x

3 Kiper Terbaik Liga 1 2018 Versi INDOSPORT

Kamis, 13 Desember 2018 12:31 WIB
Editor: Rafif Rahedian
Teja Paku Alam, dan Jandia Eka Putra

INDOSPORT.COM – Penjaga gawang memiliki peran yang sangat vital dalam menentukan hasil sebuah pertandingan, termasuk di kompetisi kasta teratas sepak bola Indonesia, Liga 1 2018.

Pasalnya, sebuah tim dipastikan tidak akan kalah jika kiper mereka mampu menjaga gawangnya tetap steril sepanjang 90 menit waktu normal.

Perjuangan para penjaga gawang pun sama beratnya dengan pemain lain. Dirinya harus tetap fokus agar tidak melakukan kesalahan sekecil apapun di bawah mistar.

Baca Juga

Para penjaga gawang pun dianggap jarang mendapatkan tempat di hati pecinta sepak bola. Namun penjaga gawang justru dijadikan kambing hitam saat timnya menelan kekalahan.

Terlepas dari itu semua, kali ini INDOSPORT mencoba untuk merangkum 3 penjaga gawang terbaik sepanjang Liga 1 musim 2018 ini.


1. Teja Paku Alam

Teja Paku Alam

Nama Teja Paku Alam tercatat sebagai penjaga gawang yang paling banyak melakukan penyelamatan di Liga 1 2018. Menurut laporan situs resmi Liga Indonesia, Teja Paku Alam berhasil mengumpulkan 85 penyelamatan.

Dengan catatan penyelamatan terbaik ini, tak pantas rasanya jika Teja Paku Alam hanya bermain di Liga 2 pada musim depan. Pemain berusia 24 tahun tersebut bisa berepeluang memperkuat tim papan atas Liga 1.

Teja Paku Alam pun diprediksi akan menjadi salah satu penjaga gawang yang paling dicarai tim-tim Liga 1 2018. Klub-klub yang cukup sering kebobolan, seperti Persib Bandung dan Persebaya Surabaya pun seharusnya mengambil langkah serius untuk merekrut Teja Paku Alam.


2. Wawan Hendrawan

Wawan Hendrawan.

Penjaga gawang Bali United, Wawan Hendrawan memiliki catatan yang cukup baik dalam urusan penyelamatan. Hal itu terbukti ketika situs resmi Liga Indonesia mencantumkan Wawan di posisi kedua sebagai pemain yang paling banyak melakukan penyelamatan.

Mantan penjaga gawang Persikabo Bogor dan Mitra Kukar tersebut mampu menorehkan penyelamatan sebanyak 84 kali. Artinya, Wawan hanya terpaut satu angka dari Teja Paku Alam dalam melakukan penyelamatan.

Wawan sendiri saat ini kontraknya sudah akan habis bersama Bali United. Oleh karena itu, sejumlah tim papan atas Liga 1 seharusnya mulai memanfaatkan situasi seperti ini. Karena kualitas dan pengalaman Wawan tak perlu diragukan lagi.


3. Jandia Eka Putra

Jandia Eka Putra saat masih perkuat Semen Padang.

Jandia Eka Putra merupakan salah satu penjaga gawang yang sulit dibobol oleh pemain lawan di sepanjang Liga 1 2018. Karena menurut laporan Transfermarkt, Jandia Eka Putra menjadi kiper yang paling banyak mencatatkan clean sheets.

Dirinya mampu mencatatkan 11 kali clean sheets dari 24 penampilannya di Liga 1 2018. Catatan 11 kali clean sheets itu pun ternyata juga dimiliki Wawan Hendrawan (main 30 laga) dan Miswar Saputra (main 31 laga).

Baca Juga

Jandia Eka Putra sendiri menjadi yang paling sedikit bermain di antara dua kiper itu. Tak heran jika penjaga gawang berambut gondrong itu lebih baik dibandingkan dengan dua kandidat lainnya.

Terus Ikuti Berita Sepak Bola Liga Indonesia Lainnya di INDOSPORT.

Jandia Eka PutraLiga IndonesiaTeja Paku AlamLiga 1Wawan HendrawanTRIVIA

Berita Terkini