x

Inilah 3 Agen Sepak Bola Terkenal di Dunia

Sabtu, 29 Desember 2018 07:25 WIB
Penulis: Ridi Fadhilah Khan | Editor: Ivan Reinhard Manurung
Jorge Mendes.

INDOSPORT.COM- Sama seperti bisnis pada umumnya. pemain sepak bola yang berusaha pindah dari sebuah klub ke klub lainnya, pasti akan menggunakan jasa orang ketiga atau yang lebih dikenal sebagai agen, untuk melancarkan negosiasi tersebut.

Menariknya, tak sedikit para bintang sepak bola terkemuka dunia ini mempercayai sosok agen untuk mengantur negosiasi kontrak mengenai jumlah uang yang diterima, hingga bonus.

Baca Juga

Di sisi lain, bisnis menjadi agen pemain sepak bola pada kenyataannya memang sangat mengiurkan untuk sebagian orang. Jumlah uang yang diterima oleh sang agen bila berhasil mensukseskan transaksi memang tak bisa disejajarkan oleh apapun.

Sebut saja agen dari Neymar yang mendapatkan bonus sebesar 10 juta euro atau sekitar Rp 1 trilliun lebih, ketika sang pemain pindah ke Paris Saint-Germain (PSG). Tentu saja dengan besarnya angka tersebut, tak sedikit yang berharap bisa menjadi seorang agen, dan mendapatkan 'duit mudah'.

Baca Juga

Hingga saat ini, diketahui terdapat lebih dari ratusan perusahaan ataupun perorangan yang menjadi agen. Akan tetapi, cuma beberapa yang benar-benar terkenal.

Maka dari itu portal berita olahraga INDOSPORT coba merangkumnya menjadi 3 perusahaan atau perorangan agen sepak bola yang terkenal.


1. Jorge Mendes

Jorge Mendes (kiri) dan Cristiano Ronaldo.

Siapa yang tak mengenal Jorge Mendes? Namanya mencuat kala salah satu pemain dibawah naungannya, Cristiano Ronaldo, mampu mencuri banyak perhatian saat masih berseragam Manchester United.

Kelihaiannya dalam bernegosiasi pun tak perlu diragukan lagi. Sebagai bukti, tengok saja nominal transfer yang harus dikeluarkan Real Madrid dan Juventus ketika memboyongnya.

Baca Juga

Seiring berjalannya waktu, para pemain sepak bola ternama pun satu persatu mulai bergabung di bawah tangan dinginnya. Mulai dari James Rodriguez, Diego Costa, hingga Angel Di Maria pun mempercayai sosok pria asli Portugal ini untuk mengurusi kontraknya.

Menariknya, bukan hanya pemain, pelatih sekaliber Jose Mourinho pun berada di bawah manajemennya. Tentu saja, faktor sama-sama dari Portugal dapat dipastikan menjadi alasan kuat The Special One memilih Mendes untuk mengatur kontraknya.


2. Stellar Football LTD

Perusahaan Agen Asal Inggris

Bagi para penikmat dunia si kulit bundar, tentu saja nama Stellar Football masih asing di telinga. Hal ini sangatlah wajar, mengingat Stellar merupakan perusahaan yang berkerja untuk mengatur kontrak pemain sepak bola naungannya.

Baca Juga

Perusahaan asal Inggris ini dikenal sebagai perusahaan agen yang menaungi nama-nama layaknya Gareth Bale, Jesee Lingard hingga Kieran Trippier.

Tak cuma dalam dunia sepak bola saja. Stellar yang telah berdiri sejak tahun 1994 ini, turut diketahui berkecimpung di olahraga rugby dan cricket.


3. Mino Raiola

Agen Paul Pogba, Mino Raiola

Bagi penggemar AC Milan, pastinya sudah tidak asing dengan sosok pria asal Belanda ini. Ya, dalam beberapa tahun terakhir, Mino Raiola yang merupakan agen dari Gianluigi Donnarumma, secara tidak langsung 'memaksa' sang pemain meninggalkan San Siro. Tentu saja hal itu menuai kontroversi. Tak sedikit para pendukung Milan pun mengecam keputusan Raiola.

Baca Juga

Walau begitu, bila berbicara Raiola, tentu saja sosoknya tak bisa dilepaskan dari kesuksesan beberapa pemain-pemain ternama dunia. Sebut saja Romelu Lukaku, Paul Pogba dan Marco Veratti yang berada di bawah naungannya.

Menariknya, nama-nama yang sudah disebutkan sebelumnya, tak ada satupun yang memiliki nilai kontrak yang murah. Hal itu telah menunjukan kepintaran dari Raiola dalam melakukan negosiasi.

Terus Ikuti Update Sepak Bola Internasional Lainnya Hanya di INDOSPORT.COM

Cristiano RonaldoNeymarGareth BaleAngel di MariaJames RodriguezJorge MendesMino RaiolaGianluigi DonnarummaBola InternasionalTRIVIA

Berita Terkini