x

Kiprah Ivan Kolev sebagai Pemain, Layak untuk Persija?

Sabtu, 5 Januari 2019 20:44 WIB
Penulis: Martini | Editor: Ivan Reinhard Manurung

INDOSPORT.COM – Nama Ivan Kolev mencuat setelah Direktur Utama Persija Jakarta, Gede Widiade berniat mendatangkannya untuk menukangi Macan Kemayoran di musim 2019.

Meski masih harus menyingkirkan kandidat lainnya yang tak kalah berpengalaman, yakni Alfred Riedl, namun Ivan Kolev memiliki catatan apik yang membuatnya menjadi calon kuat pengganti Stefano Teco Cugurra di Persija.

Kolev sendiri merupakan pelatih asal Bulgaria yang sudah melanglang buana di Liga Indonesia selama hampir 20 tahun terakhir. Bahkan tim pertama yang ditukangi sang pelatih di luar negara Bulgaria adalah Persija Jakarta pada musim 1999-2000 lalu.

Baca Juga

Sebelum menjalani karier sebagai pelatih, Kolev merupakan pemain sepak bola asal Bulgaria yang berposisi sebagai gelandang. Ia sudah aktif membela klub profesional bahkan sejak masih berusia 10 tahun.

Pelatih sepak bola kelahiran tahun 1957 tersebut pertama kali membela klub Lokomotiv Sofia pada musim 1967-1973. Pada tahun perdananya bergabung di klub, Lokomotiv Sofia sukses bertengger di peringkat tiga klasemen akhir.

Kemudian pada musim 1973-1976 Kolev membela OFC Silven 2000. Selanjutnya pada 1976-1978, ia beralih ke klub Akademik Sofia, dan sukses membawa klubnya menjadi finalis UEFA Cup.

Baca Juga

Kolev akhirnya memutuskan untuk menyudahi karirnya sebagai pemain sepak bola di PFC CSKA Sofia pada musim 1978-1979, atau terhitung pada usia 22 tahun.

Sejatinya Ivan Kolev bermain gemilang sebagai gelandang dengan membukukan 20 gol di sepanjang karirnya di liga profesional, meski ia tidak pernah mencicipi pengalaman sebagai pemain Timnas Bulgaria.

Pensiun di usia muda, Kolev memutuskan mengambil jalur kepelatihan dan akrab menukangi klub-klub muda Bulgaria. Karirnya semakin menanjak saat ditunjuk menjadi pelatih Timnas Bulgaria U-19 pada tahun 1997 hingga 1999.

Baca Juga

Ia kemudian menerima pinangan Persija Jakarta, hingga akhirnya ditunjuk untuk membesut Timnas Indonesia pada 2002-2004 dan 2007-2008.

Melihat pengalamannya sebagai pemain memang belum terlalu meyakinkan jika Ivan Kolev dapat mempertahankan prestasi Persija di Liga 1 musim depan. Namun prestasinya sebagai pelatih sejak usia muda akan menjadi pembeda Macan Kemayoran, yang membuat Ivan Kolev pantas menggantikan Stefano Cugurra.

Ikuti Terus Update Informasi Seputar Liga 1 dan Sepak Bola Indonesia Lainnya Hanya di INDOSPORT.COM.

Persija JakartaIvan KolevLiga IndonesiaLiga 1

Berita Terkini