x

Datangkan Ryuji Utomo, 3 Bek Ini Berpotensi Tinggalkan Persija Jakarta

Rabu, 26 Desember 2018 12:25 WIB
Penulis: Subhan Wirawan | Editor: Juni Adi
Ryuji Utomo Datang, 3 pemain ini berpeluang tinggalkan Persija Jakarta.

INDOSPORT.COM - Persija Jakarta berhasil mendatangkan bek Ryuji Utomo jelang bergulirnya kompetisi sepak bola kasta tertinggi Liga IndonesiaLiga 1 musim depan. Namun datangnya Ryuji bakal membuat pemain Macan Kemayoran lain berpotensi hengkang.

Seperti yang gencar diberitakan jika jawara Liga 1 musim lalu, Persija Jakarta berhasil membawa kembali Ryuji Utomo usai sebelumnya berkiprah di Liga 2 Thailand bersama PTT Rayong.

Melalui laman resmi klub disebutkan jika Persija Jakarta resmi mengontrak Ryuji Utomo selama dua musim, dan akan saling bahu-membahu bersama Rezaldi Hehanusa dan Ismed Sofyan di lini belakang.

Baca Juga

"Ya, Ryuji resmi menjadi bagian baru dalam keluarga Persija. Ia kami kontrak dengan durasi dua tahun kedepan," ujar Direktur Utama Persija, Gede Widiade.

Meski kedatangan Ryuji Utomo dianggap sebuah keuntungan bagi Persija Jakarta, namun nyatanya justru bakal memberikan dampak negatif terlebih kepada beberapa pemain macan kemayoran di sektor belakang.

Dengan tambahan satu pemain belakang membuat slot pemain Persija menjadi menggelembung, dan kemungkinan akan menumbalkan salah satu pemain lain yang juga berposisi sama.

Lantas siapa sajakah pemain yang besar kemungkinan bakal hengkang dari Persija Jakarta selepas kedatangan Ryuji Utomo?, berikut indosport.com coba rangkum ulasannya.


1. Maman Abdurahman

Maman Abdurahman dalam sesi konferensi pers jelang laga melawan PSM Makassar, di Bantul, Yogyakarta. Kamis (05/07/18).

Nama pertama yang mungkin bakal hengkang adalah Maman Abdurahman, salah satu penyebabnya tentu usia yang tak lagi muda untuk bersaing dengan bek-bek tangguh lain milik Persija Jakarta.

Namun jika melihat umur, tampaknya Maman masih memiliki peluang untuk dipertahankan sebab Persija Jakarta dikenal sebagai tempat yang ramah dan sangat menghormati pemain-pemain uzur.

Sebagai contoh Ismed Sofyan dan Bambang Pamungkas, bahkan Asri Akbar dan Rudi Widoso yang berusia diatas 30 tahun masih dipertahankan oleh manajemen musim lalu.

Maman sendiri bahkan telah memiliki rencana untuk melanjutkan karir sepak bolanya sebagai pelatih, dan saat ini telah serius untuk mengambil lisensi kepelatihan.

“Rencananya dari awal saya mau ikut kursus kepelatihan, ambil Lisensi C tahun ini. Setelah itu ambil Lisensi B, dan A AFC,” terang mantan pemain Timnas Indonesia tersebut.


2. Gunawan Dwi Cahyo

Gunawan Dwi Cahyo.

Berikutnya terdapat mantan punggawa Arema FC dan Timnas Indonesia, Gunawan Dwi Cahyo yang disinyalir tak betah berada di Persija Jakarta.

Bukan tanpa alasan, sebab pemain berusia 29 tahun tersebut memang jarang mendapatkan menit bermain di musim lalu bahkan dirinya menjadi pemain kedua dalam tim dengan jumlah tampil paling sedikit.

Selama musim 2018/2019 berlangsung, Gunawan Dwi Cahyo hanya mampu mencatatkan 10 penampilan dan hanya kalah satu penampilan dari Yagalo Vava (9) yang menjadi pemain bertahan Persija dengan caps paling sedikit.

Dengan usia yang masih terbilang cukup muda, Gunawan Dwi Cahyo tampaknya tak terlalu sulit untuk mencari klub baru yang sangat menginginkan jasanya terutama tim-tim yang baru saja promosi.


3. Jaimerson da Silva Xavier

Aksi selebrasi Marko Simic dan Jaimerson Xavier.

Terakhir adalah Jaimerson da Silva Xavier atau yang lebih dikenal dengan nama Jaime, yang disebut-sebut juga akan segera hengkang dari Persija Jakarta musim depan.

Salah satu penyebab bakal dilepasnya sang pemain adalah harga yang terlalu mahal, bahkan melansir dari laman Transfermarkt disebutkan jika Jaime masuk dalam 3 pemain belakang termahal di Liga 1 musim lalu.

Menurut catatan Transfermarkt, harga Jaime berada di angka 495 ribu Euro, atau setara 8 miliar Rupiah. Sebuah nominal yang cukup fantastis bagi Persija Jakarta, jika mereka ingin kembali menggunakan jasa sang pemain.

Baca Juga

Bahkan salah satu agen pemain asing menyebut jika pihaknya telah menawarkan beberapa pemain asing, guna menambal kepergian Jaimerson akhir tahun nanti.

Terus Ikuti Berita Sepak Bola Indonesia dan Seputar Liga Indonesia Lainnya di INDOSPORT.