x

Terbongkar! Sosok Ini yang Diduga Dalang Suap di Final Piala AFF 2010

Kamis, 20 Desember 2018 10:08 WIB
Editor: Juni Adi
Maman Abdurahman di final Piala AFF 2010.

INDOSPORT.COM - Setelah delapan tahun berlalu skandal di leg pertama final Piala AFF 2010 antara Malaysia vs Indonesia menjadi misteri, kini sediki demi sedikit mulai terbongkar.

Mantan manajer Timnas Indonesia saat itu, Andi Darussalam Tabusalla mengungkapkan bahwa skandal tersebut benar adanya, dalam sebuah program televisi Mata Najwa, Rabu (20/12/18) malam WIB.

Seperti diketahui, Skuat Garuda takluk dengan skor 3-0 dari Malaysia di Stadion Bukit Jalil, Kuala Lumpur pada Minggu (26/12/10) lalu. Namun, terdapat banyak kejanggalan dalam proses gol tersebut.

Baca Juga

"Saya katakan ketika ramai orang-orang mengatakan seolah-olah semua ini diatur, dengan saya sebagai manajer, dari situ saya mencari tahu. Dan saya yakin di pertandingan 3-0, saya dimainkan. Tetapi saya tidak punya bukti," ujar Andi.


1. Sosok Wanita Diduga Dalang Suap

Andi Darussalam Tabusalla

Adapun yang dimaksud Andi dimainkan adalah adanya pengkhiatan di tubuh Timnas Indonesia, dimana beberapa pemain diduga menerima suap setelah melakukan pertemuan dengan seorang wanita di salah satu hotel di Malaysia.

Hal tersebut dilakukan untuk mengajak bekerja sama, agar Timnas Indonesia kalah. "Orang Indonesia, perempuan. Bukan pengurus PSSI. Dia enggak paham bola," terang ADS dikutip dari CNN Indonesia.

Sayang, Andi tidak ingin mengungkap secara detail identitas wanita tersebut. Dirinya hanya mau membeberkannya kepada pihak kepolisan untuk membantu penyelidikan.

Baca Juga

"Dia turis lah, sudahlah. Tapi itu terakhir setelah saya tahu dapat informasi dari (teman) Malaysia, kemudian orang ini (ada) di satu diskusi terbuka," tambahnya.

"Saya tanya kamu kenal mana orang-orang ini, baru dia (teman dari Malaysia) cerita. Waktu 2010, saya perkenalan awal, di situ otak saya berjalan jadi bukan tuduhan, tapi otak saya berjalan menganalisis. Setahun lebih setelah itu, baru ketahuan," ungkap ADS.

Timnas Indonesia sendiri sempat membalas kekalahan di leg kedua, dengan skor 2-1. Namun, hasil tersebut tidak cukup untuk membalikan keadaab. Skuat Garuda kalah dengan skor 4-2, dan Malaysia keluar sebagai juara Piala AFF 2010.

Timnas IndonesiaAndi DarussalamPiala AFFBola InternasionalPiala AFF 2010

Berita Terkini