x

2018 Menjadi Tahun ‘Pertobatan’ Bagi Sergio Ramos

Selasa, 1 Januari 2019 10:51 WIB
Editor: Coro Mountana

INDOSPORT.COM – Tahun 2018 telah berakhir bersama berbagai kenangan yang tidak akan bisa terlupakan begitu saja, terutama untuk Sergio Ramos. Pemain bertahan Real Madrid yang terkenal dengan gaya permainan yang menjurus kasar itu kerap mendapatkan kartu merah atas ganjarannya.

Sergio Ramos tak jarang bersitegang dengan pemain lawan ketika sedang berduel di lapangan hijau. Total 19 kartu merah sudah Sergio Ramos dapatkan di ajang La Liga Spanyol sejak ia debut bersama Sevilla di tahun 2004.

Baca Juga

Bahkan jika koleksi kartu merah mau dihitung untuk di berbagai level kompetisi, maka jumlah tersebut akan bertambah hingga 24 kali. Maka dari itu, sulit membayangkan Sergio Ramos pernah merasakan setahun tanpa diganjar kartu merah.

Baca Juga

Mengingat, gaya permainan Sergio Ramos yang sangat provokatif terhadap lawan, termasuk yang ia lakukan di final Liga Champions musim lalu. Secara tidak langsung ia berhasil memprovokasi Mohamed Salah dan Loris Karius hingga berujung pada gelar juara untuk Real Madrid.


1. Ketika Sergio Ramos Bertobat

Sergio Ramos, bek tengah sekaligus kapten Real Madrid.

Namun, membayangkan Sergio Ramos pernah merasakan setahun tanpa kartu merah itu ternyata bukanlah suatu kemustahilan. Hal itu dikarenakan di tahun 2018 yang baru saja kita lewati, Sergio Ramos berhasil tidak mendapatkan satu pun kartu merah.

Baca Juga

Terakhir kali Sergio Ramos mendapatkan kartu merah ketika menghadapi Athletic Bilbao pada Desember 2017. Kala itu Ramos mendapatkan kartu kuning kedua di penghung pertandingan kala kedua tim bermain imbang tanpa gol.

Rekor tanpa kartu merah yang ditorehkan oleh Sergio Ramos bisa jadi merupakan sebuah bentuk pertobatan dari dirinya yang selama ini selalu bermain kasar. Seiring bertambahnya usia, tampak Ramos menjadi lebih lihai dalam mengontrol emosi dan meminimalisir pelanggaran tak perlu.

Terus Ikuti Berita Sepak Bola Internasional dan Berita Olahraga Lainnya Hanya di INDOSPORT.