang sepanjang masa ialah kala Timnas Indonesia bertanding melawan Kuwait di Piala Asia 1996. Kala itu, saat laga memasuki menit ke-20, Widodo mampu menceploskan bola ke jala gawang Kuwait dengan tendangan saltonya.

Cerita tadi merupakan bagian dari kisah manis Widodo saat bermain untuk Timnas Indonesia. Kini, Widodo meneruskan kariernya sebagai pelatih usai memutuskan gantung sepatu.

Widodo sendiri saat ini diketahui sedang menganggur. Hal itu menyusul beberapa waktu lalu Widodo memutuskan untuk mengundurkan diri dari kursi kepelatihan Bali United.

Baca Juga

Hal ini pun membuat Widodo berpeluang melatih Persib yang baru saja memecat Gomez. Lalu, apakah Persib bakal benar-benar merekrut Widodo sebagai pelatih anyarnya musim depan?


2. Bima Sakti

Bima Sakti, pelatih Timnas Indonesia.

Bima Sakti, sosok yang satu ini terkenal sebagai gelandang tengah legendaris Timnas Indonesia. Semasa jayanya dulu, ia kerap mencetak gol untuk Timnas Indonesia lewat tendangan kerasnya dari luar kotak penalti.

Kini, Bima Sakti tentu sudah pensiun sebagai pemain sepak bola. Ia lantas melanjutkan karirnya di masa pensiun ini dengan menjadi pelatih.

Kiprah paling hebohnya sebagai pelatih terjadi pada gelaran Piala AFF 2018 lalu. Bima Sakti ditunjuk oleh PSSI sebagai pelatih utama Timnas Indonesia di ajang itu menggantikan Luis Milla.

Sayangnya, Bima Sakti gagal membawa Timnas Indonesia berpestasi. Bima Sakti pun kini diketahui sudah tidak lagi menangani Timnas Indonesia dan sedang menganggur.

Baca Juga

Fakta itu tentu membuat Bima Sakti berpeluang menjadi pelatih Persib selanjutnya. Terlebih, Bima Sakti sudah memiliki lisensi A AFC, yang merupakan syarat utama untuk menjadi pelatih klub-klub Liga 1.


3. Ponaryo Astaman

Mantan kapten Timnas Indonesia, Ponaryo Astaman.

Sosok yang satu ini juga merupakan gelandang tengah legendaris Indonesia. Ia bahkan sempat ditunjuk untuk menjadi kapten bagi skuat Garuda.

Ponaryo sendiri kini telah pensiun sebagai pemain sepak bola. Namun, Ponaryo sama sekali tidak meninggalkan arena lapangan hijau usai gantung sepatu.

Ia saat ini diketahui memiliki lisensi kepelatihan A AFC. Ponaryo pun pada musim lalu bertindak sebagai pelatih dari klub Borneo FC U-19.

Baca Juga

Melihat kosongnya kursi kepelatihan Persib yang baru saja memecat Gomez, nama Ponaryo lantas bisa masuk ke dalam kandidat pengganti. Lalu, apakah Persib bakal benar-benar merekrut Ponaryo sebagai pelatih anyarnya musim depan?

Terus Ikuti Perkembangan Sepak Bola Seputar Liga 1 Hanya di INDOSPORT.COM

Persib BandungTimnas IndonesiaLiga IndonesiaLiga 1Roberto Carlos Mario Gomez

Berita Terkini