x

5 Calon Pemain Sepak Bola Lanjut Usia di Liga 1 Musim 2019

Kamis, 3 Januari 2019 09:50 WIB
Penulis: Tiyo Bayu Nugroho | Editor: Arum Kusuma Dewi
Cristian Gonzales dan I Made Wirawan Pemain Tua di Liga 1

INDOPSPORT.COM - Kompetisi sepak bola nasional Liga 1 akan memasuki musim 2019. Menjelang kompetisi bergulir ternyata terdapat calon pemain sepak bola yang telah lanjut usia.

Diprediksi persaingan di Liga 1 2019 akan semakin ketat, karena ada tiga klub promosi Liga 2 2018 yang siap membuat klub-klub besar terkejut.

Sehingga para kontestan akan bersaing dengan cepat untuk merekrut pemain-pemain baru, baik itu berusia muda ataupun yang lebih senior.

Baca Juga

Pemain senior atau tua atau lanjut usia memang masih diperlukan dalam tim karena pengalaman mereka bisa diberikan ke para pemain muda untuk bahan belajar.

Meski begitu pada Liga 1 2018 lalu, operator kompetisi PT Liga Indonesia Baru (LIB) memakai regulasi kalau para kontestan boleh mengontrak tiga pemain di atas 3 tahun.

Jika regulasi tersebut tidak berubah maka para klub tetap bisa mengamankan jasa pemain senior. Namun pada kenyataannya saat ini sejumlah pemain di atas 35 tahun masih banyak yang berkiprah.


1. 1. Cristian Gonzales

Cristian Gonzales (kiri) saat bermain bagi PSS Sleman.

Calon pemain yang telah lanjut usia pertama adalah Cristian Gonzales. Pemain naturalisasi dari Uruguay ini telah berusia 42 tahun pasca membawa PSS Sleman juara Liga 2 2018.

Sekarang ini Gonzales sedang menunggu kontrak baru dari PSS Sleman. Ia tampaknya ingin tetap bisa membawa PSS Sleman berkiprah di Liga 1 2019 meski sudah tua.

Andai ia resmi diperpanjang kontraknya, maka Gonzales akan menjadi pemain tertua di Liga 1 2019. Apalagi 30 Agustus mendatang, Gonzales akan berusia 43 tahun.

2. Ismed Sofyan

Pemain Persija Jakarta, Ismed Sofyan mengangkat tropi Liga 1, merayakan kemenangannya.

Lalu yang kedua ada bek sayap kanan milik Persija Jakarta Ismed Sofyan. Dirinya saat ini telah berusia 39 tahun jelang bergulirnya Liga 1 2019.

Pemain yang telah lama mengabdi untuk Persija ini juga akan menjadi calon pemain lanjut usia yang berkiprah di kasta tertinggi sepak bola Indonesia.

Bahkan pada 28 Agustus mendatang, Ismed akan berusia 40 tahun andai masih menjadi bagian dari skuat Persija Jakarta.


2. 3. Herman Dzumafo Epandi

Selebrasi Herman Dzumafo (kiri) usai mencetak gol ke dua untuk BFC.

Lalu ada striker naturalisasi milik Bhayangkara FC Herman Dzumafo Epandi yang telah berusia 38 tahun. Bahkan pada 21 Februari nanti, Dzumafo akan berusia 39 tahun.

Sehingga ia menjadi pemain lanjut usia berikutnya yang berkarier di Liga 1 2019 mendatang. Jika Dzumafo masih berseragam Bhayangkara FC.

4. Bambang Pamungkas

Aksi ceria Bambang Pamungkas di dalam latihan Persija Jakarta.

Kemudian ada striker gaek Persija Jakarta Bambang Pamungkas yang juga adalah calon pemain lanjut usia yang berkarier di Liga 1 2019 mendatang.

Bambang Pamungkas telah berumur 38 tahun saat ini. Pada 10 Juni nanti, pemain yang lahir di Semarang ini akan berusia 39 tahun alias mendekati kepala 4.

Sehingga jika Bambang Pamungkas masih bermain di Persija, maka ia akan menjadi salah satu calon pemain tertua di Liga Indonesia teratas.


3. 5. I Made Wirawan

Kiper Persib Bandung I Made Wirawan.

Ada pula kiper Persib Bandung I Made Wirawan yang menjadi kandidat calon pemain tertua di Liga 1 musim 2019 mendatang, karena I Made Wirawan sudah berumur 37 tahun.

Lahir pada 12 Januari 1981 lalu ini dalam beberapa hari ke depan akan berusia 38 tahun. Apalagi I Made Wirawan telah berkarier di dunia sepak bola sejak 2002 lalu.

Baca Juga

Selain kelima pemain tadi ternyata ada pula calon peman tertua lainnya, yakni Ambrizal (Bhayangkara FC, 37 tahun), Hilton Moreira (Persipura, 37 tahun), dan Addison Alves (Persipura, 37 tahun) yang juga menjadi kandidat pemain lanjut usia di Liga 1 2019.

Terus Ikuti Berita Sepak Bola Indonesia dan Berita Olahraga Lainnya Hanya di INDOSPORT.COM

Cristian GonzalesBambang PamungkasI Made WirawanIsmed SofyanHerman DzumafoLiga IndonesiaLiga 1TRIVIA

Berita Terkini