x

Gantikan Jose Mourinho di Manchester United, Ini Rekam Jejak Ole Gunnar Solskjaer

Rabu, 19 Desember 2018 17:21 WIB
Penulis: Luqman Nurhadi Arunanta | Editor: Isman Fadil
Ole Gunnar Solskjaer resmi jadi pelatih sementara Man United

INDOSPORT.COMOle Gunnar Solskjaer resmi ditunjuk sebagai pelatih interim Manchester United hingga akhir musim kompetisi 2018/19.

Eks striker Manchester United ini menggantikan Jose Mourinho yang meninggalkan tim, Selasa (18/12/18) lalu, usai Setan Merah kalah dari Liverpool pada pekan ke-17 Liga Primer Inggris 2018/19.

Ole Gunnar Solskjaer terkenal sebagai pemain cadangan atau supersub ketika masih aktif merumput bersama Manchester United.

Baca Juga

Momen paling dikenal pecinta Manchester United terkait Ole Gunnar Solskjaer ialah ketika ia mencetak gol penentu kemenangan ke gawang Bayern Munchen di final Liga Champions 1999 dan membuat Manchester United meraih treble winner.

Pria asal Norwegia tersebut kini kembali menjadi supersub tatkala mantan klubnya membutuhkan sosok juru taktik baru.

Rekam jejak Ole Gunnar Solskjaer usai pensiun dari dunia si kulit bundar memang tidak terlalu terdengar gaungnya. Meskipun begitu, ia ternyata punya pengalaman melatih di Eropa yang tidak boleh dianggap remeh.

Maka dari itu, berikut portal berita olahraga INDOSPORT.com berusaha menghadirkan rekam jejak pelatih interim Manchester United, Ole Gunnar Solskjaer.


1. Ikut Asah Paul Pogba dari Awal

Ole Gunnar Solskjaer dan Sir Alex Ferguson

Karier Ole Gunnar Solskjaer sebagai manajer tim dirintis dari bawah. Setekah pensiun pada tahun 2007, ia pernah menangani tim cadangan Manchester United.

Baca Juga

Ole Gunnar Solskjaer ternyata pernah mendidik Paul Pogba sebagai salah satu anggota tim cadangan Manchester United. Selama ditunjuk sebagai manajer, ia berhasil mempersembahkan trofi meskipun dalam skala turnamen kecil.

Selain itu, Ole Gunnar Solskjaer juga ikut membantu Sir Alex Ferguson membantu melatih para striker Manchester United pada musim 2007/08.


2. Juara di Liga Norwegia

Ole Gunnar Solskjaer resmi jadi pelatih sementara Man United

Sukses di tim muda Manchester United, Ole Gunnar Solskjaer mendapatkan tawaran melatih ‘sungguhan’ di negaranya, Norwegia. Ia menerima tawaran mantan klubnya terdahulu, Molde, dengan durasi kontrak empat tahun.

Awal kariernya terasa pahit tatkala laga perdananya bersama Molde diwarnai kekalahan memalukan atas tim promosi dengan skor 0-3.

Baca Juga

Pada tahun 2012, Ole Gunnar Solskjaer sempat mendapatkan tawaran melatih di Aston Villa. Akan tetapi, ia tetap bertekad melatih di Molde dengan alasan keluarga.

Puncak prestasi Ole Gunnar Solskjaer bersama Molde ialah ketika berhasil meraih juara Liga Norwegia pada 2011 dan 2012 dan Piala Norwegia musim 2013.


3. Kembali ke Inggris dan Terpuruk

Ole Gunnar Solskjaer resmi jadi pelatih sementara Man United

Ole Gunnar Solskjaer kembali ke Inggris untuk melatih Cardiff City pada musim 2014. Namun demikian, ia akhirnya dipecat karena gagal mengangkat prestasi tim tersebut.

Cardiff City di bawah Ole Gunnar Solskjaer hanya meraih persentase kemenangan sebesar 30 persen. Selama 30 pertandingan, ia hanya mencatat 9 kemenangan, 5 imbang, dan 16 kekalahan.

Baca Juga

Setelah itu, Ole Gunner Solskjaer kembali ke Molde pada musim 2015. Ia sempat menangani Molde tampil di Liga Europa meski hanya sampai babak 32 besar.

Kontraknya bersama Molde sebenarnya telah diperpanjang hingga 2021 mendatang. Akan tetapi, ia akhirnya memutuskan sebagai pelatih interim Manchester United menggantikan Jose Mourinho.

Ikuti Terus Berita Sepak Bola Liga Primer Inggris dan Olahraga Lainnya di INDOSPORT.COM

Manchester UnitedOle Gunnar SolskjaerLiga Primer InggrisLiga Inggris

Berita Terkini