x

Gantikan Asri Akbar, Ini 3 Gelandang ‘Penimba Sumur’ yang Bisa Direkrut Persija

Minggu, 30 Desember 2018 16:53 WIB
Penulis: Luqman Nurhadi Arunanta | Editor: Abdurrahman Ranala

INDOSPORT.COM – Asri Akbar mengucapkan salam perpisahan melalui akun Instagram pribadinya. Ia dipastikan tidak akan membela Persija Jakarta pada Liga 1 2019 musim depan.

Eks pemain Borneo FC tersebut turut membawa Persija Jakarta juara Piala Presiden dan Liga 1 2018. Ia tampil sebanyak 21 pertandingan di Liga 1 tanpa catatan gol dan assist.

Meskipun minim kontribusi gol, peran Asri Akbar terbilang vital sebagai pemutus serangan. Hal itu berkaca pada minimnya jumlah kebobolan Persija Jakarta di Liga 1 2018.

Baca Juga

Hengkangnya gelandang ‘penimba sumur’ atau pekerja keras itu tentu meninggalkan lubang di lini tengah. Anak asuh Stefano Teco Cugurra kehilangan pelapis Sandi Darma Sute dan Rohit Chand.

Persija Jakarta patut segera mencari pengganti sepadan gelandang bertahan yang mumpuni. Terlebih, mereka akan menghadapi dua kompetisi besar musim 2019 mendatang sehingga kedalaman skuat menjadi pilihan yang tak terelakkan.

Maka dari itu, berikut portal berita olahraga INDOSPORT menghadirkan 3 gelandang bertahan yang bisa direkrut Persija Jakarta menggantikan Asri Akbar.


1. 1. Marc Anthony Klok

Ilustrasi Marc Klok berseragam Tim Nasional Indonesia.

Marc Anthony Klok merupakan gelandang asing pekerja keras milik PSM Makassar. Tidak hanya lihai merebut bola, ia juga punya keahlian dalam mengirimkan umpan matang.

Pemain asal Belanda ini tercatat sukses mengemas 6 gol dan 4 assist di Liga 1 2018. Catatan tersebut menjadi bukti kualitas pemain yang berniat menjadi Warga Negara Indonesia tersebut.

Marc Klok memang masih terikat kontrak bersama PSM Makassar. Dengan demikian, Persija Jakarta harus menembus biaya transfer untuk mendapatkan gelandang sekaliber Marc Klok.

Baca Juga

Meskipun begitu, tanda-tanda Marc Klok merapat ke Persija Jakarta sempat ramai pada akhir bulan November lalu. Marc Klok sempat berkunjung ke kediaman Direktur Persija Jakarta, Gede Widiade.

Namun demikian, Gede Widiade menampik bahwa pertemuan Marc Klok tidak membahas soal negosiasi kontrak. Ia mengaku Marc Klok hanya datang untuk melakukan silaturahim.


2. 2. Zulfiandi

Zulfiandi melakukan selebrasi usai cetak gol ke gawang Thailand

Soal gelandang bertahan berkualitas dan terbaik di Indonesia saat ini, nama yang paling favorit ialah Zulfiandi. Ia kini berstatus sebagai perburuan panas di bursa transfer pemain usai Sriwijaya FC terdegradasi ke Liga 2.

Zulfiandi selalu menjadi langganan Timnas Indonesia U-23 dan senior. Ia dapat menjadi pesaing yang sepadan bagi Sandi Darma Sute di sektor tengah.

Baca Juga

Persija Jakarta dapat menjadi pelabuhan selanjutnya bagi Zulfiandi. Iming-iming bermain di kompetisi level Asia akan menjadi pengalaman baru yang sayang untuk Zulfiandi lewatkan.


3. 3. Bayu Pradana

Kapten Mitra Kukar, Bayu Pradana.

Sepadan dengan Zulfiandi, nama Bayu Pradana tidak boleh dilewatkan dalam jajaran gelandang bertahan terbaik di Indonesia saat ini.

Pemain asal Salatiga ini selalu menjadi langganan Timnas Indonesia sejak era Alfred Riedl di Piala AFF 2016 silam. Kontribusinya bersama Mitra Kukar musim 2018 lalu juga tidak bisa diremehkan.

Baca Juga

Sebagai gelandang bertahan, Bayu Pradana punya kemampuan dalam membangun serangan dan mengirimkan umpan silang ke sisi sayap.

Memiliki dua gelandang bertahan sekaligus dapat menjadi keuntungan tersendiri bagi Persija Jakarta. Meskipun begitu, hal tersebut dapat menjadi kerugian ketika agenda Timnas Indonesia bertabrakan dengan jadwal liga.

Ikuti Terus Berita Sepak Bola Liga Indonesia dan Olahraga Lainnya di di INDOSPORT.COM

Persija JakartaAsri AkbarZulfiandiBayu PradanaLiga IndonesiaMarc KlokTRIVIA

Berita Terkini