x

5 Kiper Terbaik di Dunia Tahun 2018 Versi INDOSPORT

Rabu, 26 Desember 2018 18:29 WIB
Penulis: Coro Mountana | Editor: Isman Fadil
Thibaut Courtois vs Brasil

INDOSPORT.COM - Mayoritas kompetisi sepak bola di berbagai belahan dunia saat ini sedang memasuki masa rehatnya dan sekaligus tak terasa juga jika tahun 2018 ini segera berakhir. Tentu akan sangat menarik untuk melihat terbaik dari yang terbaik dalam dunia sepak bola pada tahun 2018 ini.

Salah satu yang menarik untuk dibahas adalah kiper terbaik di dunia untuk tahun 2018. Seperti yang kita tahu posisi penjaga gawang jarang mendapatkan sorotan karena banyak kalangan menilai posisi itu tidaklah penting.

Baca Juga

Padahal posisi penjaga gawang juga cukup memberi andil penting terhadap suatu pencapaian dari sebuah tim yang sedang berkompetisi. Tak jarang berkat sejumlah penyelamatan yang mereka lakukan, sebuah tim dapat meraih kemenangan meski lini serang sedang mandul.

Setidaknya itulah yang terjadi pada 5 kiper terbaik di dunia tahun 2018 kali ini. Untuk itu kami telah mencoba merangkum daftar 5 kiper terbaik di dunia versi INDOSPORT.


1. 1. Alisson Becker

Alisson Becker sebelum melakukan penyelamatan gemilang.

Alasan mengapa Liverpool di musim lalu gagal meraih satu gelar juarapun ada pada tidak adanya kiper yang tangguh. Kehadiran Loris Karius di mistar gawang juga tidak memberikan rasa nyaman karena tampaknya Karius lebih peduli dengan penampilan rambutnya dibanding peformanya.

Oleh karena itu Liverpool di musim ini nekat mengeluarkan dana besar untuk memboyong kiper Alisson Becker dari Roma. Hasilnya, Alisson berhasil membuat pertahanan Liverpool sangat tangguh di musim ini sampai-sampai baru kebobolan 7 gol dari 18 pertandingan di Liga.

Tak hanya itu, ia juga mampu mencatatkan rekor cleansheet sebanyak 11 kali, salah satu yang terbanyak di Liga Inggris. Salah satu kemampuan terbaiknya adalah mampu mendistribusikan dan mengkomandoi pertahanan dengan sangat baik.

2. Jan Oblak

Caption

Tak bisa dipungkiri untuk saat ini, kiper terbaik di dunia ada di Spanyol, tepatnya Atletico Madrid yang menjadi tempat bagi Jan Oblak pamer aksi-aksi menawannya. Bahkan berdasarkan transfermarkt, Jan Oblak miliki nilai jual yang sangat tinggi yaitu mencapai 80 juta euro atau senilai 1,3 triliun rupiah.

Di musim ini pun, Oblak telah menunjukan tajinya sebagai kiper nomor satu di dunia dengan hanya kebobolan 20 kali dalam 24 pertandingan. Selain itu, ia juga berhasil mencatatkan cleansheet sebanyak 11 kali di berbagai ajang.

Salah satu alasan Oblak lebih baik dari kiper lain adalah tak lepas dari gaya bermain Atletico Madrid yang lebih bermain bertahan. Otomatis, gawang Oblak akan lebih sering diancam dibanding kiper kelas dunia lain sehingga ia merupakan penjaga gawang paling sibuk di dunia yang sukses pertahankan kesucian gawangnya.


2. 3. Thibaut Courtois

Thibaut Courtois, kiper Real Madrid

Predikat sebagai penjaga gawang terbaik di Piala Dunia 2018 rasanya sudah lebih dari cukup menggambarkan kemampuannya di tahun ini. Salah satu pertandingan yang paling fenomenal adalah ketika Belgia mampu menyingkirkan Brasil di perempatfinal Piala Dunia 2018.

Kala itu Neymar dan kawan-kawan memborbardir habis pertahanan Belgia, tetapi selalu mentah di tangan Courtois yang membuat mereka harus tersingkir. Dengan postur menjulang mencapai hampir 2 meter memang menjadikan Courtois sebagai penjaga gawang dengan tinggi paling ideal.

Kepindahannya dari Chelsea menuju Real Madrid juga merupakan bukti kalau penampilan Courtois sangatlah dihargai. Bersama Real Madrid pun kini ia mampu secara perlahan membawa tim tersebut bangkit setelah gagal total di awal musim.


3. 4. David De Gea

David De Gea

Jika melihat penampilan Manchester United di awal musim ini tentu banyak yang menilai kalau penampilan tim memang sangat buruk. Akan tetapi jika dirunut sejak Januari 2018, nyaris si setiap lini Manchester United memang tampil di bawah peforma sama seperti musim ini.

Meski begitu di musim lalu Manchester United tetap berhasil finish di posisi kedua, alasannya ada pada penampilan gemilang David De Gea di bawah mistar. Bisa dikatakan David De Gea tidak mampu menjaga penampilannya pada awal musim ini sehingga itu berdampak pada Manchester United.

Penampilan buruk di awal musim tetap tidak menyurutkan INDOSPORT untuk memasukan namanya dalam deretan 5 kiper terbaik. Hal itu bisa dilihat bagaimana vitalnya De Gea di musim lalu yang bahkan pernah menepis belasan tembakan tepat sasaran dalam suatu pertandingan kontra Arsenal.

5. Ederson Moraes

Ederson selamatkan gawang City dari penalti Aubameyang.

Kiper Manchester City ini memang layak untuk menjadi salah satu kiper terbaik di dunia. Penjaga gawang asal Brasil ini merupakan kepingan puzzle Pep Guardiola untuk meraih kesuksessan di tanah Inggris.

Penampilan konsistennya di musim lalu membuahkan sebuah gelar Premier League dengan berbagai rekor. Salah satu kelebihan Ederson yang tidak dimiliki oleh kiper lain adalah kemampuan melepaskan umpan jarak jauh secara presisi layaknya seorang gelandang bertahan.

Di musim ini pun, Ederson tetap mampu mempertahankan konsistensi permainannya dengan mencatatkan 8 cleansheets dari 18 pertandingan. Jika seperti ini terus rasanya Ederson bakal menjadi salah satu calon kiper legendaris asal Brasil.

Real MadridAtletico MadridManchester UnitedLiverpoolBelgiaChelseaManchester CityThibaut CourtoisDavid de GeaJan OblakBola InternasionalEdersonAlisson BeckerTRIVIA

Berita Terkini