x

3 Alasan Cetek Mengapa Orang Malas Berolahraga dan Cara Mengatasinya

Senin, 24 Desember 2018 14:00 WIB
Editor: Yohanes Ishak
Biasanya orang gemuk lebih suka santai sambil tiduran ketimbang berolahraga.

INDOSPORT.COM - Jika Anda melakukan survey atau sekedar menanyakan ke seluruh orang yang tinggal di dunia ini, apakah olahraga sangat penting dan menyehatkan bagi tubuh? Jawabannya jelas 100 persen mereka sepakat akan menjawab “Ya, sangat penting dan sangat menyehatkan tubuh.”

Namun yang jadi permasalahannya adalah sudah tahu olahraga itu penting, tetapi mereka tak menjalankannya.

Baca Juga

Alasannya pun beranekaragam, padahal yang menjadi landasan utama mengapa mereka enggan berolahraga adalah karena malas. Ada juga yang merasa tak ingin berolahraga, karena tak memiliki uang untuk pergi ke pusat kebugaran atau tempat gym.

Perlu diketahui jika berolahraga tak perlu ke tempat gym, anda jalan pagi, lari di kawasan dekat rumah atau tempat yang layak digunakan untuk lari, sit up, push up, atau lakukan gerakan work out di rumah juga sudah bisa berolahraga tanpa harus keluarkan uang. Dan masih banyak lagi alasan yang kerap keluar mengapa orang malas untuk berolahraga?

Baca Juga

Berikut INDOSPORT membeberkan 3 alasan utama yang sangat biasa mengapa orang malas berolahraga yang disertakan dengan bagaimana cara mengatasinya:


1. Tak Ada Waktu

Ilustrasi melihat jam tangan.

“Maaf, saya tak punya waktu untuk berolahraga, pulang kerja/aktivitas sudah lelah dan ingin istirahat”

Kalimat di atas sangat banyak dan sering diucapkan. Tak punya waktu? Dalam satu hari hidup Anda ada 24 jam, normalnya 8 jam dilakukan untuk bekerja, 8 jam untuk beristirahat, lalu 8 jam sisanya untuk apa?

Mungkin ada beberapa diantara kita yang memiliki kegiatan seperti menghabiskan waktu untuk bermain dengan anak atau anggota keluarga, aksi sosial, ibadah, dan masih banyak lagi.

Itu semua dilakukan juga pastinya tak sampai 8 jam bukan? Setidaknya, Anda memiliki waktu yang benar-benar kosong sekitar 4 jam atau bahkan 8 jam juga. Perlu diingat dan diketahui, olahraga yang maksimal adalah cukup 2-3 jam atau 2 jam saja sudah benar-benar cukup.

Baca Juga

Dalam 24 jam, luangkan waktu 2 jam atau minimal setengah jam, masih kebanyakan ya ambilah waktu sekitar 15 menit hanya sekedar untuk lari atau jalan kaki.

Percayalah, sosok tokoh penting entah itu presiden, raja, atau pemimpin bangsa dan Negara sekalipun pastinya memiliki waktu kosong yang dapat digunakan untuk berolahraga.

Oleh karena itu, luangkanlah dan usahakan agar bisa memaksimal waktu tersebut untuk berolahraga. Kuncinya hanya satu, yaitu komitmen atau memiliki niat yang tinggi.

Olahraga bukan untuk gaya-gayaan, bukan untuk siapa-siapa, tetapi untuk Anda yang membaca artikel ini, untuk kesehatan Anda sendiri.


2. Tak Punya Teman

Latihan bersama dengan teman agar olahraga menyenangkan

“Malas olahraga ah, tak ada teman untuk berolahraga”

Hai pembaca setia INDOSPORT, percayalah jika Anda sudah memiliki niat atau komitmen yang tinggi untuk berolahraga, maka melakukan olahraga sendirian pun tak akan jadi masalah besar.

Memiliki teman saat berolahraga memang bisa memberikan motivasi atau penyemangat tersendiri karena menyenangkan, namun hal ini biasanya lebih berlaku bagi mereka yang sudah terbiasa.

Sementara bagi yang malas atau jarang berolahraga, memiliki teman saat olahraga nantinya jadi hanya mengobrol dan olahraga pun menjadi terlupakan.

Jika memang memiliki teman untuk berolahraga, selain kumpulkan niat carilah temah yang sudah terbiasa untuk berolahraga atau teman yang juga benar-benar ingin berolahraga.

Dengan demikian, Anda tidak perlu lagi mencari alasan tidak memiliki teman saat sedang berolahraga.

Tak Punya Sepatu Olahraga

Ilustrasi Sepatu Olahraga.

Lagi-lagi niat dan komitmen yang tinggi diperlukan dalam hal ini. Jika Anda memang niat, maka Anda akan berusaha untuk membeli sepatu untuk berolahraga.

Tidak perlu yang mahal-mahal, yang harganya masih bisa terjangkau pun bisa Anda beli asalkan nyaman di kaki saat berolahraga.

Atau bisa juga sebenarnya Anda tidak perlu membeli sepatu, karena cukup banyak olahraga yang tidak memerlukan sepatu. Seperti work out tertentu (sit up, push up, plank, dsb) dan juga berenang.

Jadi, masihkah Anda malas untuk berolahraga?

Ikuti terus berita tips dan trik berolahraga di INDOSPORT.COM

Komunitas SehatTips BugarTips dan Trik

Berita Terkini