x

3 Fakta Baltemar Brito, Eks Asisten Jose Mourinho yang Jadi Kandidat Pelatih Persib

Rabu, 19 Desember 2018 14:30 WIB
Editor: Juni Adi
Tiga fakta Baltemar Brito, eks asisten Jose Mourinho yang jadi kandidat pelatih Persib

INDOSPORT.COM - Usai gelaran kompetisi sepak bola Indonesia, Liga 1 berakhir, sejumlah klub pun langsung melakukan evaluasi untuk memperbaiki kekuarangan tim di musim kemarin, sebelum menyambut musim baru.

Persib Bandung merupakan salah satu klub yang melakukan hal tersebut. Finis di peringkat ke-4 klasemen akhir dan mengalami penurunan performa, membuat manajemen Persib langsung bertindak tegas.

Mario Gomez sebagai pelatih dan sosok yang bertanggung jawab, harus mendapat konsekuensinya yakni dipecat. Kini, manajemen Persib tengah melakukan pencarian pelatih baru, menggantikan pria Argentina itu.

Baca Juga

Beberapa nama pelatih kelas dunia pun santer dikabarkan akan menukangi tim yang pernah juara Liga Indonesia tahun 2014 lalu itu. Luis Milla adalah salah satunya.

Mantan pelatih Timnas Indonesia itu dirumorkan masuk dalam daftar incaran Persib. Sayang, dirinya menolak dan memilih kembali ke Spanyol, usai kontraknya tak diperpanjang oleh PSSI.

Baca Juga

Lusi Milla gagal, manajemen Persib pun mengalihkan bidikannya. Satu nama pelatih kelas dunia muncul ke publik yakni Baltemar Brito. 

Mantan asisten Jose Mourinho di Chelsea pada tahun 2004 itu kabarnya sebagai kandidat kuat, pelatih Persib musim depan. Lantas seperti apa sosok Baltemar Brito? Berikut INDOSPORT coba merangkum fakta-faktanya:


1. Statistik Manajerial

Tiga fakta Baltemar Brito, eks asisten Jose Mourinho yang jadi kandidat pelatih Persib

Baltemar Brito sempat beberapa kali melatih tim, baik sebagai pelatih utama maupun asisten pelatih. Tercatat, dirinya sudah mengarsiteki sebanyak 14 tim, sejak pertama kali berkarier pada musim 1988/89.

Namun di klub asal Luksemburg, Titus Petange yang merupakan klub terakhir yang ditanganinya, statistik pelatih berusia 67 tahun itu tak terlalu mentereng.

Dilansir dari Transfermarkt, dari 30 pertandingan dirinya hanya berhasil memenangkan 11 laga, dan mengakhiri musim di posisi ke-9 dalam klasemen akhir Liga Luksemburg musim 2017/18, dengan koleksi 31 poin.


2. Pernah Jadi Asisten 3 Pelatih Kelas Dunia

Baltemar Brito dan Jose Mourinho

Dari segi pengalaman, Baltemar Brito tak perlu diragukan lagi. Dirinya sudah malang melintang di beberapa klub Eropa, dan bahkan pernah menjadi asisten pelatih ternama dunia.

Tercatat ada tiga pelatih kelas dunia yang pernah menjadikannya asisten yakni Jose Mourinho saat di Chelsea pada tahun 2004 hingga 2007, lalu pelatih Timnas Portugal saat ini yaitu Fernando Santos saat menangani FC Porto tahun 2003.

Dan yang terakhir adalah legenda sepak bola Inggris, Sir Bobby Robson yang juga pernah membesut FC Porto periode musim 2003/04.


3. Sempat Melatih Klub Asia

Tiga fakta Baltemar Brito, eks asisten Jose Mourinho yang jadi kandidat pelatih Persib

Jika benar Baltemar Brito akan melatih Persib Bandung musim depan, dirinya diyakini tak akan butuh waktu lama untuk beradaptasi dengan sepak bola Indonesia.

Sebab, dirinya pernah melatih klub di kawasan Asia yakni Al-Dhafra SCC asal Uni Emirate Arab pada tahun 2011. Namun hingga saat ini, masuknya nama Baltemar Brito dalam daftar pelatih Persib masih sebatas rumor.

"Memang ada beberapa pelatih asing yang berpengalaman di sini dan ada juga yang belum sama sekali melatih di Indonesia (masuk dalam incaran Persib)," kata media officer Persib, Irfan Suryadireja.

"Persib membutuhkan pelatih yang punya lisensi AFC dan tidak terikat kontrak dengan klub lain. Dalam waktu dekat ini pasti diumumkan, batas maksimal akhir Desember sudah ada," tambahnya.

Persib BandungLiga IndonesiaLiga 1Baltemar Brito

Berita Terkini