x

3 Pemain Timnas U-19 yang Wajib Dibawa Indra Sjafri ke SEA Games 2019

Jumat, 21 Desember 2018 12:31 WIB
Penulis: Subhan Wirawan | Editor: Lanjar Wiratri
Indra Sjafri kembali ditugaskan untuk menangani Timnas U-22 dalam gelaran Sea Games 2019.

INDOSPORT.COM - Induk sepak bola tertinggi Indonesia (PSSI) akhirnya resmi mengumumkan deretan pelatih yang menukangi Timnas Indonesia segala kategori umur. Salah satu nama pelatih yang dipastikan menangani Timnas sepak bola U-22 di SEA Games 2018 ialah Indra Sjafri yang sebelumnya menangani Timnas U-19. 

Melansir dari pernyataan resminya, PSSI resmi menunjuk Indra Sjafri sebagai pelatih Timnas Indonesia untuk SEA Games 2019. PSSI juga menunjuk eks Pelatih Bhayangkara FC, Simon McMenemy, dan pelatih Timnas Indonesia U-16 PSSI memberikan kepercayaan kepada Bima Sakti.

Dalam kontraknya sendiri, PSSI memberikan masa kerja berbeda dari kedua pelatih tersebut. Pelatih Timnas U-22 yang dipegang Indra Sjafri akan mengemban kontrak selama setahun atau sampai gelaran SEA Games 2019.

Baca Juga

"Untuk kontrak berbeda. Indra Sjafri satu tahun sampai SEA Games 2019 usai. Sementara untuk Simon McMenemy dua tahun sampai kualifikasi Piala Asia dan Piala AFF 2020," ucap Joko Driyono di Hotel Sultan Jakarta.

Jelang turun di ajang Sea Games pada bulan November 2019 mendatang, sejumlah pekerjaan rumah tampaknya akan banyak dilakukan Indra Sjafri salah satunya pemilihan pemain.

Namun dengan pengalaman melatih Timnas U-19 yang cukup lama, tampaknya akan mudah bagi pelatih 55 tahun tersebut dalam mengorbitkan pemain jebolan U-19,. Berikut INDOSPORT coba merangkum beberapa pemain Timnas U-19 yang wajib dibawa Indra Sjafri dalam skuat U-22 untuk SEA Games tahun depan.


1. Todd Rivaldo Ferre

Todd Rivaldo Ferre menguasai bola dan dibayang-bayangi pemain Qatar U-19.

Tampil gemilang bersama Timnas Indonesia dalam gelaran Piala Asia U-19 lalu, nampaknya menjadi jaminan bagi penyerang asal Persipura Jayapura ini untuk naik level . Terlebih Indra Sjafri memang menyukai pemain yang memiliki kecepatan dalam menggiring, dan sepakan keras yang menjadi pemecah kebuntuan saat tim sulit memasuki daerah penalti lawan.

Semua hal itu ada dalam diri Todd Ferre. Kecepatan dan kelincahan yang ia miliki bahkan sukses membuat Qatar gemetar lantaran sang pemain mampu mencetak hattrick, meski skor akhir kalah 6-5 atas Qatar.


2. Egy Maulana Vikri

Penampilan Egy Maulana Vikri di laga Lechia Gdansk vs Gedania Gdansk

Tak dapat dipungkiri lagi jika masa depan sepak bola Timnas Indonesia ada di pundak skuat Garuda Muda. Salah satunya adalah Egy Maulana VIkri yang kini merumput bersama klasemen Liga Polandia, Lechia Gdansk.

Oleh sebab itul, pelatih Indra Sjafri wajib membawa pemain berusia 18 tahun tersebut ke dalam skuat U-22 yang akan tampil di SEA Games 2019 tahun depan.

Dengan pengalaman bermain di Eropa, dan kemampuan olah kulit bundar yang makin terasah akan membuat Egy menjadi senjata andalan bagi Indra Sjafri dalam setiap pertandingan nanti.


3. Witan Sulaeman

Witan Sulaeman saat berselebrasi selepas mencetak gol ke gawang UEA U-19.

Satu lagi dari trio Timnas U-19 yang wajib dibawa Indra Sjafri dalam gelaran SEA Games 2019 nanti adalah Witan Sulaeman. Pemain yang masih berusia 17 tahun namun memiliki kemampuan tak kalah hebat dari para seniornya.

Dengan sering mengunakan formasi 4-3-3 yang mengandalkan 3 striker dan disokong oleh dua sayap lincah, dipastikan Indra Sjafri membutuhkan jasa Witan Sulaeman yang telah terbukti mampu tampil gemilang di posisi tersebut.

Baca Juga

Selain lincah, kolaborasi Egy dan Witan juga telah terjalin cukup lama yang membuat kordinasi barisan penyerangan Indonesia akan sedikit lebih solid ketimbang memasukan pemain baru.

Terus Ikuti Berita Sepak Bola Indonesia Lainnya di INDOSPORT.COM