x

Update Bursa Transfer 5 Klub Besar Liga 1, Termasuk Persija Jakarta dan Persib Bandung

Kamis, 3 Januari 2019 18:53 WIB
Editor: Matheus Elmerio Giovanni
Kalteng Putra Rekrut Sandi Sute

INDOSPORT.COM - Jelang kompetisi tertinggi sepak bola Indonesia, Liga 1 2019 dimulai, geliat klub-klub peserta di bursa transfer sudah semakin terlihat memasuki Januari 2019. Termasuk Persija Jakarta dan Persib Bandung.

Hingga sekarang, untuk tanggal resmi dimulainya Liga 1 2019 sendiri, belum ada pengumuman dari PSSI atau pun PT LIB selaku operator.

Meski belum jelas, para peserta khususnya klub-klub besar (yang mengakhiri Liga 1 2018 di lima besar), sudah mulai menunjukkan pergerakan mereka di bursa transfer.

Baca Juga

Jeda kompetisi seperti ini memang kerap dipergunakan tim-tim peserta untuk menambah kekuatan mereka. Mendatangkan atau bahkan menjual pemain yang kurang cocok, hal lumrah terjadi di bursa transfer.

Kamis (03/01/18) sore, INDOSPORT pun mencoba merangkum pergerakan lima klub besar Liga 1 di bursa transfer sejauh ini.


1. Bursa Transfer Persija Jakarta

Kalteng Putra Rekrut Sandi Sute

Sejauh ini, Persija Jakarta yang berstatus sebagai juara Liga 1 2018 sudah melepas sebanyak tujuh pemain di bursa transfer. Yaitu:

1. Asri Akbar
2. Gunawan Dwi Cahyo
3. Muhammad Rasul
4. Renan Silva
5. Rizky Darmawan
6. Rudi Widodo
7. Sandi Sute

Baca Juga

Sementara untuk pemain anyar, Persija Jakarta masih sebatas rumor. Seperti Stefano Lilipaly, Esteban Vizcarra hingga Beto Goncalves, semuanya dikabarkan tengah diincar Persija Jakarta. Hanya Ryuji Utomo yang 'resmi' gabung.

Bursa Transfer PSM Makassar

3 Alasan PSM Makassar Wajib Rekrut Arouna Kone Musim Depan

Sementara itu, klub yang berada di peringkat kedua Liga 1 2018, PSM Makassar juga belum aktif di bursa transfer jelang Liga 1 2019.

Sejauh ini, mereka baru saja mempertahankan Rivky Mokodompit dan Hilmansyah untuk skuat di 2019. Sementara itu yang keluar adalah Washyiat Hasbullah yang berlabuh ke Kalteng Putra.

Baca Juga

PSM Makassar juga mulai dirumorkan dengan beberapa pemain. Ada eks Everton, Arouna Kone dan juga Bayu Gatra dikabarkan merapat ke PSM Makassar.


2. Bursa Transfer Persib Bandung

Persebaya Surabaya vs Persela Lamongan Loris Arnaud.

Persib Bandung juga belum ingin terburu-buru menentukan skuat mereka di 2019. Beberapa pemain yang musim 2018 berada di skuat Persib juga masih belum jelas masa depannya.

Seperti Ardi Idrus, Febri Hariyadi hingga Gian Zola masih berlibur usai kompetisi Liga 1 2018. Nama terakhir juga baru kembali dari pinjaman di Persela Lamongan dan dikaitkan dengan beberapa klub Liga 1.

Baca Juga

Sementara untuk beberapa incaran di bursa transfer, eks striker PSG Loris Arnaud, striker PS TIRA Aleksandar Rakic dan gelandang Sriwijaya FC Zalnando, semuanya dirumorkan merapat ke Persib Bandung.

Bursa Transfer Bhayangkara FC

Skuat Bhayangkara FC

Bhayangkara yang finish di urutan ketiga Liga 1 2018 saat ini sedang berusaha memilih pelatih usai Simon McMenemy ditunjuk sebagai pelatih Timnas Indonesia.

Bhayangkara FC juga sejauh ini masih dirumorkan dengan beberapa pemain untuk Liga 1 2019. Namun, satu nama yaitu Ilham Udin Armaiyn, dikabarkan sudah resmi bergabung dengan mereka.

Manajer Bhayangkara FC, Sumardji juga mengkonfirmasi hal tersebut. "Ilham sudah bergabung, sudah saya bayar," ucapnya dikutip dari Antara.

Baca Juga

Bhayangkara FC juga sudah melepas satu pemain andalannya di bursa transfer jelang Liga 1 2019. Yaitu Paulo Sergio yang merapat ke Bali United.


3. Bursa Transfer Persebaya Surabaya

Tiga keuntungan besar Persebaya Surabaya jika mendatangkan Hansamu Yama

Bergeser ke Persebaya Surabaya yang Liga 1 2018 lalu mengakhiri musim dengan urutan kelima. Dengan pencapaian tersebut, Persebaya Surabaya pun sudah memastikan sebanyak 13 pemain resmi bertahan bersama mereka di 2019. Yaitu:

1. Ruben Sanadi
2. Otavio Dutra
3. Rendi Irwan
4. Misbakhus Solikin
5. Fandi Eko Utomo
6. Irfan Jaya
7. Oktafianus Fernando
8. Miswar Saputra
9. Muhammad Hidayat
10. Rachmat Irianto
11. Andri Muladi
12. M. Syaifudin
13. Abu Rizal Maulana

Selain mempertahankan 13 pemainnya, Persebaya Surabaya juga mulai melepas beberapa pemain yang dirasa tidak cocok dengan strategi Djajang Nurdjaman di musim 2019. Yaitu:

1. Rishadi Fauzi
2. Ricky Kayame
3. Fandry Imbiri
4. Ferinando Pahabol
5. David da Silva
6. Alfonsius Kelvan

Baca Juga

Selain mempertahankan dan melepas para pemain dari skuat 2018, Persebaya Surabaya juga mengincar beberapa nama. Seperti Hansamu Yama, Bayu Gatra dan juga Loris Arnaud, diincar oleh manajemen Persebaya Surabaya.

Terus Ikuti Berita Sepak Bola Bursa Transfer Lainnya Hanya di INDOSPORT

Bursa TransferPersebaya SurabayaPersib BandungPersija JakartaPSM MakassarBhayangkara FCLiga 1Sandi Darma SuteKalteng Putra FC

Berita Terkini