x

3 Posisi Penting yang Dibutuhkan Persija Jakarta Saat Ini

Minggu, 6 Januari 2019 15:13 WIB
Editor: Juni Adi
Persija Jakarta

INDOSPORT.COM - Setelah ditinggal hampir tujuh pemain, Persija Jakarta mulai gencar melakukan perekrutan pemain di bursa transfer musim ini.

Namun sayang, sejauh ini mereka belum banyak mendatangkan sejumlah pemain berkualitas untuk mengarungi kompetisi Liga 1 2019. Persija baru mendatangkan dua pemain, yaitu Ryuji Utomo dan Bruno Matos. 

Masing-masing pemain tersebut berposisi sebagai bek (Ryuji), dan gelandang tengah (Matos). Kini, Persija masih harus memburu beberapa pemain lagi, untuk mengisi posisi yang banyak ditinggal pilarnya musim lalu.

Baca Juga

Tercatat, ada tiga posisi sangat penting untuk diperhatikan Persija dalam perekrutan pemain, agar bisa membentuk tim tangguh.

Hal tersebut guna mempertahankan gelar Liga 1 yang merupakan target utama mereka, dan merebut juara Piala Indonesia serta lolos ke babak utama Liga Champions 2019. Berikut INDOSPORT merangkum tiga posisi penting tersebut:


1. Posisi Belakang

Senyum Bek Persija, Jaimerson da Silva yang sudah bergabung dalam latihan usai mengalami cedera engkel beberapa waktu lalu. Herry Ibrahim

Meski sudah mendatangkan mantan bek klub Liga Thailand, Ryuji Utomo namun Persija masih harus berburu pemain belakang anyar lagi di bursa transfer Liga Indonesia musim ini.

Hal tersebut dikarenakan, Macan Kemayoran baru saja ditinggal bek tangguhnya musim lalu yaitu Jaimerson Da Silva, dan juga Gunawan Dwi Cahyo. Kehilangan Jaime -sapaan karibnya- cukup merugikan.

Baca Juga

Sebab, pemain asal Brasil itu sudah membuktikan kualitasnya, dan menjadi salah satu pemain kunci yang mengantarkan Persija merebut gelar juara.

Selain karena kehilangan dua pemain tersebut, dibutuhkannya beberapa pemain baru di posisi ini dikarenakan sejumlah bek Persija saat ini sudah cukup berumur.

Sebut saja Ismed Sofyan yang musim ini berumur 39 tahun, dan Maman Abdurrahman yang musim ini berumur 36 tahun. Jika ingin mempertahankan gelar juara Liga 1, lini belakang wajib dibangung cukup tangguh oleh Persija.


2. Posisi Winger

Riko Simanjuntak dikawal ketat dua pemain Filipina

Selain lini belakang, kebutuhan pemain di lini tengah juga wajib diperhatikan Persija Jakarta dalam perekrutan pemain, khususnya di posisi winger.

Di posisi winger, Persija wajib mencari sosok pemain baru yang mempunyai kualitas mempuni untuk musim depan. Pemain tersebut nantinya bisa untuk menjadi pelapis Riko Simanjuntak, andai dirinya dipanggil perkuat Timnas Indonesia.

Baca Juga

Terbukti, kehilangan Riko dalam beberapa laga musim lalu, Persija tampil melempem. Marko Simic kesulitan mencetak gol, lantaran tidak ada pelayannya.

Musim lalu Riko jadi pemain yang paling banyak menyumbang assist yakni sembilan assist di skuat Persija Jakarta.


3. Posisi Depan

Selebrasi Marko Simic saat tendangan penalti merubah keadaan menjadi 1-0 untuk Persija Jakarta.

Kualitas Marko Simic di lini depan Persija, sudah tidak diragukan lagi. Meski baru satu musim merumput di kompetisi sepak bola Indonesia, dirinya berhasil tampil garang.

Terbukti, ia tampil sebagai pencetak gol terbanyak di ajang Piala Presiden 2018 lalu, serta menjadi mesin gol bagi tim ibu kota di Liga 1 musim lalu dengan 18 gol.

Namun sayang, ketika dirinya sedang berada di bawah performa, sulit bagi pemain asal Kroasia itu segera bangkit. Beberapa laga musim lalu pun harus dilalui Simic tanpa gol.

Baca Juga

Berkaca dari fakta di atas, wajib rasanya Persija untuk mendatangkan striker anyar baru musim ini. Baik untuk menjadi tandem Simic maupun menjadi pelapisnya.

Apalagi Persija juga baru ditinggal Rudi Widodo. Sementara mengandalkan Bambang Pamungkas, sudah tidak mungkin karena faktor usia dan ketajamannya yang sudah menurun.

Untuk mengantisipasi krisis gol musim depan, Persija kabarnya tertarik mendatangkan top skor Liga 2 musim lalu yakni Indra Setiawan dari PS Mojokerto Putra.

Ikuti terus berita sepak bola Indonesia dan berita olahraga lainnya di INDOSPORT.COM

Persija JakartaLiga IndonesiaLiga 1TRIVIA

Berita Terkini